STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cuma 10 Menit! Ini Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif untuk Pemula

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Rabu, 15 Mar 2023 09:30 WIB
Cuma 10 Menit! Ini Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif untuk Pemula
Cara Menurunkan Berat Badan Efektif untuk Pemula/Foto: Freepik.com/author/benzoix

Olahraga memang dianggap cara paling efektif untuk menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh. Namun banyak orang, terutama pemula, merasa sudah sangat rajin berolahraga, namun hasilnya tidak kunjung nampak. Apakah kamu salah satunya?

Faktanya, kebanyakan pemula belum memahami cara efektif untuk menurunkan badan. Padahal, menurut lamanĀ Eat This Not That, para pemula justru paling berpotensi mendapatkan hasil signifikan, bahkan jika kamu hanya punya waktu 10 menit setiap hari untuk berolahraga.

Lalu bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Goblet Squat

Goblet Squad/Foto: Unsplash.com/Matthew Sichkaruk
Goblet Squad/Foto: Unsplash.com/Matthew Sichkaruk

Squat dan berbagai variasinya memang dianggap salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan sekaligus menguatkan tubuh bagian bawah. Untuk memberikan hasil yang lebih dramatis, cobalah goblet squat, di mana kamu melakukannya dengan membawa dumbbell atau kettlebell.

Pegang salah satu ujung dumbbell dengan kedua tangan (sesuaikan berat beban dengan kemampuan), tempatkan sejajar dengan dada, dengan siku di bawah. Setelahnya, berdirilah selebar bahu dan jari-jari kaki sedikit mengarah ke luar.

Jika posisimu sudah benar, mulai lakukan gerakan duduk-berdiri-duduk (tanpa kursi). Saat menurunkan tubuh, pastikan punggung bawah tetap pada posisi rata dan bokong menyerupai duduk mundur dan kedua lutut merentang. Ulangi gerakan squat ini sebanyak 5 kali.

2. Pushup

Pushup/Foto: Unsplash.com/Ayo Ogunseinde
Pushup/Foto: Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Alasan kenapa olahraga ini begitu dikenal adalah karena terbukti efektif, baik untuk membangun tubuh, menguatkan otot, hingga membakar lemak. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus melakukan pushup dengan benar.

Ambil posisi pushup dengan tangan terbuka selebar bahu. Jaga punggung tetap rata dan pinggul sejajar dengan bahu. Saat menurunkan tubuh, jaga siku tetap dekat dengan tubuh, kemudian dorong ke atas, dan ulangi hingga lima kali.

3. Inverted Row

Inverted Rows/Foto: experiencelife.lifetime.life
Inverted Rows/Foto: experiencelife.lifetime.life

Selain memiliki berat badan berlebih, orang-orang yang banyak menggunakan komputer, ponsel, dan gadget lain cenderung memiliki bahu membulat dan otot renggang di bagian punggung. Jika kamu salah satu yang memiliki masalah ini, cobalah melakukan inverted rows.

Atur barbel pada mesin Smith atau power rack, dan posisikan tubuh di bawahnya. Pegang bagian palang dengan posisi sedikit lebih lebar dari bahu, lalu tarik tubuh ke atas hingga dada menyentuh palang. Kencangkan tulang belikat, jaga siku tetap dekat dengan tubuh, dan badan tetap lurus seperti papan. Lakukan hingga lima kali.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE