sign up SIGN UP

Diet Gagal Melulu? Cek, Jangan-jangan Kamu Masih Lakukan 5 Kesalahan Ini Tanpa Disadari!

Nikita Karin | Jumat, 14 Jan 2022 19:00 WIB
Diet Gagal Melulu? Cek, Jangan-jangan Kamu Masih Lakukan 5 Kesalahan Ini Tanpa Disadari!
Kesalahan saat diet yang jarang disadari ini bisa bikin diet gagal/Foto: Freepik
Jakarta -

Membahas soal diet memang tidak pernah akan ada habisnya. Dari mulai tips diet, makanan diet, minuman, olahraga hingga kebiasaan-kebiasaan yang bisa kita lakukan untuk menunjang diet. Tidak jarang, diet yang kita lakukan berhasil, namun tidak jarang juga gagal.

Gagal saat diet bisa jadi disebabkan karena menggunakan metode diet didasari dengan coba-coba tanpa konsultasi dengan ahli terlebih dahulu. Akibatnya, banyak kebiasaan-kebiaasaan yang keliru dan tidak kita sadari.

Nah berikut ini beberapa kesalahan yang terkadang sering kita lakukan dan ternyata bisa menggagalkan diet. Apa saja? Yuk coba kita bahas satu persatu!

Menggunakan Olahraga Sebagai Alasan untuk Makan Lebih Banyak

Berolahraga dengan keras tanpa diimbangi dengan makan yang sehat tidak akan bisa mencapai tujuan diet
Berolahraga/foto: pexels.com/Tirachard Kumtanom

Tidak jarang saat sedang diet, kita tetap makan banyak dengan alasan karena berolahraga. Padahal, olahraga tidak membakar lemak dan kalori sebanyak yang kita kira. Dengan berolahraga secara berlebihan, tubuh kita justru akan membutuhkan sumber energi lebih banyak sehingga kita lebih mudah lapar.

Berlari selama 30 menit hanya akan cukup untuk membakar kalori yang terkandung dalam satu cup selai kacang. Namun bukan berarti olahraga tidak bisa digunakan untuk diet dan tidak ada manfaatnya, ya! Dengan makan-makanan yang memang dibutuhkan tubuh sesuai dengan takaran diet dan diimbangi dengan olahraga yang cukup maka tubuh akan terasa lebih nyaman.

Memakan Banyak Sayuran dan Buah

Penting untuk menyeleksi buah dan sayur yang akan kita makan
Buah-buahan/foto: pexels.com/Trang Doan

Bukankah buah dan sayur memiliki manfaat yang baik untuk tubuh? Tentu saja. Namun, ada jenis buah dan sayur tertentu yang memang sebaiknya dihindari atau dikurangi saat diet karena mengandung kalori dan kadar gula yang tinggi serta mengandung zat tepung.

Kacang-kacangan, jagung, dan kentang memiliki kalori lebih tinggi ketimbang sayuran lain yang memiliki banyak air seperti mentimun dan buncis. Makanlah sayuran yang mengandung banyak air serta buah-buahan yang kaya akan serat. Ganti juga saus rendah kalori dan bebas lemak.

Berdiet Agar Terlihat Seperti Public Figure

Tak sedikit yang mengidolakan selebriti yang memiliki tubuh langsing ideal dan dijadikan sebagai body goals. Hal tersebut tidak selamanya baik. Sebab akan memperburuk kondisi psikologis kita. Perasaan tidak bersyukur, insecure, dan tidak lebih baik dari model yang memiliki body goals akan terus menghantui.

Fokus pada proses, bukan hasil. Jangan pula membandingkan diri dengan orang lain. Fokus pada apa yang sudah pernah kita lalui bukan pada apa yang orang lain telah capai. Jangan melihat orang lain sudah berhasil menurunkan berat badannya, tapi fokus bahwa kita sudah berhasil mencapai tujuan-tujuan yang dibuat sendiri.

Langsung Mengambil Banyak Makanan

Astrologi dapat menunjukkan zodiak apa saja yang cenderung suka makan. (Foto: freepik.com/jcomp)Ilustrasi makan/Foto: Freepik.com/jcomp

Kita bisa mencoba trik yang satu ini. Isi piring dengan porsi secukupnya sesuai dengan porsi diet. Karena biasanya, kita cenderung akan menghabiskan apa yang ada di piring dan merasa bersalah jika tidak menghabiskan makanan tersebut. Sehingga, jika ingin mencapai porsi diet tertentu, sebaiknya masukan makanan ke dalam piring sesuai dengan porsi diet.

Menyimpan Banyak Makanan

Ilustrasi ngemil malam hari/ Foto: Freepik.comIlustrasi ngemil malam hari/ Foto: Freepik.com

Beauties, apakah kamu gemar menyetok berbagai makanan di kulkas? Mulai dari makanan ringan, cemilan hingga minuman-minuman manis mungkin pernah kita stok di kulkas.

Karena sudah menyimpannya, pasti mau tidak mau harus dihabiskan. Padahal hal tersebut sangat mengganggu diet. Nah sebaiknya, ganti camilan dan makanan tidak sehat tersebut dengan buah, sayur, dan makanan sehat lainnya, ya!

Itulah beberapa kesalahan yang jarangĀ  disadari yang bisa membuat diet gagal. Satu hal yang harus diingat, jangan melakukan diet hanya karena trend, atau merasa ingin mengubah tubuh kalian karena insecure. Lakukanlah diet karena ingin membuat tubuh menjadi lebih sehat sesuai dengan kebutuhan. Semangat, Beauties!

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id