STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Terjadi pada Kesehatan Mental Saat Tubuhmu Kurang Olahraga!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Rabu, 12 Oct 2022 17:30 WIB
Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Terjadi pada Kesehatan Mental Saat Tubuhmu Kurang Olahraga!

Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar dengan berolahraga merupakan salah satu hal yang kini harus diterapkan jika ingin menerapkan pola hidup sehat. Olahraga merupakan salah satu aktivitas positif yang dapat membuat kesehatan mental terjaga, seperti ketahanan emosi dan bersikap.

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati dan olahraga menjadi salah satu cara yang dapat membuat tubuh tetap bugar secara kognitif dalam jangka pendek dan panjang. Dilansir dari CNN Indonesia, olahraga dapat meningkatkan energi dan motivasi, serta dapat mengurangi gejala yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental.

Namun, apabila kurang olahraga justru hal ini dapat menurunkan kesehatan mental. Berdasarkan penelitian, apabila selama 10 hari kita tidak melakukan olahraga maka fungsi kognitif seseorang akan berkurang. Dilansir dari Real Simple, berikut beberapa hal yang terjadi pada kesehatan mental apabila tubuhmu kurang olahraga. Simak yuk!

1. Otak Akan Lebih Bekerja Keras Ketika sedang Memecahkan Masalah

Otak Akan Lebih Bekerja Keras Ketika Sedang Memecahkan Masalah / foto : pexels.com/NathanCowley
Otak Akan Lebih Bekerja Keras Ketika Sedang Memecahkan Masalah / foto : pexels.com/NathanCowley

Ketika sedang berada di suatu kondisi yang mengharuskan kamu untuk keluar dari masalah atau brainstorming, apakah kamu bisa berpikir secara jernih dan kreatif ketika berada di posisi tersebut? Jika kamu merasakan diri bahwa kamu cukup susah untuk menyelesaikan masalah tersebut, bisa jadi itu adalah tanda kamu kurang olahraga. 

Oleh karena itu, ketika kamu kurang olahraga ini akan berpengaruh pada pemecahan masalah hingga memori dan kecepatan pemrosesan informasi, sehingga hal ini lah yang dapat membuatmu kesusahan dalam mengambil keputusan. Apabila kurang olahraga, otak juga akan terasa lelah dan lamban, sehingga akan susah untuk menyelesaikan pekerjaan. 

2.  Otak akan Memiliki Risiko Kecemasan dan Depresi yang Lebih Tinggi

Otak akan Memiliki Risiko Kecemasan dan Depresi yang Lebih Tinggi / foto : pexels.com/EnginAkyurt
Otak akan Memiliki Risiko Kecemasan dan Depresi yang Lebih Tinggi / foto : pexels.com/EnginAkyurt

Menurut ahli, ketika kamu berolahraga, tubuh akan melepaskan zat kimia yang membuat kita merasa nyaman, seperti anandamide dan endocannabinoid, yang langsung menuju otak. Selain dapat menghilangkan rasa sakit, senyawa tersebut dapat meningkatkan perasaan gembira. Apabila tubuh merasa kurang zat kimia tersebut, maka kamu akan cenderung merasa lebih cemas dan mudah depresi. 

Jika kamu tidak suka olahraga yang terlalu berlebihan, kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah, seperti berjalan-jalan di dalam rumah atau melakukan peregangan tubuh. 

3. Otak Tidak Bisa Mengelola Stres dengan Baik

Otak Tidak Bisa Mengelola Stres dengan Baik / foto : pexels.com/EnginAkyurt
Otak Tidak Bisa Mengelola Stres dengan Baik / foto : pexels.com/EnginAkyurt

Ketika kamu mengalami stres, pastinya pikiran dan fisik akan bereaksi. Ibarat kita adalah seorang pejuang, kita akan berusaha untuk mendapatkan yang diinginkan dengan menjadi agresif atau bisa juga menjadi defensif.

Hal ini pula yang dapat memengaruhi tingkat stres seseorang, apabila kamu kurang olahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik yang teratur, maka otak akan melepaskan hormon kortisol, yang mana hormon tersebut dapat membuatmu lebih susah untuk mengelola emosi secara efektif. 

Apabila kamu tidak dapat mengelola stres akibatnya akan menjadi depresi dan bahkan dapat mempengaruhi respon biologis seseorang. 

4. Otak Tidak Bisa Berpola Pikir dengan Jernih atau Dapat Mencela Diri Sendiri

Otak Tidak Bisa Berpola Pikir dengan Jernih atau Dapat Mencela Diri Sendiri / foto : pexels.com/KatSmith
Otak Tidak Bisa Berpola Pikir dengan Jernih atau Dapat Mencela Diri Sendiri / foto : pexels.com/KatSmith

Last but not least, apabila kamu kekurangan olahraga atau tidak pernah olahraga, ada baiknya mulai kini untuk segera berolahraga. Hal ini dikarenakan otak dapat mengembangkan pola pikir yang mencela diri sendiri yang berarti bahwa hal tersebut dapat berdampak negatif pada keseharian yang kita lakukan. Pikiran buruk akan selalu ada di benakmu ketika kamu akan melakukan sesuatu hal dan pikiran tersebut akan sulit untuk dikalahkan. 

Jika kamu memang benar-benar tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga, ada baiknya kini luangkan waktu 30 menit setelah bangun tidur atau sebelum tidur untuk berolahraga. Jadikan olahraga sebagai aktivitas prioritas yang jangan sampai terlewatkan agar kesehatan mental dan fisikmu tetap terjaga. 

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE