STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Hati-hati, Ada Kandungan Logam Berbahaya di Beberapa Merek Cokelat Hitam Ini, Duh!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 18 Jan 2023 07:30 WIB
Hati-hati, Ada Kandungan Logam Berbahaya di Beberapa Merek Cokelat Hitam Ini, Duh!
Hati-hati, Ada Kandungan Logam Berbahaya di Beberapa Merek Cokelat Hitam Ini, Duh!/Foto: Freepik

Cokelat adalah salah satu makanan favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan dipercaya bisa meningkatkan suasana hati. Bahkan, jenis cokelat seperti cokelat hitam juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, misalnya mengurangi risiko stroke, mencegah risiko penyakit jantung, hingga meredakan stres.

Namun sebuah laporan baru-baru ini menyebutkan bahwa cokelat hitam dari perusahaan terkemuka dunia diduga mengandung logam berat berbahaya, seperti timbal dan kadmium. Dilansir dari USA Today, Trader's Joe, sebuah jaringan toko grosir di Amerika Serikat, dituduh 'menyesatkan dan membahayakan' kesehatan konsumen karena diduga produk cokelat hitam tertentu mengandung timbal dan kadmium.

Cokelat Hitam bisa membuat awet muda.Ilustrasi cokelat hitam/Foto: pexels.com/Vie Studio

Gugatan yang diajukan di Pengadilan Distrik Amerika Serikat (AS) untuk Distrik Timur New York diajukan satu minggu setelah gugatan serupa diajukan di pengadilan yang sama terhadap The Hershey Company, yaitu perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk makanan.

Kedua tuntutan hukum tersebut mengikuti laporan bulan Desember 2022 oleh Consumer Reports, di mana para ilmuwan mengukur jumlah logam berat dalam 28 batang cokelat yang berbeda. Kadmium dan timbal terdeteksi di cokelat tersebut. Ada 23 dari cokelat tersebut mengandung kadar logam berat yang berpotensi berbahaya bagi orang dewasa yang makan satu ons sehari, ungkap Consumer Reports.

Berapa Banyak Kadar Kadmium dan Timbal yang Ditemukan dalam Cokelat?

Ilustrasi perempuan makan cokelatIlustrasi/Foto: Freepik/Jcomp

Consumer Reports mengatakan menggunakan tingkat dosis maksimum yang diperbolehkan di California untuk kadmium (4,1 mikrogram) dan timbal (0,5 mikrogram) untuk mengukur potensi risiko, memberikan persentase tingkat dosis maksimum yang diperbolehkan yang ditemukan dalam satu ons setiap produk cokelat.

"Cokelat hitam milik Trader's Joe dengan 72% kakao, ditemukan mengandung kadar timbal tinggi pada 192% dari tingkat dosis maksimum yang diperbolehkan di California. Cokelat hitam produksi Trader Joe's, The Dark Chocolate Lover's Chocolate 85% Cacao" memiliki tinggi timbal dan kadmium masing-masing sebesar 127% dan 229%," ungkap laporan tersebut.

Sementara itu, Consumer Reports juga menemukan bahwa "Hershey's Special Dark Mildly Sweet Chocolate" dan "Lily's Extra Dark Chocolate 70% Cocoa" mengandung kadar timbal tinggi masing-masing sebesar 265% dan 144% dari dosis maksimum negara bagian. Lalu, "Lily's Extreme Dark Chocolate 85% Cocoa" memiliki kadar timbal tinggi sebesar 143% dan kadmium sebesar 101%.

Empat firma hukum yang sama mengajukan gugatan terhadap The Hershey Company dan Trader Joe's Company. Kedua tuntutan tersebut mencatat bahwa artikel Consumer Reports, di antara laporan dan artikel publik lainnya, mengungkapkan bahwa produk tersebut memiliki "tingkat timbal dan kadmium yang tidak aman".

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE