Ini 3 Bisnis Makanan Milik Kaesang Pangarep yang Membuatnya Sukses di Usia Muda

Cynthia Claudia | Beautynesia
Selasa, 15 Jun 2021 10:30 WIB
Kaesang Pangarep/ sumber: instagram.com/kaesangp

Kaesang Pangarep memang dikenal masyarakat Indonesia sebagai putra bungsu presiden RI Joko Widodo. Putra kelahiran Surakarta yang bersekolah di Singapore ini merintis karir di dunia hiburan lewat mengembangkan vlog di Youtube channel-nya.

Ia juga ikut memainkan peran dalam film Indonesia, contohnya film Cek Toko Sebelah yang dibintangi Ernest Prakasa. Namun, apakah kalian tau ia juga ternyata seorang pebisnis kuliner yang handal, lho!

Dikutip oleh Detik.com, bisnis putra Presiden ini mendapat suntikan modal senilai US$2 juta atau sekitar Rp28,3 miliar (asumsi kurs Rp14.150,00 per USD) dari Alpha JWC Ventures, luar biasa ya? Apalagi ini merupakan suntikan modal eksternal pertama untuk salah satu usaha kulinernya yang dirintis bersama Chef Arnold Poernomo, yaitu Mangkok Ku.

Walaupun sudah ada modal tambahan untuk mengembangkan usaha, tetapi kenyataannya tidak mudah untuk menjalani sebuah bisnis jualan makanan yang laku setiap hari karena ketatnya kompetisi. Diperlukan strategi yang tepat untuk menemukan sebuah ide makanan baru yang unik dan bisa diterima semua kalangan masyarakat Indonesia. Yuk, simak bisnis kuliner yang dirintis Kaesang di bawah ini sebagai inspirasi ide jualan makananmu!

1. Mangkok Ku


Mangkok Ku/ sumber: instagram.com/mangkokku.id

Mangkok Ku merupakan bisnis kuliner hasil kolaborasi antara Kaesang dengan Chef Arnold Poernomo, salah satu celebrity chef yang dikenal masyarakat sebagai juri MasterChef Indonesia dan pengusaha Randy Kartadinata.

Sesuai namanya, Mangkok Ku menyajikan rice bowl dengan masakan khas Indonesia yang dimodernisasi dan disajikan dengan mangkok yang sederhana. Berbagai sajiannya dilengkapi sambal khas Mangkok Ku. Contoh menu yang ditawarkan Mangkok Ku beserta sambal khasnya adalah Beef with Sambal Korek Bawang, Fried Chicken with Sambal Korek Bawang, dan lain-lain.

Kisaran harga Mangkok Ku dimulai dari Rp20,000 - Rp54,000 per mangkok. Mereka juga menawarkan menu ala carte dan macam-macam sambalnya yang disajikan di toples kecil bagi penggemar sambal khas Indonesia!

2. Sang Pisang


Sang Pisang/ sumber: instagram.com/sangpisang2017

Sang Pisang merupakan bisnis kuliner pertama milik Kaesang yang dirintis pada tahun 2017 dengan Ansari Kadir, seorang CEO atau Co-founder PT. Sang Khadir Indonesia. Sang Pisang menyajikan pisang nugget yang dicampurkan dengan berbagai macam topping.

Booth pertama Sang Pisang dibuka pertama kali di ITC Cempaka Mas, Jakarta. Penjualannya begitu laris sehingga dalam satu jam mampu menjual hingga 300 box nugget pisang. Saat ini, Sang Pisang sudah berada di sekitar 25 kota di Indonesia dengan total 73 gerai. Tidak hanya sukses di Indonesia, Sang Pisang pun mampu melebarkan sayapnya ke Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan Oktober tahun 2019.

Sang Pisang juga menawarkan harga yang ramah di kantong masyarakat Indonesia, satu porsinya dibanderol Rp25.000,00.

3. TernaKopi


TernaKopi/ sumber: instagram.com/ternakopi.id

Tak mau ketinggalan mengikuti bisnis minuman kopi yang sedang kekinian, Kaesang juga merintis bisnis minuman kopi, yaitu TernaKopi walaupun ternyata ia sendiri bukan pencinta kopi. Hanya dalam 2 bulan, ia mampu membuka hingga 7 gerai TernaKopi, lho!

Menu yang merupakan best seller dari TernaKopi adalah Kopi Gula Jawa, dan juga merupakan kopi favorit ayahnya, Presiden Jokowi. Kopi yang dikemas secara simple hanya dalam botol plastik ini dijual di tempat yang unik, yaitu kedai berupa container yang sudah dimodifikasi. Harga per botol dibanderol Rp25,000.00 tidak beda jauh seperti harga kopi kekinian lainnya.

Meskipun terkesan simple, tetapi hasil racikan kopi ini merupakan hasil riset Kaesang yang dijalankannya selama satu tahun untuk menyempurnakan resep TernaKopi. Ia mendalami seluk-bluk kopi dan menghasilkan cita rasa kopi yang sesuai dengan minat konsumen Indonesia.

 

(arm2/arm2)
Loading ...