sign up SIGN UP

Ini Cara Punya Kulit Glowing dan Awet Muda Menurut Ahli, Salah Satunya dengan Mengonsumsi Kolagen!

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 16:30 WIB
Ini Cara Punya Kulit Glowing dan Awet Muda Menurut Ahli, Salah Satunya dengan Mengonsumsi Kolagen!
caption
Jakarta -

Beauties, siapa sih yang nggak ingin punya kulit yang glowing dan awet muda? Rasanya nyaris semua orang ingin memiliki hal yang sama ya, terutama bagi kaum hawa.

Bukan nggak mungkin, kamu bisa mewujudkan impian tersebut dengan beberapa cara berikut yang juga direkomendasikan ahli, Beauties. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Mengonsumsi Kolagen

Ilustrasi minuman kolagenIlustrasi minuman kolagen/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ThamKC

Kolagen memang dikenal sebagai salah satu zat yang baik untuk kesehatan kulit. Melansir Healthline, kolagen memiliki peran untuk memperkuat kulit, membuat kulit lebih terhidrasi dan elastis, mengurangi resiko kulit kering, hingga mencegah keriput.

"Kolagen merupakan salah satu jenis asam amino yang kaitannya dengan protein. Nantinya, makanan-makanan yang mengandung protein dan kita konsumsi akan mengubahnya menjadi asam amino dalam tubuh," ujar dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K lewat pemaparan 'The World of Collagen' oleh NutriVille yang berlokasi di SoulFood pada Kamis, (4/8) lalu.

"Jika kita banyak mengonsumsi kolagen, maka simpanan kolagen dalam tubuh akan makin tinggi dan terlihat terutama di bagian kulit. Untuk mengetes kadar kolagen dalam tubuh pun sebenarnya bisa kita tes sendiri, dilihat dari tanda-tanda kulit terutama.

Misalnya, kulit yang mulai kering, muncul keriput, atau kulit yang sudah tidak tampak 'kencang' lagi, hingga kekenyalan yang berkurang, itu saja sudah menunjukkan tanda-tanda kekurangan kolagen," jelasnya lebih lanjut.

Stres berlebih juga memicu munculnya kerutan di wajah.Kerutan atau keriput di wajah menjadi salah satu tanda kekurangan kolagen dan penuaan dini/ Foto: freepik.com

Kekurangan kolagen dalam tubuh juga akan terlihat dalam penampilan, Beauties, seperti misalnya kulit menjadi keriput, kering, kemudian terlihat mengendur.

Tak hanya ada di kandungan skincare, namun kolagen juga terdapat di beberapa makanan atau minuman, Beauties. Produksi kolagen dalam tubuh bisa meningkat jika kamu banyak mengonsumsi makanan-makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah jeruk dan beri, serta sayuran hijau.

Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa mengonsumsi kolagen dalam bentuk minuman atau biasa disebut sebagai minuman kolagen. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, minuman kolagen juga memberi banyak manfaat seperti mengurangi kerutan kulit, memperbaiki hidrasi kulit, menyehatkan saluran pencernaan, menyembuhkan luka, dan masih banyak lagi.

Studi meta-analisis pada tahun 2021 lalu pun membuktikan bahwa suplementasi kolagen secara rutin yang mengambil subjek berusia 20 hingga 70 tahun, menunjukkan jika kolagen bisa meningkatkan hidrasi kulit, elastisitas, hingga mengurangi kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan.

Mengubah Gaya Hidup

Minuman sehat yang bantu turunkan berat badanIlustrasi gaya hidup sehat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Selain mengonsumsi kolagen dengan rutin, dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K juga menjelaskan, gaya hidup juga turut mempengaruhi kesehatan seseorang, baik untuk tubuh maupun wajah. Jika kamu ingin punya kulit glowing dan awet muda, mulailah ubah gaya hidup menjadi lebih sehat, Beauties.

Seperti misalnya tidur cukup 7-9 jam, olahraga rutin untuk menunda penuaan, mengonsumsi makanan yang gizi dan seimbang, mengontrol stress, tidak merokok, serta menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Konsumsi makanan sehat untuk menunjang kondisi kesehatanIlustrasi makanan sehat/ Foto: pexels.com

"Dalam jangka panjang, efeknya [gaya hidup sehat] akan berdampak di jangka panjang ke seluruh organ tubuh. Memang edukasi mengenai kesehatan dan gaya hidup hanya seputar di hal-hal yang sama saja, karena masih banyak orang yang sering nggak melakukan hal tersebut," papar dr. Yohan.

Nah, itu dia beberapa cara mudah untuk memiliki kulit glowing dan awet muda menurut ahli. Yuk, mulai perbaiki gaya hidup dan rutin mengonsumsi kolagen supaya kita bisa aging gracefully!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id