sign up SIGN UP

Jadi Egois Nggak Selalu Buruk, Kok! Ini lho Waktu yang Tepat Buat Kamu Mementingkan Diri Sendiri

Anindya Milagsita | Beautynesia
Minggu, 24 Jul 2022 07:30 WIB
Jadi Egois Nggak Selalu Buruk, Kok! Ini lho Waktu yang Tepat Buat Kamu Mementingkan Diri Sendiri
caption

Beauties, selama ini sifat egois dinilai punya makna yang buruk dan selalu berusaha untuk dihindari banyak orang, ya. Egois dengan mementingkan diri sendiri dianggap bisa membawa dampak buruk dalam kehidupan sehari-hari hingga menyulitkan orang lain. Padahal nggak selamanya menjadi egois itu selalu berkaitan dengan hal-hal negatif, lho.

Adakalanya seseorang harus berlaku egois di suatu waktu. Egois itu perlu demi kebaikan diri sendiri tanpa ada maksud menyakiti orang lain. Kenapa ya harus begitu? Buat kamu yang penasaran ingin tahu, baca informasinya berikut, yuk!

Mengapa Perlu Egois?

Sebelum cari tahu kapan waktu yang tepat buat egois, mari mengenal terlebih dahulu alasan kenapa seseorang harus bersikap demikian. Menjadi egois terkadang memang dibutuhkan, Beauties. Asalkan dilakukan dengan cara yang baik dan nggak merugikan diri sendiri maupun orang lain. 

Alasan mengapa seseorang perlu egois di suatu waktu.
Waktu yang tepat untuk bersikap egois dan alasan mengapa itu perlu/freepik/cookie_studio

Seperti dikutip dari Forbesjadi egois berarti fokus pada diri sendiri. Ada yang enggan memikirkan siapa pun atau apa pun kecuali diri mereka sendiri, tapi ada juga yang justru terobsesi untuk membantu orang lain hingga mengabaikan diri sendiri. Nah, bersikap egois terhadap diri sendiri hanya untuk menyenangkan orang lain inilah yang seringkali nggak disadari atau bahkan dinilai baik, padahal bisa berdampak buruk bagi dirinya.

Jadi egois memang terkadang dibutuhkan karena kalau tidak bisa membantu diri sendiri terlebih dahulu, sebenarnya seseorang tak akan mampu berada dalam posisi apa pun buat membantu orang lain. Lantas kapan waktu yang tepat untuk egois? Cek lebih lanjut di bawah ini, ya!

Butuh Waktu untuk Self-Care

Egois diperlukan saat kamu butuh waktu sendirian ataupun memanjakan diri sendiri, Beauties. Hal ini dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga sekaligus mengisi energi kembali untuk menyambut rutinitas harian. Melansir dari New York Times, perawatan diri dapat dilakukan relaksasi, tidur yang cukup, meditasi, ataupun melakukan hobi yang menyenangkan.

Egois saat butuh self-care dibutuhkan oleh seseorang.
Waktu yang tepat untuk bersikap egois dan alasan mengapa itu perlu/freepik/freepik

Bukan hanya itu, dengan meluangkan waktu bagi diri sendiri seseorang juga dapat punya kesempatan untuk menetapkan prioritas, batasan, hingga menemukan tujuan dalam hidupnya. Hal ini dilakukan agar individu yang melakukannya merasa aman secara emosional.

Terlalu Lelah Bersosialisasi

Hadir dalam berbagai acara untuk bertemu banyak orang ataupun hanya sekadar kumpul bareng orang terdekat terkadang memang menyenangkan buat dilakukan. Tapi sama seperti bekerja, adakalanya melakukan kegiatan sosial juga bisa menimbulkan burnout alias kelelahan, Beauties. Saat kamu mengalaminya, jangan ragu untuk menolak atau bilang 'tidak', ya.

Egois diperlukan saat seseorang terlalu lelah untuk bersosialisasi.
Waktu yang tepat untuk bersikap egois dan alasan mengapa itu perlu/freepik/tirachardz

Bersikap egois dengan menolak ajakan saat merasa terlalu lelah diperlukan untuk kebaikan diri sendiri. Bukan hanya buat kesehatan mental, tapi juga fisik. Mengutip dari Very Well Mindcobalah untuk menolak dengan baik seperti mengatakan, "kedengarannya menyenangkan, tapi maaf untuk kali ini aku tidak bisa bergabung".

Saat Pergi Liburan

Momen berlibur jadi yang paling dinantikan bagi semua orang karena bisa melepas penat, beristirahat, hingga melakukan hobi yang disukai. Oleh karenanya, bersikap egois di waktu ini diperlukan untuk memberikan manfaat yang baik bagi diri sendiri. Masih dilansir dari laman yang sama, liburan sendiri bisa diartikan sebagai suatu periode waktu luang dan rekreasi yang panjang.

Egois diperlukan saat seseorang tengah pergi untuk liburan.
Waktu yang tepat untuk bersikap egois dan alasan mengapa itu perlu/freepik/tawatchai07

Pada saat inilah menjauh sejenak dari tanggung jawab pekerjaan ataupun kesibukan sehari-hari dibutuhkan. Sebuah studi di tahun 2018 lalu mengungkap liburan bahkan yang singkat ternyata dapat menurunkan tingkat stres pada diri individu. Bukan hanya itu, energi seseorang juga akan terisi kembali sehingga dirinya dapat merasa lebih baik secara fisik dan suasana hati, hingga kualitas tidur yang meningkat.

Menghadapi Tantangan Hidup

Setiap manusia tentu memiliki cobaan hingga kesulitan hidup yang berbeda satu sama lain. Seperti mengalami kegagalan, patah hati, kehilangan, hingga masalah kesehatan. Beratnya kehidupan yang terjadi membuat individu harus memperhatikan kesejahteraan dirinya, Beauties. Serupa dengan selfcare, egois demi kesejahteraan diri sendiri juga sama pentingnya. lho.

Egois juga diperlukan saat seseorang tengah menghadapi tantangan hidup.
Waktu yang tepat untuk bersikap egois dan alasan mengapa itu perlu/freepik/tirachardz

Tantangan hidup yang terjadi bisa menimbulkan kecemasan, kesedihan, frustasi, sampai depresi. Oleh karena itu, menjauh sejenak dari tanggung jawab saat waktu luang, meminta bantuan, bersandar pada orang lain, sampai menyempatkan waktu untuk sendirian demi kebaikan diri sendiri diperlukan buat mengatasinya. Tertarik mencoba?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id