sign up SIGN UP

2 Jenis Hepatitis Ini Ada Sekitar Kita, Yuk Simak Cara Biar Nggak Ikut Tertular!

Yemima Prasetya Christiana Putri | Beautynesia
Kamis, 28 Jul 2022 11:30 WIB
2 Jenis Hepatitis Ini Ada Sekitar Kita, Yuk Simak Cara Biar Nggak Ikut Tertular!
caption

WHO (World Health Organization) menetapkan tanggal 28 Juli adalah hari untuk memperingati Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day). So, mari kita peringati hari ini dengan menyebarkan semangat untuk para pejuang hepatitis, yuk!

Beauties, sudah tau belum hepatitis itu apa? Melalui sebuah wawancara, dr. Gratiana Kartika yang saat ini membantu pelayanan medis di Klinik Sang Timur Klaten menjelaskan bahwa hepatitis merupakan peradangan pada sel-sel hati yang disebabkan oleh infeksi (virus, bakteri, parasit), obat-obatan, konsumsi alkohol, lemak yang berlebih, dan penyakit autoimun.

Beliau juga menjelaskan bahwa hepatitis yang paling sering terjadi pada kaum muda adalah hepatitis A dan hepatitis C. Apa sih perbedaan dari 2 jenis hepatitis itu? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Hepatitis A

Hepatitis A rentan menyerang anak kost (Foto:www.freepik.com/eddows-animator)
Hepatitis A/Foto: freepik.com/eddows-animator

WHO menjelaskan bahwa hepatitis A merupakan sebuah peradangan hati yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh orang yang terinfeksi hepatitis A. Masa inkubasi hepatitis A ini biasanya berkisar antara 14-28 hari.

Gejala yang ditimbulkan antara lain seperti demam, kehilangan nafsu makan, diare, urine berwarna gelap, dan penyakit kuning.

Cara Mengatasinya: Bersih Itu Sehat!

mencuci tangan agar tangan selalu bersih (Foto:www.freepik.com/freepik)
mencuci tangan/Foto: freepik.com/freepik

Anak kost atau yang kesehariannya dipenuhi kesibukan, pasti lebih sering membeli makan di warung dari pada masak sendiri. Yups, tentu saja membeli makan di warung lebih praktis dan hemat waktu.

Namun, sering kali kita tidak memperhatikan bagaimana kebersihan di warung tersebut. Bagaimana cara warung tersebut mencuci makanan sebelum diolah dan mencuci peralatan makan perlu diperhatikan, lho. Jika tidak, bisa-bisa hepatitis A akan menyerangmu.

Mulai sekarang perhatikan kebersihan tempat makan yang yang kamu kunjungi ya, Beauties. Tidak perlu yang susah-susah, mulai dulu dengan cara yang sederhana seperti menjaga kebersihan makanan, mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi, dan melakukan vaksinasi.

Hepatitis C

Mual dan sakit perut karena terserang hepatitis C (Foto:www.freepik.com/freepik)
mual Foto: freepik.com/freepik

Berbeda dengan hepatitis A, hepatitis C merupakan peradangan hati yang ditularkan melalui jarum suntik dan hubungan seksual yang terkontaminasi darah orang yang terinfeksi hepatitis C. Secara global, WHO memperkirakan pada tahun 2019 sekitar 290.000 orang meninggal karena hepatitis C.

Masa inkubasi hepatitis C ini berkisar antara 2 minggu hingga 6 bulan. Gejala yang timbul antara lain demam, kelelahan, nafsu makan berkurang, mual, urine berwarna gelap, sakit perut, tinja pucat, nyeri sendi, dan penyakit kuning.

Cara Mengatasinya: Menjaga Lebih Baik dari Mengobati

jauhi narkoba (Foto:www.freepik.com/ViDIstudio)
stop drugs/Foto: Freepik.com/ViDIstudio

Beauties, tentu kita tidak asing dengan barang-barang seperti pisau cukur dan jarum suntik bukan? Barang-barang itu tentu saja tidak dapat dipakai secara bergantian dengan orang lain, dan alangkah baiknya jika kita hanya menggunakannya sekali saja.

Terlebih jarum suntik yang berkontak langsung dengan darah. Seperti contohnya mengonsumsi narkoba dengan suntikan, tak jarang mereka para pengguna narkoba menyuntikkan obat ke tubuh mereka secara bergantian dengan jarum yang sama. Selain itu, kontak fisik yang sangat rentan dengan hepatitis C adalah perilaku seks bebas.

Saat melakukan hubungan seks, ada kalanya organ intim tergores karena gesekan dan mengeluarkan darah. Nah, jika darah tersebut terkontaminasi hepatitis C, maka orang yang melakukan hubungan bersamanya akan tertular juga.

Sekarang sudah paham kan jika hepatitis A dan hepatitis C mengintai di sekitar kita. So, jangan tunggu sampai tertular! Kenali lingkunganmu, hati-hati, dan jaga pergaulanmu ya, Beauties. Dan terakhir, semangat buat para pejuang hepatitis, karena kita semua adalah generasi hebat!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id