sign up SIGN UP

Kebiasaan di Saat Makan yang Bantu Turunkan Berat Badan, Beauties Wajib Tahu!

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 15:45 WIB
Kebiasaan di Saat Makan yang Bantu Turunkan Berat Badan, Beauties Wajib Tahu!
caption
Jakarta -

Libur Lebaran sudah usai dan kini kita sudah kembali pada kegiatan masing-masing, Beauties. Mulai dari bersekolah, berkuliah, atau bekerja. Ketika libur Lebaran, banyak dari kita yang menghabiskan waktu bersama keluarga, mencicipi berbagai makanan enak, atau mengunjungi tempat-tempat tertentu.

Karena sudah merasa melewati libur Lebaran dengan porsi makan yang tidak terlalu dapat dikontrol, beberapa dari kamu mungkin mengalami kenaikan berat badan, Beauties.

Tapi, jangan khawatir! Berikut ini ada beberapa kebiasaan di saat makan yang membantu turunkan berat badan dan bisa kamu coba!

Biasakan untuk Sarapan di Pagi Hari

Hindari melewatkan sarapan karena justru membuat kamu terus-menerus lapar sepanjang hariIlustrasi sarapan/ Foto: freepik.com

Siapa di antara kamu yang masih suka skip sarapan di pagi hari? Mulai sekarang, biasakan untuk selalu sarapan ya, Beauties. Melansir webmd.com, sarapan sangat penting setelah semalaman tubuh kamu beristirahat, dan sarapan bisa bantu memberikan tubuh metabolisme untuk asupan energi sepanjang hari.

Selain itu, dengan sarapan, kamu juga bisa menghindari rasa lapar berlebih yang membuat kamu ingin makan lebih banyak. Dengan cara ini, kamu juga bisa menjaga berat badan!

Jangan Makan Malam Lewat dari Jam 9 Malam

Pembicaraan dari hati ke hati di antara Moon Sehoon dan Kim JiyeonIlustrasi makan malam/ Foto: Netflix Korea

Selain jangan melewatkan sarapan, kamu juga harus punya jam makan malam. Usahakan untuk tidak makan malam lewat dari jam 9, ya. Melansir Eat This dan jurnal yang di-publish dalam Appetite, hal ini dikarenakan orang-orang yang makan di larut malam cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat badan dibanding mereka yang tak makan di larut malam.

Selain itu, orang-orang yang makan saat larut malam cenderung memilih makanan junk food dengan kalori yang berlebih dengan nafsu makan yang kurang bisa dikontrol.

Makan Secara Perlahan

ilustrasi makanIlustrasi makan/ Foto: freepik

Ketikan makan, usahakan untuk makan secara perlahan denga mengunyah setiap makanan agar bisa tercerna dengan baik. Selain itu, dengan makan perlahan kamu juga bisa menikmati setiap makanan yang masuk ke dalam mulut, dan merasa lebih cepat 'kenyang'.

Kamu juga tidak akan 'tergoda' untuk makan lebih banyak yang justru bisa memicu kenaikan berat badan.

Biasakan Makan di Rumah Sebelum Bepergian

Makan sehat di rumah ajaIlustrasi makan sehat di rumah/ Foto: freepik.com

Melansir webmd.com, kebiasaan untuk makan di rumah sebelum kamu bepergian bisa bantu menjaga berat badan tetap stabil, lho. Ketika kamu bepergian dalam kondisi perut kenyang, kamu bisa menahan godaan untuk membeli camilan atau makanan berat saat mengunjungi supermarket, mall, atau bahkan tempat wisata. Selain bisa mengontrol nafsu makan, kamu juga bisa lebih hemat karena nggak mengeluarkan uang untuk membeli jajanan.

Itu dia beberapa kebiasaan makan yang bisa bantu menurunkan berat badan, selamat mencoba ya, Beauties!

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id