sign up SIGN UP

5 Makanan Mengandung Karbohidrat Ini Bisa Bantu Kecilkan Perut Buncit Menurut Para Ahli

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 23:30 WIB
5 Makanan Mengandung Karbohidrat Ini Bisa Bantu Kecilkan Perut Buncit Menurut Para Ahli
Makanan untuk mengatasi perut buncit/Foto: Pexels
Jakarta -

Beauties, jika kamu ingin menghilangkan lemak perut atau meratakan perut buncit, mungkin makanan yang mengandung karbohidrat akan kamu hindari. Yup, banyak anggapan bahwa asupan karbohidrat harus dikurangi ketika sedang diet. Namun, anggapan ini tidak sepenuhnya benar, lho!

Menurut ahli gizi Jonathan Valdez kepada Eat This, Not That!, karbohidrat yang ditemukan dalam minuman, permen, dan makanan olahan lainnya memang memiliki reputasi buruk. Bila dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, diabetes, stroke, penyakit jantung, dan banyak lagi.

Meskipun mengurangi jenis karbohidrat tersebut penting, sebenarnya ada jenis karbohidrat lain yang bisa membantu kamu dalam meratakan perut buncit, Beauties. Menurut ahli gizi Brittany Michels, karbohidrat yang diperoleh dari makanan utuh dapat menjadi bagian dari diet yang sehat dan seimbang.

Lantas, makanan mengandung karbohidrat apa saja yang bisa membantu meratakan perut buncit? Dihimpun dari Eat This, Not That!, yuk cari tahu!

Roti Gandum Utuh dengan Protein Tinggi

Roti gandumRoti gandum/Foto: Pexels.com

Tak sedikit orang yang sedang diet atau ingin menghilangkan lemak perut begitu menghindari roti. Namun, sebenarnya ada jenis roti yang bisa membantu diet agar sukses, salah satunya roti gandum utuh.

Roti gandum utuh memiliki kombinasi serat dan protein tinggi yang dibutuhkan untuk mengisi perut sehingga merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jenis roti ini juga memiliki kalori yang lebih rendah.

Makanan Tinggi Serat Larut

StroberiStroberi/ Foto: Pexels.com/Anastasiia Petrova

Serat dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan dan terbagi menjadi serat larut dan tidak larut. Dilansir dari detikFood, serat larut adalah serat lembut dan lengket dan menyerap air. Kemudian membentuk zat seperti gel dalam sistem pencernaan.

"Serat larut ditemukan dalam makanan nabati dan memiliki konsistensi seperti gel yang memperlambat pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan membantu pengelolaan gula darah. Manfaat ini dapat membantu menghilangkan lemak," kata Michels.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 10 gram serat larut per hari dapat mengurangi lemak perut sebesar 3,7 persen. Makanan yang tinggi serat larut contohnya wortel, kacang hijau, brokoli, jeruk pusar, alpukat, jeruk bali, stroberi, dan kacang-kacangan.

Greek Yogurt

Greek yogurt/Foto: Freepik.com/FreepikGreek yogurt/Foto: Freepik.com/Freepik

Secara umum, satu cangkir Greek yogurt mengandung sekitar 20 gram protein. Sedangkan untuk kandungan karbohidratnya, sekitar 10 gram.

"Secara keseluruhan, protein tinggi yang dipasangkan dengan buah-buahan ini akan menjadi camilan lezat yang akan mengoptimalkan rasa kenyang Anda dengan kalori lebih rendah untuk mengatasi lemak di perut," ungkap Valdez.

Makanan Fermentasi

Kimchi/Foto: freepik/jcompKimchi/Foto: freepik/jcomp

Menurut Michels, makanan fermentasi juga dapat berperan untuk mengatasi perut buncit. Beberapa probiotik, seperti Bifidobacterium animalis, Bifidobacterium breve, Lactobacillus gasseri BNR17, Lactobacillus plantarum, Lactobacillus rhamnosus, Lactobacillus salivarius Ls-33 terkait dengan lemak tubuh bagian bawah, lemak perut, berat badan, dan lingkar pinggul serta nafsu makan berkurang.

Contoh makanan fermentasi yang bisa kamu coba adalah kefir, kimchi, asinan kubis, dan kombucha.

Makanan Tinggi Serat Prebiotik

Serat prebiotik didefinisikan sebagai serat apa pun yang memberi makan bakteri usus yang baik. Tidak semua serat makanan nabati memberikan manfaat tambahan ini. Serat prebiotik memperlancar pencernaan dan gula darah, yang dapat membantu menghilangkan lemak. Makanan ini termasuk daun bawang, pisang, madu, bawang merah, bawang putih, dan akar chicory.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id