sign up SIGN UP

5 Cara Efektif Mencegah Serangan Jantung yang Bisa Menyerang Usia Muda, Catat!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Minggu, 19 Jun 2022 17:30 WIB
5 Cara Efektif Mencegah Serangan Jantung yang Bisa Menyerang Usia Muda, Catat!
caption

Serangan jantung merupakan penyakit kronis yang sudah menyebabkan banyak orang kehilangan nyawa. Serangan jantung dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia.

Bahkan kini, sudah banyak lho anak muda yang terkena serangan jantung. Ihh... menyeramkan, bukan? Lalu bagaimana cara mencegah serangan jantung yang dapat menyerang usia muda?

Dilansir dari detikHealth, ini dia cara mencegah serangan jantung yang dapat menyerang usia muda. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Cek Kesehatan Secara Berkala

Cek Kesehatan Secara Berkala
Cek Kesehatan Secara Berkala/Foto: Freepik.com/Jcomp

Kiat mencegah serangan jantung terutama pada anak muda yang pertama yaitu dengan mengecek kesehatan secara berkala.

Dr med dr Denio A Ridjab, SpJP(K), seorang dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah menyarankan, agar rutin memeriksa kadar kolesterol dan tekanan darah kamu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pencegahan diri dari terkena serangan jantung.

2. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga Secara Teratur
Berolahraga Secara Teratur/Foto: Freepik.com/Benzoix

Lebih lanjut lagi, dr Denia pun mengatakan agar melakukan segala macam olahraga di usia muda. Olahraga teratur 5 kali seminggu selama 30 menit, intensitas ringan hingga sedang.

Jika sudah berusia di atas 40 tahun, kamu harus bertanya kepada dokter olahraga yang tepat. Sebab, dikhawatirkan olahraga berlebihan dapat menyebabkan masalah jantung.

3. Berhenti Merokok

Berhenti Merokok
Berhenti Merokok/Foto: Freepik.com/Freepik

Dilansir dari detikHealth, cara mencegah serangan jantung berikutnya yaitu dengan berhenti merokok. Merokok merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Sebab, nikotin dalam rokok diketahui meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah. Perokok dua kali lebih mungkin meninggal karena serangan jantung dibandingkan bukan perokok.

4. Diet Sehat

Diet sehat
Diet Sehat/Foto: Freepik.com/Diana.Grytsku

Lakukan diet sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat, rendah lemak, rendah garam merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung. Saat memilih makanan untuk dikonsumsi atau camilan, utamakan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Jika ingin menambahkan saus, pilih saus protein tanpa lemak agar lebih sehat. Contoh makanan ramah jantung adalah salmon, kacang-kacangan, dan alpukat.

5. Kontrol Stres

Kontrol Stres
Kontrol Stres/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Stres berlebihan yang tidak terkontrol dengan baik dalam jangka panjang dapat memicu penyakit jantung. Sediakan waktu untuk istirahat dan mengelola stres kamu. Jika kamu merasa sudah tidak mampu mengendalikannya, maka kamu dapat mengkonsultasikan dengan para ahli agar segera mendapatkan penanganan.

Nah Beauties, itu dia beberapa tips mencegah serangan jantung. Yuk mulai sekarang kita lebih peduli dengan kesehatan jantung, dan kesehatan diri kita sendiri. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id