sign up SIGN UP

Kenali 5 Gejala Ini untuk Mengetahui Bahwa Kamu Kekurangan Vitamin

Intan Dwi | Beautynesia
Kamis, 02 Jul 2020 14:30 WIB
Kenali 5 Gejala Ini untuk Mengetahui Bahwa Kamu Kekurangan Vitamin
caption
Jakarta -

Saat ingin mengonsumsi makanan, lebih baik kamu jangan asal memakannya. Pilihlah makan-makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Karena jika kamu kekurangan nutrisi dan vitamin, nantinya bisa menimbulkan berbagai gejala yang tentunya tidak mengenakan. Berikut ini ada lima gejala yang yang bisa kamu kenali untuk mengetahui apakah tubuh kamu kekurangan vitamin.

Gusi Berdarah

Selain teknik menyikat gigi yang kasar, kekurangan vitamin C itu juga bisa menjadi penyebab dari gusi berdarah.
Gusi Berdarah/freepik.com

Biasanya permasalahan gusi berdarah karena teknik menyikat gigi yang terlalu kasar atau salah. Tapi ternyata, jika kamu kekurangan vitamin C itu juga bisa menjadi penyebab dari gusi berdarah. Karena vitamin C memiliki peran penting dalam penyembuhan luka dan kekebalan tubuh kamu. Selain itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel. Kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan hal yang lebih serius, seperti penyakit kudis, melemahkan otot dan tulang. Tanda-tanda lainnya juga ada tubuh mudah memar, penyembuhan luka akan lambat, sering mimisan dan kulit bersisik kering.

Rambut Rontok

Biasanya ranbut rontok ini disebabkan karena kurangnya, Niacin (vitamin B3), Biotin (vitamin B7), Zinc, Iron dan Linoleic Acid (LA) dan Alpha-Linolenic Acid (ALA).
Rambut Rontok/freepik.com

Rupanya rambut rontok merupakan tanda yang sangat umum untuk mengetahui bahwa tubuh kamu kekurangan vitamin. Biasanya rambut rontok ini disebabkan karena kurangnya, Niacin (vitamin B3), Biotin (vitamin B7), Zinc, Iron dan Linoleic Acid (LA) dan Alpha-Linolenic Acid (ALA). Jadi untuk mengatasi  masalah tersebut kamu dianjurkan untuk konsumsi daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Karena makanan tersebut merupakan sumber zinc dan iron yang baik untuk tubuh. Sedangkan untuk biotin biasanya ditemukan dalam kuning telur dan daging.

Rambut dan Kuku Rapuh

Memang kekurangan biotin ini masih sangat jarang, tapi jika itu terjadi akan menyebabkan rambut dan kuku menjadi rapuh.
Rambut dan Kuku Rapuh/freepik.com

Rambut dan kuku yang rapuh biasanya disebabkan oleh berbagai faktor dan salah satunya adalah kekurangan biotin. Biotin atau yang dikenal vitamin B7 dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Memang kekurangan biotin ini masih sangat jarang, tapi jika itu terjadi akan menyebabkan rambut dan kuku menjadi rapuh.  Gejala lain dari kekurangan vitamin B adalah kelelahan kronis, nyeri otot, kram, kesemutan di tangan dan kaki. Jadi jika kamu merasakan gejala ini konsumsilah makanan yang kaya akan biotin, seperti kuning telur, daging, ikan, bayam, pisang.

Kulit Bercak Bersisik dan Ketombe

Ketombe dan dermatitis ini disebabkan banyak faktor, seperti kurangnya kadar vitamin B3, vitamin B2, vitamin B6.
Kulit Bercak Bersisik dan Ketombe/freepik.com

Seborrheic dermatitis (SB) dan ketombe merupakan gangguan kulit yang yang mempengaruhi area penghasil minyak di tubuh kamu. Keduanya akan membuat kulit gatal dan mengelupas. Ketombe biasanya hanya muncul di bagian kulit kepala, sedangkan seborrheic dermatitis muncul di wajah, bagian atas dada, ketiak hingga selangkangan. Ketombe dan dermatitis ini disebabkan banyak faktor, seperti kurangnya kadar vitamin B3, vitamin B2, vitamin B6. Makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan vitamin adalah iji-bijian, unggas, daging, ikan, telur, susu dan sayuran hijau.

Masalah Penglihatan

Biasanya kekurangan vitamin A sering dikaitkan dengan kondisi yang dikenal sebagai rabun senja.
Masalah Penglihatan/freepik.com

Memiliki pola makan yang buruk kadang bisa menjadi penyebab dari masalah penglihatan. Biasanya kekurangan vitamin A sering dikaitkan dengan kondisi yang dikenal sebagai rabun senja. Hal itu akan mengurangi kemampuan orang untuk melihat dalam cahaya rendah atau gelap. Vitamin A sendiri sangat dibutuhkan untuk memproduksi rhodopsin, pigmen yang ditemukan di retina mata yang membantu kamu melihat. Ubahlah pola makan dengan konsumsi makan-makanan kaya vitamin A, seperti daging organ, susu, telur, ikan, sayuran berwarna kuning-orange.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id