sign up SIGN UP

KRL Bebaskan Penumpang Duduk Tanpa Jarak, Catat 5 Kiat Aman Naik KRL Berikut Ini!

Zeyra Haya | Beautynesia
Senin, 14 Mar 2022 06:15 WIB
KRL Bebaskan Penumpang Duduk Tanpa Jarak, Catat 5 Kiat Aman Naik KRL Berikut Ini!
caption

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, kini berangsur membaik. Begitu pula di Indonesia, sejumlah sektor mulai melonggarkan peraturan-peraturan pembatasan sosial.

Mode transportasi umum Commuter Line atau KRL menjadi salah satu sektor transportasi Indonesia yang mulai melonggarkan peraturannya. Mulai Rabu, 8 Maret lalu, KRL resmi mencabut peraturan duduk berjarak dan menambah kapasitas penumpang menjadi 60%.

Peraturan baru ini tentu mengundang banyak tanggapan dari masyarakat. Sebagian besar pengguna kereta mengaku senang, karena kapasitas penumpang sudah kembali ditambah. Namun ada pula sebagian yang mengaku khawatir sebab merasa risiko penularan masih tinggi.

Catat! 5 Kiat Tetap Aman Naik KRL Saat Sudah Duduk Tak Berjarak

Beauties, adanya peraturan baru KRL bukan berarti kita boleh lengah. Namun, tak berarti juga kita harus selalu cemas. Berikut beberapa kiat aman naik KRL dari pakar epidemiologi FKM UI, Pandu Riono yang bisa kamu ikuti. Simak yuk!

1. Tetap Jaga Jarak Secara Mandiri

Meski sudah boleh duduk tak berjarak, sebaiknya tetap hindari berdekatan dan mengobrol di dalam KRL/Foto: pexels.com/Tim Douglas
(Meski sudah boleh duduk tak berjarak, sebaiknya tetap hindari berdekatan dan mengobrol di dalam KRL/Foto: pexels.com/Tim Douglas)

Tips aman naik KRL yang pertama adalah tetap menjaga jarak sesama penumpang. Meski peraturan duduk berjarak sudah dicabut, namun ada baiknya kita tetap menjaga jarak secara mandiri. 

Pandu Riono menghimbau untuk seluruh penumpang KRL tetap menjaga jarak dan tidak mengobrol selama perjalanan. "Jangan ngobrol di KRL. Semua pakai masker dan tidak perlu ngobrol," tegasnya.

2. Wajib Pakai Masker Selama Perjalanan

Peraturan dilonggarkan bukan berarti boleh lengah! Tetap wajib gunakan masker selama naik KRL/Foto: pexels.com/Anna Shvets
(Peraturan dilonggarkan bukan berarti boleh lengah! Tetap wajib gunakan masker selama naik KRL/Foto: pexels.com/Anna Shvets)

Memakai masker tentu sudah menjadi protokol kesehatan di KRL yang wajib dilakukan. Pandu juga menegaskan, meski risiko penularan dan lonjakan kasus rendah, tapi masker tetap harus digunakan.

"Risikonya rendah, tapi karena itu di ruang tertutup maka wajib pakai masker," Jelas Pandu.

3. Pastikan Sudah Vaksin Minimal 2 Dosis

Kini bepergian sudah bebas tes PCR dan Antigen, namun pastikan sudah vaksin 2 dosis/Foto: pexels.com/Gustavo Fring
(Kini bepergian sudah bebas tes PCR dan Antigen, namun pastikan sudah vaksin 2 dosis/Foto: pexels.com/Gustavo Fring)

Agar agenda bepergianmu aman, pastikan kamu sudah melakukan vaksinasi Covid-19 minimal 2 dosis. Selain itu, untuk menyesuaikan peraturan baru KRL pastikan kamu dalam kondisi fit saat bepergian.

Pandu juga menghimbau para pengguna KRL untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu sebelum bepergian, terutama bagi anak-anak. Sebab, vaksin akan membentuk imun tubuh untuk memproteksi diri dari infeksi virus.

4. Lakukan Disinfeksi Mandiri

Protokol kesehatan nggak boleh kendor! Lakukan disinfeksi mandiri selama perjalanan naik KRL/Foto: pexels.com/Anna Shvets
(Protokol kesehatan nggak boleh kendor! Lakukan disinfeksi mandiri selama perjalanan naik KRL/Foto: pexels.com/Anna Shvets)

Tips aman naik KRL selanjutnya adalah dengan melakukan disinfeksi mandiri. Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara berkala, memakai hand sanitizer dan mengganti masker adalah hal wajib yang harus kita lakukan saat bepergian.

Beberapa ahli kesehatan juga menyarankan, bagi penumpang kendaraan umum sebaiknya menggunakan baju dengan lengan panjang dan tebal. Hal ini agar mengurangi resiko kulit bersentuhan langsung dengan benda atau orang lain di area umum.

5. Jadwalkan Perjalanan dengan Tepat

Jadwalkan perjalan-Mu dengan tepat. Maka perjalanan dijamin aman dan nyaman/Foto: pexels.com/Gustavo Fring
(Jadwalkan perjalan-Mu dengan tepat. Maka perjalanan dijamin aman dan nyaman/Foto: pexels.com/Gustavo Fring)

Agar tetap aman meski ada peraturan baru KRL, jadwalkan perjalanan-Mu dengan tepat. Pastikan kamu berangkat lebih awal agar tidak terburu-buru, hindari berdesakan dan lebih baik menunggu kereta yang lebih sepi.

Pandu Riono juga menyarankan untuk mengurangi risiko penularan pada anak, sebaiknya tidak naik kereta di jam sibuk. Sebab, balita lebih rentan tertular lantaran belum memiliki imunitas melawan virus dari vaksinasi. Jadi Beauties, bagi kamu yang ingin naik KRL sambil membawa anak, pastikan jadwal perjalanmu di jam-jam sepi ya.

Melansir dari detikHealth, itulah beberapa tips aman naik KRL selama masa penyesuaian peraturan baru terkait pembatasan jaga jarak oleh mode transportasi Commuter Line. Jangan lupa terapkan ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id