sign up SIGN UP

Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Ini yang Perlu Kamu Lakukan untuk Melindungi Diri

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 14:30 WIB
Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Ini yang Perlu Kamu Lakukan untuk Melindungi Diri
caption
Jakarta -

Berdasarkan data dari hasil pengukuran indeks kualitas udara atau AQI pagi ini (20/6), Jakarta menduduki peringkat pertama sebagai kota yang paling berpolusi di dunia.

Ya, DKI Jakarta berada di peringkat pertama dengan AQI 192 atau tidak sehat per pukul 07.36 WIB, Beauties. Kemudian, bila melihat versi JAKispu, aplikasi milik Pemprov DKI Jakarta, kualitas udara di lima wilayah Jakarta pun masuk kategori tidak sehat dengan angka di atas 100.

Jakarta Utara: 135 (Tidak Sehat)
Jakarta Timur: 129 (Tidak Sehat)
Jakarta Pusat: 112 (Tidak Sehat)
Jakarta Selatan: 110 (Tidak Sehat)
Jakarta Barat: 103 (Tidak Sehat)

Kamu bisa juga mengecek kualitas udara tempat kamu tinggal di iqiair.com lho, Beauties. Setelah mengetahuinya, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melindungi diri.

Itu karena mengutip laman p2tm.kemkes, dampak yang mengintai bila udara buruk terhirup terus menerus bisa memicu masalah pernapasan, penyakit jantung, kanker berbagai organ tubuh, gangguan reproduksi dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Gedung bertingkat tampak samar dikarenakan kondisi udara yang buruk di Ibukota DKI Jakarta dengan latar belakang gedung tinggi di Jakarta, Kamis (4/7/2019).  Kualitas udara di DKI Jakarta dinyatakan tidak sehat berdasarkan data dari situs penyedia peta polusi udara online, AirVisual.Gedung bertingkat tampak samar dikarenakan kondisi udara yang buruk di Ibukota DKI Jakarta dengan latar belakang gedung tinggi di Jakarta, Kamis (4/7/2019). Kualitas udara di DKI Jakarta dinyatakan tidak sehat berdasarkan data dari situs penyedia peta polusi udara online, AirVisual./ Foto: Agung Pambudhy

Bahkan menurut laporan dari Energy Policy Institute at the University of Chicago (EPIC), penduduk Jakarta diprediksi kehilangan harapan hidup 3-4 tahun karena polusi udara.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat kualitas udara lagi buruk seperti dilansir dari laman IQ Air di antaranya:

Hindari Kegiatan di Luar

Bila memungkinkan, hindari berkegiatan di luar ruangan dulu, Beauties. Kamu juga perlu memberitahu orang sekitarmu untuk melakukan hal yang sama, terutama yang lebih sensitif, seperti lansia.

Tutup Jendela

Saat berada di dalam ruangan, sebaiknya tutup jendela untuk menghindari masuknya udara kotor.

Terbiasa mengenakan pakaian yang santai ketika WFH dapat menurunkan produktivitas kerja.Pertimbangkan untuk beraktivitas di dalam ruangan. /Foto:Freepik.com/Freepik/

Menggunakan Air Purifier

Air purifier adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam ruangan, karena teknologi yang dimilikinya. Cara kerjanya yakni menyedot udara di sekitar, kemudian menyalurkan kembali udara bersih yang telah melewati filter penyaring udara.

Pakai Masker

Saat ini penggunaan masker memang dinilai masih penting untuk mencegah penularan Covid-19. Namun di samping itu juga berguna untuk tidak membuatmu langsung menghirup udara kotor, ketika kebetulan harus keluar ruangan.

---

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id