STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Lagi Galau? 5 Minuman Ini Bantu Pulihkan Moodmu Secara Instan, Cobain yuk!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Senin, 31 Oct 2022 09:30 WIB
Lagi Galau? 5 Minuman Ini Bantu Pulihkan Moodmu Secara Instan, Cobain yuk!

Suasana hati atau mood seseorang sangat memengaruhi pengalaman mereka dalam menjalani harinya. Jika seseorang merasa bad mood, maka semua hal yang terjadi dalam hidupnya akan terlihat negatif, begitu pula sikap dan tindakannya.

Oleh karena itu, beberapa orang sangat membutuhkan mood booster ketika mereka merasa perasaannya mulai memburuk. Dilansir dari NDTV, selain dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, mood juga bisa dipulihkan dengan cara mengonsumsi beberapa minuman berikut, lho! Apa saja?

Produk Olahan Susu

Ilustrasi minuman (Foto: Pexels/Fá Romero)
Ilustrasi minuman (Foto: Pexels/Fá Romero)

Selain merupakan jenis makanan yang sehat dan cocok untuk menjaga dietmu, produk olahan susu seperti susu, keju, yoghurt, dan lain-lain adalah sumber utama dari asam amino triptofan dan tirosin yang memicu meningkatnya hormon serotonin dan dopamin yang dapat memengaruhi mood. Pengubahan triptofan menjadi serotonin sendiri didukung oleh adanya karbohidrat alami dalam makanan olahan susu tersebut.

Minuman Mengandung Stroberi

Selain menjadi sumber antioksidan terbaik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga meningkatkan kesehatan tubuh, stroberi juga merupakan jenis buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan produksi dopamin dan serotonin.

Ilustrasi minuman (Foto: Pexels/Antoni Shkraba)
Ilustrasi minuman (Foto: Pexels/Antoni Shkraba)

Kandungan dalam stroberi dapat mencegah pembentukan homosistein dalam jumlah yang tidak sehat. Jumlah homosistein yang berlebihan ini akan mencegah kelenjar di tubuhmu untuk menghasilkan hormon bahagia, yakni dopamin dan serotonin.

Jus Sayuran

Ilustrasi minuman (Foto: Pexels/Rosita Eka Sukmawati)
Ilustrasi minuman (Foto: Pexels/Rosita Eka Sukmawati)

Bagi beberapa orang, minum jus sayuran sama normalnya dengan minum jus dari buah-buahan untuk menjaga kesehatan. Sayuran berdaun hijau ini, yang dalam bahasa ilmiah disebut kelompok sayuran cruciferous (mengandung banyak serat dan vitamin), sendiri dipercaya dapat meningkatkan dopamin bagi pengonsumsinya.

Sayuran berdaun hijau itu antara lain, selada, bayam, kol, kangkung, kubis, brokoli, dan masih banyak lagi. Folat yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dapat membantu meminimalisir tingkat homosistein yang berkaitan dengan depresi dan mood yang buruk.

Teh Hijau

Minuman berikutnya yang bagus untuk meningkatkan kadar dopamin secara alami adalah teh hijau. Teh hijau mengandung asam amino theanine yang dapat memengaruhi sekresi serotonin yang merupakan hormon bahagia.

Ilustrasi minuman (Foto: Pexels/NipananLifestyle.com)
Ilustrasi minuman (Foto: Pexels/NipananLifestyle.com)

Teh hijau juga kaya akan kafein sehingga dapat meningkatkan energimu dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Teh hijau juga dipercaya mampu meningkatkan metabolisme.

Kopi

Menggunakan Kopi Bubuk AlamiIlustrasi kopi/Foto: Freepik.com/Freepik/ Foto: Octavia Tunggal Dewi

Mirip dengan teh hijau, kopi juga merupakan minuman yang bisa memulihkan mood dengan kandungan kafein yang tinggi. Kafein meningkatkan jumlah dopamin di otak, tetapi bukan dengan cara meningkatkan produksi, melainkan dengan cara melambatkan laju dopamin yang meninggalkan otak atau terserap kembali ke dalam tubuh. Jadi, kopi tidak hanya dapat menambahkan energi dan tingkat produktivitas seseorang, tetapi juga membuat suasana hati mereka menjadi lebih baik.

Ada minuman favoritmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE