sign up SIGN UP

Makan Nasi Putih Tidak Akan Bikin Berat Badanmu Naik, Jika Kamu Memakannya dengan Cara Ini

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 09:45 WIB
Makan Nasi Putih Tidak Akan Bikin Berat Badanmu Naik, Jika Kamu Memakannya dengan Cara Ini
Nasi Putih/Foto: freepik/jcomp

Menjalani diet ketat mungkin menjadi alasanmu untuk menghindari nasi. Berharap dengan menghindari nasi, kamu akan lebih cepat menurunkan berat badan. Padahal jika kamu salah dalam mengukur porsi makan dan membiarkan dirimu kekurangan karbohidrat, maka kamu justru akan lemas seharian.

Karbohidrat sendiri penting bagi tubuh karena menyediakan energi. Kamu tetap boleh kok, makan nasi ketika ingin menurunkan berat badan. Asal, kamu bisa mematuhi aturan ini.

Tidak Makan Nasi Bersamaan dengan Karbo Lain

Mengkonsumsi nasi dengan karbo
Mengkonsumsi nasi dengan karbo/Foto: freepik.com/freepik

Aturan yang pertama, ketika makan nasi maka kamu jangan sampai memakannya berdampingan dengan karbo lain. Karbo yang dimaksud adalah mie atau olahan  tepung lainnya. Mengapa? Bayangkan saja kamu mengkonsumsi karbo yang sudah banyak kalori digabung dengan jenis karbo lain yang tak kalah banyak mengandung kalori.

Tubuh otomatis akan kelebihan kalori sehingga mengubahnya ke dalam bentuk lemak. Tak heran jika akhirnya berat badanmu akan naik.

Memperbanyak Porsi Sayur dan Protein Dibanding Nasi

Memperbanyak sayur
Memperbanyak sayur/ Foto: freepik.com/timolina

Ketika kamu makan nasi namun masih dalam program diet, maka kamu perlu perhatikan porsinya. Jangan sampai porsi nasi melebihi sayur dan lauk yang menjadi pendampingnya. Kamu bisa coba untuk mengkonsumsi 3-4 sendok dan melengkapinya dengan sayur serta lauk berupa protein.

Penting untuk memperbanyak porsi sayur karena sayur sendiri mendatangkan manfaat bagi tubuh dan tentunya rendah kalori. Melansir dari laman laman Eating Well, mengkonsumsi sayur mendatangkan banyak manfaat, di antaranya melawan peradangan, meningkatkan serat, melembapkan kulit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan imun, dan berbagai banyak manfaat baik lainnya.

Perhatikan Cara Pengolahannya

Nasi goreng
Nasi goreng/ Foto: freepik.com/jcomp

Nasi putih tidak akan bertambah kalorinya jika kamu tidak mengolahnya menjadi jenis nasi lain. Jenis olahan lain yang dimaksud seperti nasi goreng, nasi kuning, atau nasi uduk. 

Sebab jenis olahan nasi yang disebutkan tersebut biasanya memiliki kalori yang jauh lebih banyak dibandingkan nasi putih. Sebagai perbandingan, melansir dari laman Fatsecret, satu mangkok nasi putih memiliki kalori sebanyak kurang lebih 204 kkal. Sedangkan satu mangkok nasi goreng mengandung kalori sekitar 333 kkal. Perbedaan yang cukup signifikan bukan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id