sign up SIGN UP

Makanan dan Minuman Manis Bisa Gagalkan Program Diet, Loh Beneran?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Rabu, 14 Sep 2022 10:30 WIB
Makanan dan Minuman Manis Bisa Gagalkan Program Diet, Loh Beneran?
caption

Gula merupakan jenis karbohidrat sederhana yang memberikan energi bagi tubuh. Gula alami terkandung dalam makanan utuh, seperti sayuran, buah-buahan, dan produk susu. Gula juga menjadi zat tambahan dalam makanan dan minuman tertentu, seperti pada produk biskuit, donat, sereal manis, soda, dan minuman kemasan.

Namun, kebiasaan makan atau minum terlalu banyak gula dari waktu ke waktu bisa menyebabkan penambahan berat badan. Lebih jauh, gula juga dapat memperburuk gangguan kecemasan serta meningkatkan risiko penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

Berikut adalah empat alasan mengapa makanan dan minuman tinggi gula tambahan bisa menjadi ‘musuh’ bagi program dietmu. Simak yuk!

1. Tinggi Kalori, Kurang Nilai Nutrisi

dampak gula bagi program diet
Gula mengandung tinggi kalori tapi rendah nutrisi/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Mengutip Medical News Today, buah-buahan dan produk susu yang mengandung gula alami akan dicerna oleh tubuh secara lebih lambat. Ini menjadikannya sumber energi yang bertahan lama. Makanan tersebut juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral.

Di sisi lain, makanan dan minuman tinggi gula, meski kalorinya relatif tinggi, tetapi mereka kurang bisa memberi rasa kenyang dan puas lebih lama lantaran rendah protein dan serat. Alhasil, kamu bakal cenderung makan dalam porsi lebih banyak.

2. Picu Kenaikan Berat Badan

dampak gula bagi program diet
Gula memicu kenaikan berat badan/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Studi dalam jurnal BMJ tahun 2013 membuktikan bahwa orang yang makan lebih sedikit gula (tanpa disuruh menurunkan berat badan), kehilangan rata-rata 1,8 pon dalam periode 10 minggu hingga 6 bulan. Sedangkan, orang yang meningkatkan asupan gulanya bertambah 1,7 pon selama kurang dari 8 minggu.

Itu artinya, makanan dan minuman manis dengan kalori tinggi apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan.

Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa makanan tinggi gula berkontribusi pada peningkatan gula darah yang berkepanjangan, resistensi insulin (hormon penyimpan energi), dan resistensi leptin (hormon pengatur rasa lapar)—yang semuanya akan berbuntut pada penambahan berat badan dan kelebihan lemak tubuh.

3. Gula Membuat Ketagihan

dampak gula bagi program diet
Gula menyebabkan ketagihan makan/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Ternyata, ada alasan tertentu mengapa kita senang mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Mengutip Healthline, studi menunjukkan bahwa gula dapat meningkatkan nafsu makan dengan mempengaruhi hormon otak yang mengatur rasa senang dan penghargaan, sehingga mendorong kita untuk makan dan minum yang enak dan kaya kalori secara berlebihan, untuk membantu kita merasa lebih baik

Kemudian, ahli diet dan konsultan, Amy Goodson, MS, RD juga menyebutkan, lonjakan gula darah yang cepat setelah minum minuman manis dapat meningkatkan rasa lapar dan makan berlebihan.

Jadi, makan kue, es krim, donat, minuman soda, dan sirup sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan dalam jumlah yang moderat dan tidak terlalu banyak.

4. Gula Menggantikan Makanan Sehat

dampak kelebihan gula bagi program diet
Gula bisa gantikan asupan makanan sehat/Foto: Freepik.com/nakaridore

Makanan dan minuman manis bisa menggantikan asupan makanan sehat kaya nutrisi yang seharusnya ada di dalam menu harian.

Masalahnya, makanan dan minuman tinggi gula tersebut tidak memiliki senyawa bermanfaat, seperti antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam jangka panjang, ini akan berdampak negatif pada berat badan dan risiko penyakit kronis.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id