sign up SIGN UP

Mantan Pasien Omicron Masih Bisa Kena BA.4 dan BA.5, Ini Penjelasan para Ahli!

Zeyra Haya | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 17:30 WIB
Mantan Pasien Omicron Masih Bisa Kena BA.4 dan BA.5, Ini Penjelasan para Ahli!
Mantan Pasien Omicron Masih Bisa Kena BA.4 dan BA.5/Foto: Shutterstock

Beberapa waktu ini, kasus penularan virus corona kembali meningkat usai munculnya varian baru yakni BA.4 dan BA.5. Sangat disayangkan, gelombang varian baru ini kembali membatasi sebagian besar ruang gerak masyarakat.

BA.4 dan BA.5 adalah subvarian dari Omicron. Meski tak memiliki gejala yang berat, tapi varian baru Covid-19 ini cukup mengkhawatirkan karena kebal vaksinasi sehingga dapat menginfeksi seseorang yang telah divaksin.

Salah satu penyebab melonjaknya kembali angka kasus positif Covid-19 terutama di Ibukota Jakarta adalah karena banyak orang yang abai akan gelombang penularan kali ini. Banyak orang masih beranggapan bahwa pasien positif akan kebal terhadap virus dan tidak akan terpapar kembali.

Faktanya, justru varian BA.4 dan BA.5 lebih memiliki tingkat penularan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan varian-varian sebelumnya. Pun juga varian ini sangat mudah bersirkulasi terhadap imunitas, sehingga mantan pasien omicron sekalipun dapat kembali terpapar.

Awas Jangan Abai! Varian Baru Covid-19 Bisa Menular ke Mantan Pasien Omicron

Beauties, bagi para mantan pasien Omicron, sebaiknya tetap waspadai varian ini karena meskipun merupakan subvarian dari Omicron, BA.4 dan BA.5 tetap dapat menyerang pasien-pasien Covid-19 terdahulu. Berikut fakta dan anggapan menurut para ahli.

1. Varian BA.4 dan BA.5 Lebih Mudah Menular

Waspadai subvarian omicron, BA.4 dan BA.5 memiliki tingkat penularan yang tinggi/Foto: pexels.com/Anna Shvets
(Waspadai subvarian omicron, BA.4 dan BA.5 memiliki tingkat penularan yang tinggi/Foto: pexels.com/Anna Shvets)

Melansir dari detikHealth, seorang epidemiolog dari dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa varian virus yang satu ini sangat mudah menular.

"Dia (BA.4 dan BA.5) jauh lebih fit, lebih mudah menginfeksi karena dia mengambil mutasi dari Delta yang bisa membuat dia mudah terikat di reseptor ACE 2 yang L452 itu," katanya.

2. Bisa Menular ke Orang yang Sudah Vaksin

Sudah vaksin tetap tidak boleh lengah! Varian baru covid-19 tetap bisa menyerang orang yang sudah vaksin dosis lengkap/Foto: pexels.com/SHVETS Production
(Sudah vaksin tetap tidak boleh lengah! Varian baru covid-19 tetap bisa menyerang orang yang sudah vaksin dosis lengkap/Foto: pexels.com/SHVETS Production)

Adanya kombinasi mutasi pada BA.4 dan BA.5 membuat subvarian Omicron ini sangat mudah bersirkulasi dan cepat menyebar.

"Kemudian dia ada mutasi F486 V yang membuat dia sangat lincah menghindar dari respons imunitas, antibodi. Akhirnya bisa menurunkan efikasi jauh lebih efektif dibandingkan subvarian lain dalam menyiasati antibodi yang terbentuk entah dari infeksi maupun vaksinasi," katanya.

Sebab itulah Beauties, bagi kita yang sudah vaksin penuh sekalipun tetap harus waspada ya, karena masih berpotensi terpapar.

3. Memiliki Potensi Paparan Ulang

Meski subvarian, mantan pasien Covid-19 tetap masih bisa terpapar BA.4 dan BA.5/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch
(Meski subvarian, mantan pasien Covid-19 tetap masih bisa terpapar BA.4 dan BA.5/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch)

Karena sifatnya yang responsif terhadap imunitas, membuat subvarian Omicron yang satu ini dapat menular ke siapapun. Termasuk para mantan pasien Covid-19 terdahulu, sangat besar kemungkinan untuk terpapar kembali akibat varian baru ini.

"BA.4 dan BA.5 ini bisa juga melakukan infeksi ulang. Orang yang sudah terinfeksi oleh varian atau subvarian sebelum nya bisa terinfeksi, mudah terinfeksi," ujar Dicky.

Lalu Apa Fungsi Vaksinasi? Ini Kata Ahli

Vaksin jangan disepelekan! Tetap harus vaksin supaya meringankan gejala dan mempercepat pemulihan/Foto: pexels.com/Anna Shvets
(Vaksin jangan disepelekan! Tetap harus vaksin supaya meringankan gejala dan mempercepat pemulihan/Foto: pexels.com/Anna Shvets)

Meskipun tak 100% dapat menghindari Covid-19, vaksinasi tetaplah sangat penting. Selain meningkatkan imunitas, vaksin dapat meringankan gejala pasien Covid.

Mengutip dari CNN Indonesia, menurut para ahli, vaksinasi Covid-19 sangatlah penting. Ines Atmosukarto, doktor molekuler dan biologi seluler dari Universitas Adelaide, Australia mengungkapkan bahwa seorang yang sudah melakukan vaksinasi lengkap akan memiliki gejala yang lebih ringan, bahkan ada pula yang tak bergejala.

"Sistem imun kita sudah mengenal virusnya. Maka dia sudah siap dengan senjatanya. Sehingga penyakit yang terjadi lebih ringan atau mungkin tidak bergejala," jelasnya.

Namun yang perlu diwaspadai adalah tetap dapat menularkan kepada orang lain.

Beauties, itulah beberapa fakta terkait varian baru Covid-19 BA.4 dan BA.5 yang dapat menular kembali pada mantan pasien Omicron. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id