STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Sederet Kebiasaan Anak Muda yang Bisa Bikin 3 Penyakit Ini Timbul di Usia Senja, Salah Satunya Minum Boba!

Retno Wulandari | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 08:45 WIB
Sederet Kebiasaan Anak Muda yang Bisa Bikin 3 Penyakit Ini Timbul di Usia Senja, Salah Satunya Minum Boba!

Menjaga kesehatan harus dilakukan oleh siapa saja agar terhindar dari berbagai macam penyakit, baik itu penyakit ringan maupun penyakit serius yang menjadi mimpi buruk di masa tua mendatang.

Berbicara tentang penyakit buruk di masa tua, ada beberapa faktor mengapa penyakit tersebut muncul, salah satunya adalah kebiasaan buruk di usia muda. Untuk informasi selanjutnya, scroll down artikel ini, yuk!

Diabetes

Penyakit serius akibat kebiasaan buruk di usia muda
Ilustrasi Penyakit Diabetes / Foot: Freepik @noxos

Menurut WHO, dalam tiga dekade terakhir ini penderita diabetes mengalami peningkatan. Diabetes adalah salah satu penyakit metabolis kronis yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar glukosa di dalam darah.

Dilansir dari Detik, gaya hidup yang tidak sehat atau kebiasaan buruk di usia muda menjadi salah satu pemicu diabetes. Kebiasaan buruk tersebut antara lain:

  • Sering mengonsumsi minuman manis seperti kopi, boba, dan minuman kekinian yang mengandung gula cukup banyak.
  • Jarang atau tidak pernah sarapan. Kebiasaan buruk di usia muda ini bisa memicu gula di dalam darah menjadi tidak stabil, lalu tubuh menjadi lemas hingga mengganggu kadar insulin dan kontrol gula darah.
  • Kurang mengonsumsi sayuran. Sebagian anak muda memang tidak menyukai sayuran. Padahal sayuran seperti bayam dan brokoli bisa membantu mengontrol gula darah.
  • Terlalu sering mengonsumsi makanan berpati seperti pasta, kentang, dan roti putih. Makanan tersebut bisa membuat gula darah meningkat. Idealnya kita dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat bertepung hanya seperempat dari piring, lalu sisanya diisi dengan sayur dan buah-buahan.

Ginjal

Penyakit serius akibat kebiasaan buruk di usia muda
Ilustrasi Penyakit Ginjal / Foto: Freepik @user17222333

Berikutnya adalah ginjal. Memasuki usia 60 tahun, risiko masalah kesehatan pada ginjal semakin meningkat. Selain karena faktor ginjal yang ikut menua seiring pertambahan usia, penyakit serius di masa tua ini juga disebabkan oleh kebiasaan buruk saat muda.

Dilansi dari Health Shot dan The National Kidney Foundation, berikut kebiasaan buruk di usia muda yang memicu penyakit ginjal kronis di masa tua:

  • Kurang minum air putih. Idealnya tubuh membutuhkan kurang lebih 2 liter air putih per hari agar tubuh tidak kekurangan cairan. Jika kurang dari aturan tersebut, maka tubuh bisa dehidrasi dan mengganggu kinerja ginjal saat membersihkan natrium dan racun dari dalam tubuh.
  • Banyak mengonsumsi junk food. Makanan olahan yang mengandung natrium dan fosfor dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada ginjal dan memicu penyakit diabetes.
  • Sering begadang. Penelitian dari Boston’s Brigham and Women’s Hospital mengungkapkan bahwa jam tidur yang sedikit bisa mempercepat penurunan fungsi ginjal.

Jantung

Penyakit serius akibat kebiasaan buruk di usia muda
Ilustrasi Penyakit Jantung / Foto: Freepik @newafrica

Penyakit serius di masa tua yang terakhir adalah jantung. Dilansir dari Live Strong, beberapa kebiasaan buruk di usia muda yang menyebabkan penyakit kronis satu ini antara lain:

  • Kebiasaan merokok. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok seperti nikotin bisa mempersempit pembuluh darah dalam tubuh, salah satunya adalah jantung. Nikotin juga bisa menyebabkan pembekuan darah. Gumpalan darah ini akan menyumbat pembuluh darah yang menuju ke area jantung.
  • Mengonsumsi minuman alkohol. Para ahli mengatakan bahwa alkohol bisa mempengaruhi tekanan darah di dalam tubuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE