sign up SIGN UP

Memicu Asam Lambung, Sebaiknya 5 Makanan Khas Lebaran Ini Kamu Makan Sedikit Saja!

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Sabtu, 30 Apr 2022 15:30 WIB
Memicu Asam Lambung, Sebaiknya 5 Makanan Khas Lebaran Ini Kamu Makan Sedikit Saja!
caption
Jakarta -

Makanan Lebaran selalu nikmat dan buat kita ketagihan ingin tambah terus. Tapi perlu kamu tahu bahwa makanan khas Lebaran bisa memicu asam lambung. Lantaran jenisnya bermacam-macam, ada daging, ayam, hingga minuman bersoda. Maka tak jarang, bagi penderita maag setelah memakannya bisa menimbulkan rasa nyeri di perut.

Dihimpun dari DetikHealth, makanan khas Lebaran lebih baik dibatasi serta diseimbangi dengan makan-makanan tinggi serat seperti sayur dan buah. Nah, supaya kamu bisa tenang makan saat Lebaran, yuk, intip jenis makanan yang perlu kamu kurangi di bawah inI!

Makanan yang Banyak Daging

Makanan yang Banyak Daging
Ilustrasi daging/Foto: freepik/jcomp

Lebaran selalu identik dengan daging-dagingnya. Rasanya kayak ada yang kurang kalau kita belum makan daging. Namun, makan daging yang terlalu banyak tidak baik untuk penderita asam lambung, lho. Hal ini didukung oleh pendapat dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, spesialis pencernaan, bahwa makanan pemicu asam lambung ada daging dengan bumbu cukup tajam.

Nah, perlu kamu tahu, makanan dari daging khas Lebaran pemicu asam lambung ada rendang, semur, dan gulai daging. Untuk itu, kalau kamu mau makan daging dengan tenang saat Lebaran, makannya jangan berlebihan, ya, dan selalu sedia obat antasida atau asam lambung. 

Makanan Berlemak

Makanan Berlemak
Ilustrasi makanan berlemak/Foto: freepik/jcomp

Tak hanya daging yang memicu asam lambung, makanan berlemak juga bisa meningkatkan asam lambung. Penyebab karena makanan berlemak bisa memperlambat pencernaan, sehingga memperpanjang waktu produksi asam dalam lambung.

Makanan khas Lebaran yang berlemak tinggi ada opor ayam, gulai ayam, hingga gulai kikil. Dari sini kita tahu bahwa penyebab asam lambung naik tak hanya dari pola hidup yang buruk, tetapi juga dari makanan yang kurang sehat.

Makanan Pedas

Makanan Pedas
Ilustrasi makanan pedas/Foto: instagram/qiutin.kitchen

Selanjutnya ada makanan pedas pun bisa memicu asam lambung, hal ini karena di dalam cabai ada senyawa capsaicin. Itu mengapa pengidap asam lambung lebih baik menghindari makanan pedas jika tidak ingin penyakitnya kambuh. Sependapat dengan dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH, bahwa Kalau ada masalah pada lambung bisa lecet dan luka apabila ditambah makanan pedas.

Ada beragam makanan pedas yang bisa meningkatnya asam lambung, seperti sambal goreng kentang ati, ayam rica-rica, dan ayam balado. Kamu tetap boleh makan makanan tersebut asal dibatasi dan sebisa mungkin cabainya dikurangi, ya, Beauties.

Mie

Mie Instant
Mie/Foto: freepik/dashu83

Makanan yang lebih popular di santap setiap hari ini juga sering kita temukan saat Lebaran lantaran bumbunya yang lezat dan bikin kangen. Penderita maag harus hati-hati mengkonsumsi makanan ini, karena memiliki kandungan garam cukup tinggi. Mie juga sering dijadikan tambahan untuk soto atau mie goreng sebagai pelengkap lontong sayur.

Makanan Asam dan Minuman Bersoda

Minuman Bersoda
Ilustarsi soft drink/Foto: pexels/Breakingpic

Selalu tersedia di atas meja saat Lebaran. Makanan asam dan minuman bersoda ini bisa memperburuk asam lambung hingga membuat rasa tidak nyaman dalam lambung. Sajian Lebaran seperti garang asem dengan belimbing wuluhnya bisa memicu asam lambung naik.

Begitu juga saat bertamu ke rumah keluarga atau teman yang menyajikan minuman bersoda di meja. So, kalau kamu punya penyakit pencernaan, sebaiknya hindari ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id