sign up SIGN UP

Mengenal 6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Retno Anggraini | Beautynesia
Sabtu, 02 Apr 2022 13:00 WIB
Mengenal 6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!
caption
Jakarta -

Untuk kamu penikmat teh, pasti tidak asing dengan teh oolong. Atau mungkin jenis teh ini jadi minuman favorit kamu, Beauties? Nah, teh oolong ini satu keluarga dengan white tea, black tea, teh hijau, dan teh pu-erh karena berasal dari tanaman Camellia sinensis.

Telah digunakan sebagai penyembuhan tradisional, teh oolong juga punya segudang manfaat bagi tubuh, lho! Melansir dari Sencha Tea Bar, berikut 6 manfaat teh oolong untuk kesehatan yang belum banyak diketahui. Yuk, cari tahu!

Bantu Menurunkan Berat Badan

Bantu turunkan berat badan
Bantu turunkan berat badan/Foto: Pixabay.com/mojzagrebinfo

Berdasarkan sebuah penelitian, teh oolong mampu meningkatkan metabolisme dan dapat membantu menurunkan berat badan. Meski teh oolong mengandung kafein, namun sifat utama teh oolong adalah meningkatkan oksidasi lemak untuk bantu menurunkan berat badan.

Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Cegah penyakit jantung dan diabetes
Cegah penyakit jantung dan diabetes/Foto: Pixabay.com/stevepb

Para peneliti menemukan bahwa minum teh oolong setiap hari dapat bantu menurunkan kadar kolesterol dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dalam jangka panjang. Selain itu, kandungan polifenol dan katekin dalam teh oolong dapat membantu mencegah masalah diabetes.

Mencegah Gigi Berlubang dan Kesehatan Gigi

Merawat kesehatan gigi
Merawat kesehatan gigi/Foto: Pexels.com/Shiny Diamond

Fluorida yang merupakan senyawa alami pada daun teh oolong dapat membantu mencegah demineralisasi email gigi dan kerusakan gigi dengan mengisi kembali kalsium dan fosfor yang hilang. Senyawa ini juga dapat mencegah gigi berlubang.

Meningkatkan Energi

Meningkatkan energi
Meningkatkan energi/Foto: Pixabay.com/StockSnap

Teh oolong mengandung asam amino yang dapat membantu menghambat pelepasan kafein untuk meningkatkan energi. Mengonsumsi teh oolong juga dapat membantu membersihkan tubuh dari racun, serta kandungan antioksidan dalam teh oolong dapat membantu mencegah tubuh dari radikal bebas.

Mencegah Kanker

Mencegah kanker
Mencegah kanker/Foto: Pixabay.com/marijana1

Penelitian kecil menunjukkan bahwa teh oolong dapat menghambat kanker kulit, kanker paru-paru, dan kanker ovarium. Kandungan polifenol dalam teh oolong juga dapat melindungi sel dari kerusakan DNA dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Menajamkan Otak dan Meningkatkan Memori

Meningkatkan memori
Meningkatkan memori/Foto: Pixabay.com/PourquoiPas

Kandungan kafein pada teh oolong rupanya mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan kognitif otak dengan cara merangsang sistem saraf pusat otak. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa konsumsi kafein dalam jangka panjang mampu melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Selain meningkatkan fungsi kognitif otak, rutin konsumsi teh oolong juga dapat meningkatkan memori dalam jangka panjang. Teh oolong juga dapat menghambat aktivitas asetilkolinesterase, yaitu sebuah enzim yang memecah neurotransmitter otak yang melemah pada penyakit Alzheimer.

Itu dia beberapa manfaat teh oolong bagi kesehatan. Paket kombo ya, Beauties! Selain enak, kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat dari teh satu ini. Tertarik mengonsumsinya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id