STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Cuma Turunkan Berat Badan, 6 Diet Ini Juga Bisa Tingkatkan Kesehatan Hati

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Kamis, 24 Feb 2022 09:00 WIB
Nggak Cuma Turunkan Berat Badan, 6 Diet Ini Juga Bisa Tingkatkan Kesehatan Hati

Diet sering kali ditujukan hanya untuk menurunkan berat badan. Tetapi faktanya, diet yang dijalankan bisa memiliki manfaat kesehatan lainnya, lho. 

Ada beberapa diet yang tidak hanya berfungsi menurunkan berat badan, tapi juga bagus untuk meningkatkan kesehatan hati. Diet-diet ini memiliki spesifikasi khusus karena mendorong konsumsi makanan yang tinggi serat, lemak sehat, dan antioksidan yang memang terbukti mendukung kesehatan hati.

Lantas, diet apa saja yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan hati? Yuk, cari tahu!

Diet Mediterania

Gak Cuma Turunkan Berat Badan, Diet Berikut Juga Tingkatkan Kesehatan Hati
Diet Mediterania/Foto: pexels.com/Ella Olsson

Diet Mediterania menekankan pada makanan utuh yang diproses secara minimal, termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun extra virgin

Diet Mediterania juga memasukkan unggas seperti telur dan susu rendah lemak dalam daftar makanan yang harus dipenuhi. Diet ini juga menekankan untuk menghindari gula tambahan, karbohidrat olahan, makanan ringan yang diproses, dan daging merah olahan.

Dikutip dari Healthline, terdapat studi yang mengemukakan bahwa diet Mediterania dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan hati serta kematian sebesar 40 persen. 

Diet DASH

Gak Cuma Turunkan Berat Badan, Diet Berikut Juga Tingkatkan Kesehatan Hati
Diet Dash/Foto: pexels.com/Ella Olsson

DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension dan dirancang untuk membantu, mencegah serta mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Seperti diet Mediterania, diet DASH tidak mewajibkan daftar makanan yang ketat.

Sebagai gantinya, diet DASH memfokuskan pada makanan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak. Selain itu, diet ini juga membatasi daging merah tinggi lemak, biji-bijian olahan, dan gula tambahan.

Diet Vegan dan Vegetarian

Gak Cuma Turunkan Berat Badan, Diet Berikut Juga Tingkatkan Kesehatan Hati
Vegan&Vegetarian/Foto:pexels.com/Cats Coming

Diet vegan dan vegetarian adalah pola makan yang menghilangkan semua daging, termasuk unggas, daging merah, dan ikan. Sementara beberapa vegetarian memasukkan sumber produk hewani lainnya, seperti telur dan susu, 

Diet ini menekankan makanan yang berasal dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, produk kedelai, biji-bijian dan minyak nabati hingga lemak. Proporsi makanan nabati yang tinggi ini memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti nutrisi tinggi serat, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang semuanya membantu kesehatan hati dan jantung.

Diet Flexitarian

Gak Cuma Turunkan Berat Badan, Diet Berikut Juga Tingkatkan Kesehatan Hati
Diet Flexitarian/Foto: pexels.com/Foodie Factor

Diet Flexitarian adalah pola makan yang berfokus pada makanan nabati tetapi memungkinkan konsumsi jumlah daging, ikan, susu, dan produk hewani lainnya dalam jumlah sedang. Dari pola makan ini, seseorang akan mendapatkan protein dari makanan nabati.

Dibandingkan dengan diet vegan atau vegetarian yang ketat, diet Flexitarian dapat dijadikan pilihan diet jika seseorang masih menginginkan mengonsumsi daging dan produk hewani lainnya.

Diet TLC

Gak Cuma Turunkan Berat Badan, Diet Berikut Juga Tingkatkan Kesehatan Hati
Diet TLC/Foto: pexels.com/Alexander Mils

Diet Therapeutic Lifestyle Changes (TLC) dikembangkan oleh National Institutes of Health (NIH) untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan hati. Diet ini dianggap berhasil dengan meningkatkan asupan serat yang ditemukan dalam makanan seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian dan beberapa buah dan sayuran.

Asupan serat keseluruhan yang tinggi dikaitkan dengan kesehatan hati, dan serat larut khususnya telah terbukti mengurangi kadar kolesterol total.

Diet Rendah Karbohidrat 

Gak Cuma Turunkan Berat Badan, Diet Berikut Juga Tingkatkan Kesehatan Hati
Diet Rendah Karbohidrat/Foto: pexels.com/kaboompics

Diet rendah karbohidrat tidak hanya membatasi asupan karbohidrat, tetapi juga biasanya memilih bahan makanan yang tinggi protein. Diet karbohidrat cenderung membatasi makanan seperti roti, biji-bijian, pasta, kentang, makanan ringan dan minuman manis.

Penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat meningkatkan kesehatan jantung, hati, kelebihan berat badan, obesitas, dan tingkat tekanan darah.

Saat memilih diet, kamu perlu pertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas nutrisi, kesanggupan diri, dan apakah dapat mempertahankannya dalam jangka panjang. Dari diet di atas, metode diet mana yang ingin kamu coba, Beauties?

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE