sign up SIGN UP

Meski Jadi Diet Populer, Waspadai 6 Bahaya Diet Keto Bagi Kesehatan Tubuh Berikut Ini!

Retno Anggraini | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 11:45 WIB
Meski Jadi Diet Populer, Waspadai 6 Bahaya Diet Keto Bagi Kesehatan Tubuh Berikut Ini!
caption

Diet ketogenik atau diet keto merupakan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa jenis diet ini dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan.

Membatasi karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak dapat menyebabkan ketosis, yaitu kondisi di mana tubuh yang kekurangan karbohidrat akan membakar lemak sebagai sumber energi.

Meski begitu, ada beberapa bahaya diet keto yang harus kamu waspadai, Beauties. Melansir dari Healthline, berikut adalah bahaya diet keto yang wajib kamu tahu.

Dapat Menyebabkan Flu Keto

Menyebabkan flu keto
Menyebabkan flu keto/Foto: Freepik.com/katemangostar

Asupan karbohidrat dalam diet keto biasanya dibatasi kurang dari 50 gram per hari. Saat tubuh beralih menggunakan lemak sebagai bahan bakar, kamu mungkin akan mengalami flu keto saat melakukan diet ini di beberapa hari pertama.

Gejalanya seperti sakit kepala, mual, pusing, kelelahan, bahkan sembelit. Kebanyakan orang yang mengalami flu keto akan membaik dalam beberapa minggu. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dan konsumsi makanan yang kaya akan natrium, kalium, dan elektrolit lainnya.

Risiko Terkena Batu Ginjal

Kemungkinan terkena batu ginjal
Kemungkinan terkena batu ginjal/Foto: Freepik.com/jcomp

Makanan hewani yang tinggi lemak, seperti telur, daging, dan keju merupakan makanan pokok dalam diet keto karena tidak mengandung karbohidrat. Jika kamu mengonsumsi banyak makanan ini, kemungkinan kamu terkena batu ginjal akan lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan asupan makanan hewani yang tinggi dapat menyebabkan darah dan urin menjadi lebih asam, yang menyebabkan peningkatan eksresi kalsium dalam urin. Inilah mengapa orang yang memiliki penyakit ginjal kronis dilarang melakukan diet keto.

Dapat Menyebabkan Masalah Pencernaan

Menimbulkan masalah pencernaan
Menimbulkan masalah pencernaan/Foto: Freepik.com/diana.grytsku

Karena diet ini membatasi asupan karbohidrat, mungkin akan sulit memenuhi serat harian tubuh. Sumber makanan kaya akan serat tidak boleh dikonsumsi saat kamu melakukan diet ini karena terlalu banyak mengandung karbohidrat. Ini dapat menyebabkan sembelit dan menimbulkan masalah usus, lho!

Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi
Kekurangan nutrisi/Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik tidak menyediakan cukup kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor. Pola makan yang sangat rendah karbohidrat hanya mampu mencukupi 12 kebutuhan vitamin dan mineral saja.

Sedangkan per harinya, tubuh manusia membutuhkan 27 vitamin dan mineral dari makanan. Itulah sebabnya kemungkinan kamu akan kekurangan nutrisi saat melakukan diet ini.

Menyebabkan Gula Darah Rendah yang Berbahaya

Sebabkan kadar gula rendah
Sebabkan kadar gula rendah/Foto: Freepik.com/jcomp

Diet rendah karbohidrat telah terbukti membantu mengelola kadar gula darah pada penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik dapat membantu menurunkan kadar hemoglobin A1c, ukuran kadar gula darah rata-rata.

Meski diet rendah karbohidrat telah membantu mengontrol kadar gula darah penderita diabetes, diet ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gula darah rendah, terutama jika kamu memiliki diabetes tipe 1.

Meningkatkan Risiko Penyakit Kronis dan Kematian Dini

Tingkatkan risiko penyakit kronis
Tingkatkan risiko penyakit kronis/Foto: Freepik.com/jcomp

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat yang berfokus pada konsumsi makanan hewani dapat menyebabkan tingkat kematian yang lebih tinggi akibat penyakit jantung atau kanker, sementara diet yang menekankan pada sumber lemak dan protein nabati memberikan manfaat untuk kesehatan.

Itulah beberapa bahaya diet keto yang wajib kamu ketahui, Beauties. Jika kamu memang ingin melakukan diet ini, pastikan konsultasi terlebih dulu pada ahlinya untuk memastikan apakah diet ini cocok untuk kamu atau tidak.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id