STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Cuma Lansia, Usai Muda pun Rentan Alami Osteoporosis dan Ini Cara Mencegahnya!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 22 Oct 2022 10:30 WIB
Nggak Cuma Lansia, Usai Muda pun Rentan Alami Osteoporosis dan Ini Cara Mencegahnya!

Peringatan Hari Osteoporosis Sedunia setiap tanggal 20 Oktober setidaknya bisa menjadi pengingat bagi masyarakat agar lebih memperhatikan risiko kerapuhan tulang seiring berjalannya usia. Terlebih, WHO telah menyatakan osteoporosis sebagai silent desease yang menjadi ancaman nyata bagi kesehatan dunia.

Osteoporosis adalah suatu kondisi pengurangan kepadatan tulang yang pada akhirnya bisa berakibat fatal yakni patah tulang. Perempuan lebih berisiko tinggi mengalami osteoporosis ketimbang laki-laki.

Osteoporosis memang bergantung pada seberapa banyak massa tulang yang bisa dicapai di masa muda. Mengutip WebMD, tubuh membangun sekitar 90% massa tulang saat kamu berusia 18–20 tahun, dan mencapai puncaknya di usia 30 tahun. Namun, memasuki 35 tahun ke atas, kepadatan tulang terus berkurang secara bertahap. Itulah sebabnya osteoporosis seringkali dikaitkan dengan penyakit orang lanjut usia.

Meski begitu, pengeroposan tulang usia dini juga bisa dialami oleh anak-anak, remaja mau pun dewasa muda, loh!

Mengutip detikHealth (7/4/2021), osteoporosis bisa dialami oleh anak-anak dan remaja, antara usia 8 dan 14 tahun, jika pertumbuhan tulangnya tidak bagus, kekurangan nutrisi bagi tulang, serta minim aktivitas fisik. Ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Perhitungan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), dr Bagus Putu Putra Suryana, SpPD-KR.

Yuk, ketahui tentang osteoporosis usia dini lebih lanjut di halaman selanjutnya.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.