STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Nggak Dilarang Makan Enak, Ini 3 Trik untuk Menjaga Tubuh Tetap Langsing dan Sehat saat Musim Liburan!

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 06 Jan 2023 09:30 WIB
Nggak Dilarang Makan Enak, Ini 3 Trik untuk Menjaga Tubuh Tetap Langsing dan Sehat saat Musim Liburan!

Memasuki akhir tahun, musim liburan pun semakin di depan mata. Bersantai di tempat liburan impian, keliling kota, menginap di hotel, hingga menyantap makanan lezat identik dengan liburan. Namun, ada satu yang jadi kekhawatiran banyak orang saat liburan: mengalami kenaikan berat badan!

Karena suasana santai dan menyenangkan, kebanyakan orang jadi mengonsumsi lebih banyak makanan. Tak hanya itu, jenis makanan yang dikonsumsi juga cenderung kurang sehat, sebut saja junk food, gorengan, atau makanan lain yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Takut mengalami kenaikan berat badan atau diet gagal, akhirnya sebagian orang jadi tidak menikmati liburan, Beauties. Jika kamu juga mengalami dilema serupa, nggak perlu khawatir! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga badan tetap langsing dan diet tetap terjaga saat liburan. Dirangkum dari Eat This, Not That!, yuk simak!

Metode Self Reward

Jenis Karbohidrat yang Paling Gampang Bikin Perut BuncitIlustrasi/ Foto: Freepik/lookstudio

Liburan tidak terasa seperti liburan jika kamu membatasi diri dari makanan enak dan lezat. Walaupun memang, terkadang, definisi dari makanan lezat bagi kebanyakan orang seringnya tergolong makanan yang kurang sehat.

Namun, kamu tidak perlu begitu keras pada diri sendiri dengan menghindari sepenuhnya makanan enak, Beauties. Menurut pakar kebugaran Anthony J. Yeung, CSCS, kamu bisa menerapkan metode self reward.

Misalnya, kamu berhasil olahraga saat sedang berlibur. Kamu bisa menghadiahkan dirimu dengan sepotong dessert favorit yang menjadi incaranmu. Namun, jika kamu bermalas-malasan dan melewatkan olahraga, maka kamu mungkin harus menahan keinginan untuk menyantap kue tersebut.

Dengan berolahraga sebelum kamu memanjakan diri dengan camilan, kamu bisa mencegah penambahan lemak yang tidak diinginkan dan meningkatkan peluang untuk mengubah kalori tersebut menjadi otot.

Ikuti Aturan 80/20

Pola Makan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan MentalIlustrasi/Foto: Pexels.com/jer-chung

Daripada mengkhawatirkan makanan apa saja yang kamu konsumsi selama musim liburan, coba ikuti aturan 80/20. Fokuslah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sebanyak 80 persen, misalnya makanan yang mengandung protein tanpa lemak, sayuran, karbohidrat baik, dan lemak sehat. Perlu diingat, hindari makanan cepat saji olahan, ya, Beauties!

Jika kamu berhasil menerapkan makan sehat sebanyak 80 persen, maka sisanya, yaitu 20 persen, bisa kamu gunakan tanpa rasa khawatir untuk mengonsumsi makanan favoritmu saat liburan.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE