sign up SIGN UP

Nggak Lagi Khawatir Soal Berat Badan Terus Naik Setelah Lebaran Usai, Cobain Pola Diet Sehat Ini!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 06:00 WIB
Nggak Lagi Khawatir Soal Berat Badan Terus Naik Setelah Lebaran Usai, Cobain Pola Diet Sehat Ini!
caption

Setelah berpuasa satu bulan lamanya, saat Lebaran atau Idul Fitri menjadi momen yang paling ditunggu ya, Beauties. Bukan hanya karena bisa berkumpul bersama keluarga, tapi juga kehadiran berbagai makanan lezat yang siap untuk disantap. Mulai dari camilan gurih, kudapan manis, makanan berat, hingga berbagai menu yang berbahan dasar santan ataupun lemak.

Meskipun lezat saat disantap, hati-hati kalau tak dikontrol asupan makanan selama Lebaran bisa bikin berat badan naik. Salah satu cara buat mencegahnya agar nggak kejadian bisa menerapkan diet setelah Lebaran.

Mulai dari menerapkan pola hidup bugar dan diet sehat, menjaga berat badan tetap ideal pun bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

Simak cara menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal di bawah ini!

Hindari Minuman Bersoda

Menghindari minuman bersoda sebagai bagian dari pola diet setelah lebaran.
Cara menjaga berat badan kembali normal dengan diet sehat setelah lebaran/freepik/rawpixel.com

Selama Lebaran ada banyak menu yang menggiurkan untuk disantap. Tapi kamu harus tetap hati-hati dan memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh, Beauties. Salah satunya minuman bersoda yang sebaiknya kamu hindari. Dikutip dari NDTV seorang ahli gizi klinis bernama Huda Shaikh, minuman bersoda tinggi akan kadar gula.

Minuman ini juga tidak memiliki manfaat apapun dalam kesehatan tubuh. Dibanding minuman bersoda, cobalah untuk mengonsumsi cairan dengan kandungan protein. Selain baik bagi tubuh, protein di dalamnya membantu proses pencernaan sekaligus membantu kamu untuk bisa makan lebih sedikit.

Jalan-jalan di Sekitar Tempat Tinggal

Jalan-jalan atau jogging di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk pola diet setelah lebaran.
Cara menjaga berat badan kembali normal dengan diet sehat setelah lebaran/freepik/tirachardz

Ingin tetap bugar setelah Lebaran? Cobalah untuk tetap aktif bergerak, Beauties. Salah satu caranya dengan berjalan-jalan atau jogging di sekitar lingkungan tempat tinggal. Terapkan kebiasaan ini untuk mendapatkan tubuh yang bugar.

Selain itu, olahraga ringan yang satu ini juga membantu kamu lebih santai dan bahagia, lho. Berolahraga dengan rutin membuat tubuh dapat melepaskan hormon-hormon yang baik dan secara positif dapat mempengaruhi suasana hati hingga membantu mengatur nafsu makan.

Tambahkan Asupan Sayuran dalam Menu

Penuhi asupan sayuran sebagai bagian dari pola diet sehat setelah lebaran.
Cara menjaga berat badan kembali normal dengan diet sehat setelah lebaran/freepik/kamranaydinov

Sudahkah kamu menyantap sayuran hari ini, Beauties? Kalau belum, sebaiknya mulailah dari sekarang. Masih dilansir dari laman yang sama, Huda Shaikh mengungkap makan sayuran dapat membantu mengontrol sekaligus mengurangi nafsu makan.

Sayuran punya nutrisi penting yang membuat kamu merasa kenyang dan menjadi pengalih menu makanan yang tinggi kalori ataupun membuat berat badan naik.

Makan dengan Perlahan

Makan dengan perlahan untuk menjaga berat badan setelah lebaran.
Cara menjaga berat badan kembali normal dengan diet sehat setelah lebaran/freepik/senivpetro

Di antara berbagai pilihan menu yang memiliki kandungan gula yang tinggi ataupun berminyak, kalau nggak dikontrol dengan baik justru bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan setelah Lebaran, Beauties. Biar nggak terjadi cobalah untuk menahan diri dan menyantapnya secara perlahan.

Melansir dari India Times, makan dengan perlahan membantu tubuh mengenali sinyal kapan harus berhenti saat sudah merasa kenyang. Perhatikan sinyal-sinyal ini dengan baik dan pastikan jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Biasakan untuk Mengontrol Jumlah Kalori

Mengontrol asupan kalori untuk membantu dalam menjaga berat badan tetap ideal.
Cara menjaga berat badan kembali normal dengan diet sehat setelah lebaran/freepik/rawpixel.com

Menjaga berat badan agar normal kembali setelah Lebaran juga bisa kamu lakukan dengan membiasakan diri mengontrol jumlah kalori yang disantap tiap harinya. Cobalah untuk mengatur jumlah porsi yang dimakan secukupnya.

Selain itu beri jarak waktu saat mengonsumsi menu yang satu dengan lainnya. Buat membantu dalam menjaga berat badan, mengonsumsi buah dan sayuran sebelum menyantap menu berkalori tinggi dianjurkan buat dilakukan, Beauties. Selamat mencoba, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation.  Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id