STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Perempuan Wajib Catat! 7 Makanan Tinggi Kolagen Ini Bisa Bantu Cegah Penuaan Dini

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 04 Feb 2022 07:15 WIB
Perempuan Wajib Catat! 7 Makanan Tinggi Kolagen Ini Bisa Bantu Cegah Penuaan Dini

Sering kali kita temui produk skincare yang mengandung kolagen. Sebenarnya, Beauties tahu tidak apa kolagen itu? Jadi, kolagen merupakan suatu protein yang jumlahnya paling berlimpah pada tubuh manusia. Kulit yang lentur dan juga kencang merupakan ciri tubuh cukup akan kolagen.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh pun akan semakin berkurang. Inilah yang menyebabkan kulit menjadi keriput dan terlihat tua. Selain menggunakan skincare dengan kandungan kolagen, alangkah baiknya diimbangi dengan konsumsi makanan yang kaya kolagen.

Dihimpun dari Healthline, berikut tujuh makanan penghasil kolagen alami yang bisa bantu cegah penuaan dini. Yuk, cari tahu!

Ayam

Kandungan kolagen dalam daging ayam
Kandungan kolagen dalam daging ayam/Foto: Pexels.com/JÉSHOOTS

Ayam mengandung asam amino yang merupakan zat pembentuk kolagen. Jaringan ikat pada ayam menjadikan daging satu ini sebagai sumber makanan yang kaya akan kolagen alami. Bahkan, beberapa penelitian menggunakan leher dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen untuk pengobatan radang sendi.

Ikan

Kandungan kolagen dalam ikan
Kandungan kolagen dalam ikan/Foto: Pexels.com/Kseniya Chernaya

Ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa ahli meyakini bahwa kolagen dari hewan laut merupakan salah satu kolagen yang lebih mudah dicerna. Bagian ikan yang memiliki banyak kolagen adalah kepala, bola mata, dan sisik. Beberapa peneliti juga memakai sisik ikan sebagai sumber peptida kolagen.

Buah Citrus

Kandungan kolagen dalam buah citrus
Kandungan kolagen dalam buah citrus/Foto: Pexels.com/Anna Tukhfatullina Food Photohrapherstylist

Buah citrus seperti jeruk, lemon, dan limau memang bukan makanan sumber kolagen. Namun, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah-buahan ini membantu pembentukan prokolagen yang menjadi bahan baku kolagen dalam tubuh. Selain dikonsumsi langsung, kamu bisa menambahkan potongan buah citrus dalam salad, lho!

Buah-Buahan Tropis

Kandungan kolagen dalam buah-buahan tropis
Kandungan kolagen dalam buah-buahan tropis/Foto: Pexels.com/Any Lane

Tidak hanya mengandung vitamin C, buah-buahan tropis seperti mangga, nanas, jambu biji, dan kiwi pun memiliki kandungan seng yang merupakan faktor pendukung untuk produksi kolagen. Kamu bisa konsumsi buah-buahan ini layaknya salad, namun tanpa tambahan susu dan yoghurt, ya!

Bawang Putih

Kandungan kolagen dalam bawang putih
Kandungan kolagen dalam bawang putih/Foto: Pexels.com/Isabella Mendes

Meski tidak mengandung kolagen di dalamnya, bawang putih kaya akan sulfur yang merupakan trace mineral untuk membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen dalam tubuh. Namun yang harus diperhatikan, gunakan bawang putih dalam jumlah yang wajar, ya. Sebab penggunaan bawang putih dalam jumlah banyak juga dapat merusak kesehatan, lho

Kacang-Kacangan

Kandungan kolagen dalam kacang-kacangan
Kandungan kolagen dalam kacang-kacangan/Foto: Pexels.com/Pixabay

Kacang-kacangan merupakan makanan berprotein tinggi dan mengandung asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga kaya akan tembaga, yaitu nutrisi lain yang dibutuhkan untuk produksi kolagen.

Paprika

Kandungan kolagen dalam paprika
Kandungan kolagen dalam paprika/Foto: Pexels.com/Pixabay

Paprika juga merupakan sayuran yang tinggi akan vitamin C. Tidak hanya itu, paprika juga mengandung capsaicin dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu memerangi tanda-tanda penuaan.

Itulah tujuh makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE