sign up SIGN UP

Pernah Merasa Gatal-gatal Setelah Mandi? Ini 4 Alasan yang Bisa Jadi Penyebabnya!

Ika Nur Amalia | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 06:30 WIB
Pernah Merasa Gatal-gatal Setelah Mandi? Ini 4 Alasan yang Bisa Jadi Penyebabnya!
caption

Mandi biasanya menjadi ritual wajib sebelum mengawali rutinitas harian. Lumrahnya mandi dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi hari sebelum beraktivitas, dan sore hari setelah beraktivitas. Beauties sendiri mandi berapa kali sehari?

Selain membersihkan tubuh dari berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit, mandi juga membuat tubuhmu terasa lebih segar. Tapi pernah nggak sih Beauties justru mengalami gatal-gatal setelah mandi? Nah ini beberapa alasan yang bisa menjadi penyebabnya Beauties!

1) Kulit Kering

Ilutrasi berendam dalam air
Ilutrasi berendam dalam air /Foto: Ekaterina Bolovtsova/Pexels

Pada beberapa orang, rasa gatal yang muncul setelah mandi dapat dilatarbelakangi oleh alasan yang cukup sederhana, yaitu karena kulit menjadi kering setelah mandi. Ini dapat disebabkan karena air dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, terutama saat kamu memilih mandi dengan air hangat.

Kulit yang kehilangan minyak alaminya tentu berpengaruh pada kelembapan kulit dan bisa menimbulkan iritasi. Demikian yang dilansir pada laman Very Well Health.

2) Sensitif Terhadap Produk Perawatan yang Digunakan

Produk perawatan seperti sabun yang kamu gunakan juga bisa menjadi penyebab timbulnya rasa gatal setelah mandi. Seperti yang dilansir pada laman Healthline, produk sabun yang keras barangkali nggak harus selalu meninggalkan ruam pada kulit. Namun, produk yang nggak cocok biasanya bisa menimbulkan rasa gatal setelah digunakan.

Menggunakan sabun
Menggunakan sabun /Foto: Sarah Chai/Pexels

Beberapa produk perawatan yang disertai dengan tambahan wewangian dengan aroma tertentu, sebagian besar memang banyak disukai. Meski begitu, pada beberapa orang produk tersebut justru bisa menimbulkan reaksi alergi yang menyebabkan gatal-gatal. Kondisi seperti ini menurut yang dilansir pada laman Medical News Today dinamakan dermatitis kontak.

3) Eksim

Eksim mengacu pada peradangan kulit yang menyebabkan gatal dan kulit menjadi kering. Bodywash beraroma yang kamu gunakan atau air panas dari shower juga bisa memicu timbulnya rasa gatal. Demikian yang dilansir pada laman Medical News Today.

4) Reaksi Terhadap Produk Laundry

Nggak hanya produk perawatan kulit, produk laundry seperti detergen yang mengandung wewangian, juga bisa menyebabkan gatal setelah mandi. Ini bisa terjadi pada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap produk tertentu.

Produk pembersih
Produk pembersih /Foto: Anna Shvets/Pexels

Reaksi ini bisa terjadi jika kamu menggunakan produk beraroma pada handukmu. Handuk yang kamu gunakan setelah mandi dapat memindahkan beberapa wewangian dari sabun cuci atau pelembut kain ke kulitmu dan memicu alergi.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa seseorang bisa merasakan gatal setelah mandi. Sebagai upaya pencegahan, kamu perlu menggunakan produk pelembap setelah mandi. Selain itu, mengganti sabun mandi dan detergen ataupun produk pelembut pakaian, juga bisa kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan timbulnya gatal setelah mandi.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id