sign up SIGN UP

Perut Buncit Bisa Hilang dengan Secangkir Teh Setiap Hari, Mitos atau Fakta?

Nubira Maisty | Beautynesia
Sabtu, 16 Oct 2021 09:00 WIB
Perut Buncit Bisa Hilang dengan Secangkir Teh Setiap Hari, Mitos atau Fakta?
caption

Memiliki tubuh yang langsing dan sehat adalah impian dari semua orang. Banyak cara yang diupayakan untuk mendapatkan tubuh langsing dan sehat mulai dari mengatur pola makan, rutin berolahraga hingga mengelola waktu istirahat secara optimal.

Beberapa orang yang sudah terlanjur mengalami kenaikan berat badan bahkan rela untuk melakukan diet ekstrem hingga mengonsumsi pil atau obat diet yang memiliki banyak efek samping untuk kesehatan yang cenderung tidak baik

Rutin berolahraga merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan tubuh langsing dan sehat.
Langsing dan Sehat/Sumber: Unsplash.com

.Sebuah penelitian menyebutkan, ternyata penurunan berat badan tidak hanya soal diet maupun olahraga yang ekstrem lho! Namun, ada juga beberapa makanan dan minuman yang perlu kita konsumsi secara rutin untuk memproduksi hormon tertentu pada tubuh sehingga tubuh akan membantu kita untuk melancarkan metabolisme hingga menahan nafsu makan kita lho!

Ternyata, ada sebuah teh merah asal Afrika Selatan yang memiliki peran untuk mengurangi berat badan, teh tersebut adalah teh rooibos. Kebanyakan penggemar teh rooibos ini berasal dari Afrika dan Amerika karena teh ini sangat banyak khasiatnya.

Diketahui juga bahwa teh ini mengandung antioksidan yang tinggi dan bebas kafein sehingga aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan dan bisa dinikmati di semua waktu baik itu pagi, siang ataupun malam.

Teh rooibos adalah teh merah yang berasal dari Afrika Selatan.
Teh Merah Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Lalu bagaimana cara kerja teh ini dalam mengurangi berat badan? Teh rooibos ini selain bebas kafein,ternyata bebas kalori juga. Faktor nol kalori pada teh ini terbukti mampu mempercepat proses metabolism dalam tubuh.

Selain itu, jumlah antioksidan yang tinggi pada teh ini juga dapat meningkatkan kadar leptin yang dapat membantu pengelolaan berat badan. Sebuah, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan aspalathin pada teh rooibos dapat membantu mengurangi lemak, meningkatkan metabolisme lemak, dan memblokir pembentukan sel lemak.

Ketiga faktor tersebut semakin menguatkan alasan mengapa teh rooibos dapat membantu kita dalam mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Sebuah penelitian di Amerika juga menyebutkan kandungan magnesium yang tinggi pada teh rooibos secara signifikan dapat mengurangi kadar kortisol atau hormon stress. Seperti yang diketahui, ketika seseorang merasa stress, tubuh orang tersebut akan memproduksi banyak hormon kortisol.

Hormon kortisol atau biasa disebut sebagai hormon stress ini dapat memicu rasa lapar yang tinggi walaupun kondisi sebenarnya tubuh tidak memerlukan asupan makanan. Kadar kortisol yang tinggi dalam tubuh akan berefek pada penimbunan lemak yang tidak hanya menyebabkan gemuk dan perut buncit, namun dapat menjadi penyebab berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang merugikan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id