STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Puasa tapi Berat Badan Naik, Mungkin 3 Hal Sepele Ini Penyebabnya

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Kamis, 21 Apr 2022 04:00 WIB
Puasa tapi Berat Badan Naik, Mungkin 3 Hal Sepele Ini Penyebabnya

Menempuh perjalanan di bulan suci Ramadan 2022 tidak sedikit orang beresolusi untuk menjadi lebih baik  lagi, mulai dari ibadah sampai penampilan. Karena itu, sebagian orang memanfaatkan momen puasa sebagai ajang menurunkan berat badan.

Tidak memberikan asupan makanan ke dalam tubuh selama kurang lebih 14 jam tidak selalu menjamin berat badanmu turun secara instan, lho. Masih ada stigma yang berkembang mengenai pola makan dengan penurunan berat badan yang perlu dipahami.

Memastikan tubuh tetap fit dalam menjalani ibadah puasa merupakan salah satu kunci lancarnya metabolisme. Dihimpun dari Pop Sugar, yuk  cari tahu apa saja yang mungkin menghambat penurunan berat badan di bulan puasa.

Kekurangan Cairan dalam Tubuh

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kenaikan berat badan selama berpuasa.
Dehidrasi menyebabkan kenaikan berat badan/foto: freepik.com/freepik

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh mampu menjadi penyebab naiknya berat badan, lho, Beauties. Asupan mineral yang kurang dapat memacu balas dendam ketika berbuka puasa. Nafsu makan yang kurang terkontrol akan membantu menaikkan berat badan, meski kamu sudah berpuasa seharian penuh.

Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan

Makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan selama berpuasa dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
Makanan manis dapat menaikkan berat badan/foto: freepik.com/jcomp

Berbuka puasa sangat dianjurkan dengan yang manis-manis, tapi bukan berarti memilih porsi secara berlebihan. Momen berbuka puasa yang ditunggu-tunggu tidak jarang menjadikan hawa nafsu untuk memakan banyak makanan lezat semakin meningkat.

Mulai smart di Ramadan, yuk, dengan memilih porsi makan secara tepat untuk berbuka dan sahur agar berat badanmu tidak naik tanpa kontrol. Konsumsi makanan sehat yang mampu menjadi sumber energi selama berpuasa.

Bermalas-malasan Sepanjang Hari

Hindari bermalas-malasan dengan memanfaatkan momen ramadan 2022 agar lebih produktif.
Bermalas-malasan dapat menyebabkan kenaikan berat badan selama puasa/foto: freepik.com/jcomp

Berpuasa bukan berarti menjadi kesempatan untukmu bermalas-malasan sepanjang hari, Beauties. Tidak ada salahnya bangkit dari tempat tidur dan mencoba kegiatan yang lebih produktif untuk dilakukan.

Memanfaatkan momen Ramadan 2022 yang penuh berkah bisa kamu habiskan dengan memperbanyak amal ibadah sebagai sarana mendekatkan diri kepada pencipta. Selain itu, coba lakukan olahraga kecil agar tubuhmu tetap bugar.

Sebisa mungkin hindari masalah di atas agar momen ramadanmu tidak terbuang sia-sia. Maksimalkan kebugaran tubuhmu dengan menjaga asupan makan dan melakukan kebiasaan baik. Siap-siap tampil menawan di Hari Raya tanpa perlu takut berat badanmu bertambah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE