sign up SIGN UP

Dear Pecinta Gorengan, Menurut Dokter Ini Batas Maksimal Makan Gorengan Saat Bulan Puasa!

Octavia Dewi | Beautynesia
Sabtu, 16 Apr 2022 14:00 WIB
Dear Pecinta Gorengan, Menurut Dokter Ini Batas Maksimal Makan Gorengan Saat Bulan Puasa!
caption

Beauties, makan gorengan untuk berbuka puasa tentunya memang terasa sangat nikmat, terlebih didampingi oleh es buah atau teh hangat. Namun, mengonsumsi terlalu banyak gorengan juga tidak baik bagi kesehatan kamu.

Maka dari itu, makan gorengan juga memilih batas maksimal untuk dikonsumsi. Dilansir dari detikHealth , ini dia batas maksimal mengkonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Yuk, simak!

1. Cukup Konsumsi Satu Gorengan

Cukup Konsumsi Satu Gorengan
Cukup Konsumsi Satu Gorengan/Foto: Freepik.com/Jcomp

Seorang dokter spesialis gizi di Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Diana Suganda mengatakan bahwa mengonsumsi gorengan cukup satu buah saja.

Gorengan biasanya terbuat dari campuran tepung dan digoreng di minyak yang banyak terlebih jika menggunakan minyak bekas dapat mengundang kolesterol jahat bagi tubuh. Gorengan berbeda dengan buah dan sayur yang apabila dikonsumsi semakin banyak maka semakin sehat. Maka, cukup mengonsumsi gorengan satu buah saja!

2. Tidak Mengonsumsi Gorengan Setiap Hari

Tidak Mengonsumsi Gorengan Setiap Hari
Tidak Mengonsumsi Gorengan Setiap Hari/Foto: Freepik.com/Marymarkevich

Konsumsi gorengan juga jangan dilakukan setiap hari selama berpuasa. Kamu dapat mengurangi frekuensi makan gorengan dapat diganti dengan buah kurma.

Misalnya kamu biasa mengonsumsi gorengan setiap hari, maka kamu dapat mengurangi jadi seminggu dua kali. Kamu dapat mengganti menu gorengan dengan menu lain seperti kurma.

3. Dibarengi dengan Konsumsi Sayuran

Dibarengi dengan Konsumsi Sayuran
Dibarengi dengan Konsumsi Sayuran/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Kamu dapat mengonsumsi gorengan disertai dengan sayur-sayuran. Sebab, dengan kamu mengonsumsi sayuran maka gorengan tidak akan menyerap kolesterol terlalu tinggi. Di dalam sayuran mengandung serat yang dapat menghambat penyerapan lemak.

Contohnya saat kamu mengonsumsi bakwan dapat dibarengi dengan makan sayur bayam. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah yang memiliki serat tinggi saat berpuasa.

Nah Beauties, itu dia batas maksimal mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Sebab, bahaya jika makan gorengan terlalu banyak saat buka puasa karena tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Usahakan kamu dapat meminimalisir makan gorengan ya, lebih baik konsumsi makanan yang bernutrisi dan baik bagi tubuh saat berbuka seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Semoga bermanfaat! 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id