STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Saat Terpaksa Harus Buka Puasa di Jalan, 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan ya Beauties!

Zeyra Haya | Beautynesia
Sabtu, 23 Apr 2022 11:00 WIB
Saat Terpaksa Harus Buka Puasa di Jalan, 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan ya Beauties!

Berbuka puasa menjadi salah satu momen istimewa yang hanya kita temukan di bulan Ramadan. Menyegerakan berbuka puasa adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat Muslim. Lantas bagaimana jika kita masih berada di jalan saat waktu berbuka?

Berbuka puasa di jalan tentu menjadi momen yang tidak asing bagi para pekerja di Ibu Kota. Jam pulang kantor yang mendekati petang ditambah kemacetan jalanan perkotaan terpaksa membuat kita harus berbuka puasa di jalan.

Bagi kamu yang sedang mengalami momen ini, nggak perlu khawatir. Karena kita tetap bisa menikmati indahnya berbuka puasa meski masih di jalan. Namun, kamu perlu memperhatikan beberapa hal saat kamu terpaksa berbuka di jalan.

Terpaksa Buka Puasa di Jalan? Perhatikan 4 Hal Ini!

Beauties, beberapa hal perlu kamu perhatikan saat kamu berbuka puasa di jalan. Melansir dari DetikHealth, berikut adalah beberapa tips berbuka puasa di jalan.

1. Utamakan Air Putih

Berbuka puasa di jalan nggak harus repot. Utamakan minum air putih untuk memenuhi cairan tubuh/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Berbuka puasa di jalan nggak harus repot. Utamakan minum air putih untuk memenuhi cairan tubuh/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat terpaksa berbuka puasa di jalan, dr. A.R Inge Permadhi, MS, SpGK menyarankan untuk mengutamakan konsumsi air putih. Berbuka dengan minum air bertujuan agar kebutuhan cairan tubuh dapat segera tergantikan.

Sehingga tubuh akan segar dan lebih berkonsentrasi saat harus menyetir kendaraan atau naik angkutan umum. Namun, sebisa mungkin hindari air putih dingin atau air es saat berbuka puasa. Karena bahaya es justru akan mengintai kesehatan tubuh. 

2. Pilihlah Makanan Manis

Saat berbuka di jalan, utamakan makanan dan minuman manis untuk mengganti energi tubuh/Foto: pexels.com/cottonbro
(Saat berbuka di jalan, utamakan makanan dan minuman manis untuk mengganti energi tubuh/Foto: pexels.com/cottonbro)

Makanan manis menjadi pilihan makanan yang juga harus diutamakan saat terpaksa berbuka puasa di jalan. Setelah berpuasa seharian, tubuh membutuhkan asupan gula untuk mengembalikan energi.

Memakan camilan, roti manis dan teh manis atau jus buah jadi rekomendasi menu buka puasa sehat yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa di jalan.

“Jika terpaksa harus berbuka puasa di jalan, persiapkan bawa bekal seperti teh manis, biskuit atau kue-kue kecil,” kata dr. Inge.

3. Hindari Junk Food

Saat terpaksa berbuka puasa di jalan, sebisa mungkin hindari konsumsi Junk Food. Ini bahayanya/Foto: pexels.com/MART PRODUCTION
(Saat terpaksa berbuka puasa di jalan, sebisa mungkin hindari konsumsi Junk Food. Ini bahayanya/Foto: pexels.com/MART PRODUCTION)

Meski harus berbuka di jalan, bukan berarti kamu boleh sembarangan makan. Utamakan buka puasa sehat, sebisa mungkin hindari makanan junk food atau restoran cepat saji.

Bukan tanpa alasan, junk food justru dapat mengganggu kesehatan. Makanan ini juga tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik sehingga kita akan mudah lapar kembali bahkan sebelum sampai rumah.

4. Air Putih dan Kurma Jadi Rekomendasi

Sesuai Sunnah Rosul, segelas air putih dan 3 buah kurma jadi menu buka puasa sehat saat kamu terpaksa berbuka puasa di jalan/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Sesuai Sunnah Rosul, segelas air putih dan 3 buah kurma jadi menu buka puasa sehat saat kamu terpaksa berbuka puasa di jalan/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips berbuka puasa di jalan yang terakhir dari Dr. Saptawati Bardosono, MSc adalah mengonsumsi 3 buah kurma dan air putih. Sesuai sunnah Nabi, berbuka dengan menu ini juga terbukti secara medis baik untuk kesehatan.

Dr. Saptawati atau yang akrab disapa dr. Tati ini menjelaskan bahwa berbuka dengan kurma dan air putih dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

“Dengan begitu bisa langsung mengatasi kekurangan cairan tubuh dan menaikkan gula darah serta menahan rasa lapar beberapa saat,” jelasnya.

Beauties, itulah beberapa tips berbuka puasa di jalan bagi kamu yang masih terjebak macet atau dalam perjalanan saat waktu berbuka puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 2022!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE