sign up SIGN UP

Satu Gerakan Olahraga Ini Nggak Cuma Bikin Sehat, tapi Bisa Jadi Body Goals dan Terhindar Perut Buncit!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Minggu, 15 May 2022 13:00 WIB
Satu Gerakan Olahraga Ini Nggak Cuma Bikin Sehat, tapi Bisa Jadi Body Goals dan Terhindar Perut Buncit!
Manfaat Rajin Olahraga Rquat/ Foto: Pexels.com/ Andrea P.

Squat merupakan salah satu gerakan olahraga yang paling digemari. Pasalnya, olahraga sederhana ini dapat dilakukan dari mana saja, kapan saja, sekaligus sangat efektif dalam mengencangkan tubuh bagian bawah.

Tidak jarang squat disebut sebagai salah satu olahraga yang dapat membantu kita mendapatkan body goals, Beauties. Jadi, apa saja manfaat olahraga squat bagi tubuh kita? Berikut adalah manfaat olahraga squat yang perlu kamu ketahui. Simak di sini ya!

1. Mendapatkan Perut Rata 

manfaat olahraga squat/
manfaat olahraga squat/ Foto: Pexels.com/ Ketut Subiyanto

Melansir CNN Indonesia, manfaat olahraga squat yang pertama adalah kamu bakal mendapatkan perut rata, jika dilakukan secara rutin. Ini karena gerakan squat menitikberatkan beban di daerah dada dan punggung. 

Gerakan squat juga membuat otot kecil dan besar berkontraksi, dan dikombinasikan dengan otot inti besar dan kecil, serta memberikan tarikan maksimal pada perut. Sehingga, gerakan squat mampu membakar kalori ekstra dan mengempiskan perut. 

 2. Meningkatkan Keseimbangan dan Kekuatan

manfaat olahraga squat/
manfaat olahraga squat/ Foto: Pexels.com/ Pixabay

Squat merupakan gerakan yang melatih keseimbangan dan kekuatan tubuhmu, Beauties. Ketika kamu melakukan gerakan squat dengan menahan posisi setengah jongkok, maka ototmu dituntut untuk menopang berat tubuhmu dan menyeimbangkannya. 

Sehingga, gerakan ini pun meningkatkan kekuatan dan keseimbangan kakimu. Kedua hal ini penting untuk dilatih seiring bertambahnya usia kita. 

3. Membangun Massa Otot

manfaat olahraga squat
manfaat olahraga squat/ Foto: Pexels.com/ Li Sun

Melansir detikHealth, olahraga squat sangat membantu dalam membangun massa otot tubuh, terutama di bagian sekitar kaki. Ini karena olahraga squat berhubungan dengan kaki yang meliputi bagian paha belakang, paha depan, dan betis. 

Sehingga, dengan secara rutin melakukan olahraga squat, kamu dapat membangun otot dan membakar lemak dengan lebih baik di bagian tersebut. Lemaknya akan diubah menjadi otot yang kencang. 

4. Mencegah Terjadinya Cidera 

manfaat olahraga squat
manfaat olahraga squat/ Foto: Pexels.com/ Carolina G.

Manfaat olahraga squat yang selanjutnya adalah dapat mencegah terjadinya cedera, karena meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian bawah, jaringan, dan ligamen. Selain itu, olahraga tersebut juga meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. 

Cedera biasanya terjadi di bagian kaki. Maka, olahraga squat bermanfaat mengurangi risiko cedera di bagian kaki, karena fleksibilitas kaki telah terlatih. 

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

manfaat olahraga squat
manfaat olahraga squat/ Foto: Pexels.com/ Andrea P.

Squat merupakan olahraga yang membangun pembentukan otot, sekaligus memicu pelepasan hormon testosteron serta hormon pertumbuhan massa otot. Ini akan membantu menjaga metabolisme tubuh karena kadar glukosa dan lemak dalam tubuh tetap terjaga. 

Sehingga, tubuh akan tetap terlindungi dari berbagai risiko penyakit, contohnya seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. 

Beauties, itu dia deretan manfaat olahraga squat. Bagaimana, kamu tertarik mencobanya nggak nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id