sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Anak Muda yang Bisa Bikin Perut Buncit, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 14:00 WIB
5 Kebiasaan Anak Muda yang Bisa Bikin Perut Buncit, Ada yang Sering Kamu Lakukan?
caption
Jakarta -

Masalah perut buncit bisa dialami oleh semua kalangan, dari anak muda, dewasa, hingga orangtua. Menghilangkan lemak di perut memang bukan hal yang mudah dan sering kali membuat sebagian orang frustasi. Umumnya, mereka kesulitan untuk menyadari apa penyebab yang bisa memicu perut buncit.

Di kalangan anak muda sendiri, ada berbagai penyebab yang bisa menyebabkan perut buncit, salah satunya dari kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari. Sering dilakukan, tanpa disadari kebiasaan buruk tersebutlah yang pada akhirnya bisa menambah tumpukan lemak di perut.

Lantas, kebiasaan anak muda apa saja yang bisa bikin perut buncit? Dirangkum dari Eat This, Not That!, yuk simak ulasannya!

Scrolling Media Sosial di Tempat Tidur

Scroll sosial media di tempat tidur bisa membuat gangguan tidur dan kenaikan berat badan/ Foto: Freepik.comIlustrasi bermain media sosial/Foto: Freepik.com

Salah satu kebiasaan anak muda adalah gemar scrolling atau berselancar di media sosial sembari berbaring atau rebahan di tempat tidur. Biasanya kebiasaan ini dibarengi dengan menyantap camilan kesukaan.

Hal ini pada akhirnya bisa membuat kamu makan berlebih, Beauties. Sebuah studi oleh Lighting Research Center di Rensselaer Polytechnic Institute menemukan bahwa cahaya yang dipancarkan dari gadget sebenarnya menekan produksi melatonin di otak. Ini adalah hormon tidur utama untuk tubuh, jadi ketika tubuh tidak cukup memproduksinya, kamu bisa menderita komplikasi tidur yang bisa memicu perut buncit.

Selain itu, sebuah studi di Pediatric Obesity menemukan siswa dengan akses ke satu perangkat elektronik di kamar tidur mereka 1,47 kali lebih mungkin untuk mengalami kelebihan berat badan dibandingkan mereka yang tidak memiliki perangkat di kamar tidur. Hal ini meningkat menjadi 2,57 kali untuk anak muda yang memiliki tiga perangkat.

Kurang Tidur

Kurang tidur menyebabkan kinerja otak menurunIlustrasi kurang tidur/Foto: Pexels.com/cottonbro

Begadang seakan menjadi salah satu rutinitas anak muda, terlebih bagi mereka yang memiliki aktivitas begitu padat. Namun kurang tidur akibat begadang pada akhirnya bisa membuat berat badan naik dan perut buncit, nih, Beauties!

Menurut peneliti Wake Forest, pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak. Sedangkan mereka yang tidur lebih dari delapan jam tidak memiliki lemak perut sebanyak itu.

National Sleep Foundation menyarankan tujuh hingga delapan jam tidur untuk kebanyakan orang dewasa. So, kurangi kebiasaan begadang, ya, Beauties!

Makan Terlalu Sedikit

Foto: penyebab kenaikan berat badan/freepik.comIlustrasi diet/Foto: Freepik

Buat kamu yang sedang diet atau ingin meratakan perut buncit, mungkin kamu berpikir makan dalam porsi sedikit bisa menjadi solusi. Sudah lama beredar anggapan bahwa makan sesedikit mungkin adalah cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, hal ini keliru.

"Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan peningkatan hasrat dan berpotensi merasa lebih tidak terkendali di sekitar makanan, tetapi kelaparan dapat memperlambat metabolisme Anda melalui termogenesis adaptif," kata Lisa Moskovitz, ahli diet terdaftar di NY Nutrition.

Sering Makan Bersama Banyak Orang

Ilustrasi makan bersama keluargaIlustrasi makan bersama/ Foto: pexels.com/fauxels

Makan bersama teman-teman sembari bertukar cerita memang menjadi agenda menyenangkan bagi anak muda. Namun, tahukah kamu, Beauties? Saat kamu makan bersama orang lain, kamu mengonsumsi rata-rata 44 persen lebih banyak makanan dibanding saat makan seorang diri.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menemukan bahwa makanan yang dimakan dengan satu orang lain akan meningkat 33 persen dibanding saat makan sendirian. Jika makan bersama empat, enam, hingga lebih delapan orang, maka kamu bisa menyantap makanan sebanyak 96 persen lebih banyak. Angka yang fantastis, bukan?

Terdistraksi saat Makan

Apakah kamu senang melakukan kegiatan lain sembari menyantap makanan, Beauties? Seperti menonton tv, membaca buku, atau bermain media sosial di ponsel? Jika ya, bisa jadi kebiasaan ini yang memicu timbulnya perut buncit.

Menurut ahli gizi Leslie Schiling, ketika pikiran berfokus pada hal lain selain makanan, maka kamu akan kesulitan mengidentifikasi apakah kamu sudah benar-benar kenyang setelah makan.

"Sulit untuk hadir [di masa kini] jika Anda makan di meja Anda, bermain-main di dunia maya, atau menonton televisi. Ketika pikiran Anda berfokus pada sesuatu selain makanan Anda, Anda tidak menyadari hal-hal seperti 'Apakah makanannya benar-benar enak?' dan 'Apakah saya mulai kenyang?' Ini sering mengarah pada 'makan berlebihan', yang tidak begitu diperhatikan," ungkapnya.

Gangguan saat menyantap makanan inilah yang pada akhirnya membuat kamu mengonsumsi lebih banyak makanan yang bisa menyebabkan tumpukan lemak di perut bertambah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id