sign up SIGN UP

Diet 80/20: Kebiasaan Makan Orang Jepang yang Bisa Bikin Umur Panjang dan Tubuh Langsing

Gabriella Gebby | Beautynesia
Rabu, 15 Jun 2022 18:20 WIB
Diet 80/20: Kebiasaan Makan Orang Jepang yang Bisa Bikin Umur Panjang dan Tubuh Langsing
Okinawa adalah salah satu wilayah di Jepang dengan penduduk yang memiliki usia panjang. Rahasianya ada pada kebiasaan makan mereka. (Foto: Getty Images/iStockphoto/yamasan)
Jakarta -

Banyak orang yang berharap untuk selalu sehat, umur yang panjang, dan tubuh yang tetap proporsional di masa tua. Hal ini bisa didapatkan dengan menerapkan pola hidup yang sehat sedini mungkin. Kebiasaan baik ini sudah dilakukan oleh wilayah-wilayah di Dunia dengan sebutan Zona Biru yang masyarakatnya memiliki umur panjang dan sehat.

Salah satu wilayah di Jepang yang masuk dalam kategori Zona Biru adalah Okinawa. Dilansir dari laman Eat This, Not That, rahasia dari rata-rata penduduknya yang berumur panjang dan jarang terpapar penyakit serius adalah diet 80/20. Yuk kita bahas lebih lanjut tentang diet ini!

1. Mengenal Diet 80/20

diet 80/20
Mengenal DIet 80 20/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Patokan utama dari kebiasaan penduduk Okinawa adalah 80/20. Diet ini menekankan untuk merasakan kenyang sebesar 80% setiap kali makan. Kebiasaan ini akan membantu otak untuk memberikan sinyal bahwa perut sudah terasa penuh. Sisa 20% lainnya adalah perasaan lapar saja yang tidak dipenuhi, sehingga metode diet ini cocok untuk menurunkan berat badan.

2. Pola Makan Teratur

Pola makan teratur
Pola Makan Teratur/Foto: pexels.com/Nguten Khanh

Penduduk Okinawa sangat disiplin terkait pola dan porsi makan setiap harinya. Biasanya mereka akan makan dengan porsi yang lebih sedikit pada siang hari.

Pada saat makan malam, porsi makanan bisa ditambahkan dengan catatan bahwa tidak makan mendekati jam tidur. Selain itu, setelah makan malam tidak akan ada tambahan makanan lagi yang dikonsumsi.

3. Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam
Kurangi Konsumsi Gula dan Garam/Foto: pexels.com/Foodie Factor

Mengonsumsi gula berlebih akan menyebabkan diabetes, mempercepat pikun, penuaan dini, serta masalah-masalah kesehatan lainnya. Apabila terlalu banyak asupan garam dalam tubuh dapat meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung. Penduduk Okinawa sangat memperhatikan asupan gula dan garam pada makanan mereka untuk menghindari dampak yang ditimbulkan.

3. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Perhatikan Asupan Nutrisi
Perhatikan Asupan Nutrisi/Foto: pexels.com/Ella Olsson

Penduduk Okinawa senang mengonsumsi daging dengan porsi yang cukup. Selain itu, tetap diimbangi dengan sayur dan buah-buahan. Bagi penduduk yang lanjut usia, makanan dengan kandungan protein nabati akan lebih diutamakan, seperti bayam, kacang kedelai, maupun ubi jalar.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id