sign up SIGN UP

Selain Lagi Stres, Ini Alasan Kenapa Selalu Mengidam Makanan Manis

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 30 Sep 2021 11:30 WIB
Selain Lagi Stres, Ini Alasan Kenapa Selalu Mengidam Makanan Manis
caption
Jakarta -

Makanan manis memang enak, tapi kalau kamu bawaannya mengidam melulu alias selalu menginginkannya, kemungkinan besar ada penyebabnya.

Padahal kalau dituruti terus, sejumlah risiko buruk pun mengintai lho, Beauties. Hati-hati! Untuk itu, sebaiknya konsumsilah sewajarnya saja, ya.

Merangkum dari laman Body and Soul, ini alasan kenapa kamu selalu ingin makanan manis:

1. Kurang Tidur

Menurut penelitian, kurang tidur bisa menurunkan fungsi bagian otak, serta mempengaruhi hormon ghrelin dan leptin. Adapun kedua hormon tersebut diketahui memang berperan dalam meningkatkan maupun menekan asupan makan.

Karenanya, cobalah perbaiki waktu tidurmu. Umumnya kamu memerlukan waktu tidur sebanyak 7-9 jam.

2. PMS

Merupakan gejala sebelum menstruasi. Kondisi ini diketahui dapat memengaruhi hormon perempuan, yang mana hormon stres atau kortisol jadi meningkat dan hormon serotonin (hormon bahagia) menurun.

Selain itu, kalau lagi PMS, beberapa perempuan juga ada yang mengalami susah tidur, sehingga tak heran kalau kamu jadi mengidam yang manis-manis.

Kurangi makanan manis untuk menjaga kesehatan gigi.Mengidam makanan manis terus, kenapa?/ Foto: Freepik.com

3. Kekurangan mineral

Kekurangan zat tertentu rupanya bisa bikin kamu jadi menginginkan makanan manis. Yakni saat tubuh kekurangan zat besi atau mineral yang membuat kamu kehilangan energi.

Pasalnya dalam kondisi itu, tubuh akan membutuhkan energi yang cepat, dan itu bisa diperoleh dari makanan manis walaupun hanya bersifat sementara.

Selain hal tersebut, kondisi ketika tubuh sedang mengalami ketidakseimbangan seng, magnesium, atau kromium, juga ketika kamu kurang minum yang bikin dehidrasi, juga bisa memengaruhinya.

Ilustrasi makanan manis.Ilustrasi makanan manis./ Foto: Freepik.com

4. Stres

Menurut penelitian, kondisi stres berkepanjangan bikin tubuhmu ingin makanan manis dan berlemak terus lho, Beauties. Pasalnya, saat stres ada hormon serotonin dan neurotransmitter mengatur suasana hati.

Hormon tersebut juga akan mengatur nafsu makan. Untuk itu, kamu akan merasa bisa melepas stres hingga bahagia dengan makan makanan manis, meski hanya untuk sementara waktu.

5. Pola Makan yang Salah

Kalau kamu menjalani diet makan yang tidak tepat, misalnya seperti asupan protein kurang namun karbohidratnya tinggi, maka akan membuatmu ngidam makanan manis. Kenapa?

Misal, kamu makan terlalu banyak nasi putih atau pasta, kamu akan merasa cepat kenyang. Tapi rupanya cepat pula turun kadar gulanya, sehingga kamu akan merasa lapar lagi. Untuk itu kamu jadi mencari kudapan manis.

Nah untuk menghindarinya, masukkanlah lemak sehat, protein dan serat ke dalam menu makanmu.

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id