STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Studi Terbaru: Perubahan Otak dan Deretan Gejala Ini Bisa Menyerang 'Mantan' Pasien Covid-19!

Rini Apriliani | Beautynesia
Rabu, 23 Nov 2022 10:30 WIB
Gejala Jangka Panjang pada Mantan Pasien Covid-19

Seperti yang dikutip dari People, dalam penelitian tersebut, para peneliti menggunakan pencitraan daripada kerentanan, untuk mengukur dampak Covid-19 terhadap otak. 

Jenis pencitraan ini sering digunakan untuk mendeteksi dan memantau banyak kondisi neurologis, termasuk microbleeds, tumor otak, dan stroke. 

Para peneliti menganalisis data dari 46 pasien sembuh Covid-19 dan 30 pasien kontrol yang sehat. Hasilnya, pasien dengan Covid lama biasanya mencatat gejala seperti kelelahan, sulit tidur, kurang perhatian, dan masalah memori. 

"Studi ini menunjukkan komplikasi serius jangka panjang yang mungkin disebabkan oleh virus corona, bahkan berbulan-bulan setelah sembuh dari infeksi," kata Mishra. 

"Temuan ini berasal dari jendela temporal kecil. Namun, titik waktu longitudinal selama beberapa tahun akan menjelaskan jika ada perubahan permanen," lanjutnya.

Gejala Jangka Panjang pada Mantan Pasien Covid-19

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com/nakaridore

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, orang Amerika yang selamat dari Covid-19, memiliki kemungkinan 20 persen untuk menghadapi gejala Covid yang lebih lama setelah mereka terinfeksi. 

Di antara mantan pasien Covid-19 dewasa di bawah usia 65 tahun, 1 dari 5 masih terus menghadapi setidaknya satu gejala dari Covid-19 yang panjang, seperti:

  • kabut otak
  • pembekuan darah
  • gagal ginjal
  • masalah pernapasan
  • masalah kardiovaskular
  • kondisi otot

Risiko Covid lama bahkan lebih tinggi untuk mantan pasien di atas usia 65 tahun, dengan 1 dari 4 menghadapi gejala yang menetap setelah penyakit awal mereka. Mereka juga berisiko lebih tinggi mengalami gagal ginjal dan kondisi neurologis, dibandingkan kelompok usia yang lebih muda. 

Dalam studi tersebut juga mengamati catatan medis hampir 2 juta orang Amerika untuk membandingkan kondisi kesehatan mereka yang terinfeksi Covid-19 dan yang tidak. 

Hasilnya, gejala yang paling umum adalah masalah pernapasan dan nyeri otot atau persendian. 

_____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE