STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Studi: Tidur Nggak Nyenyak Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Naik! Ini Penjelasan Ahli

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 17 May 2022 23:30 WIB
Studi: Tidur Nggak Nyenyak Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Naik! Ini Penjelasan Ahli

Tidur menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh setiap manusia. Sebab, tidur dapat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, termasuk soal berat badan. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa tidur yang tidak nyenyak atau tidak berkualitas dapat mengganggu upaya dalam menurunkan berat badan, nih, Beauties.

Ada banyak orang yang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas berhasil menurunkan berat badan mereka setiap tahun. Namun, banyak pula yang kemudian kesulitan untuk menjaga berat badan agar tetap turun.

Melansir dari The Guardian, dari hasil percobaan acak yang dilakukan oleh Universitas Kopenhagen dan dipresentasikan di Kongres Eropa tentang Obesitas, menunjukkan pola tidur yang lebih baik dan lebih lama dapat membantu menjaga berat badan untuk selamanya.

Gejala sleep apnea yang bikin tidur jadi terganggu/freepik/jcompIlustrasi tidur tidak nyenyak/Foto: Freepik/jcomp

Bukan rahasia lagi bahwa mendapatkan kurang tidur dan tidak berkualitas dapat berdampak bagi kesehatan. Misalnya meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan timbunan lemak menumpuk di arteri.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga dikaitkan dengan diabetes, peradangan, dan penyakit jantung. Para ilmuwan pun semakin percaya bahwa tidur yang buruk mungkin menjadi faktor yang berkontribusi dalam kenaikan berat badan setelah berhasil menurunkannya.

Dalam studi tersebut, 195 orang dewasa yang mengalami obesitas dan berusia antara 18 dan 65 tahun mengikuti diet sangat rendah kalori (800 kkal/hari) selama delapan minggu. Hasilnya, mereka kehilangan rata-rata 12 persen dari berat badan mereka.

Poin yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Terlalu banyak tidur memiliki dampak pada tubuh untuk lebih banyak menyimpan lemak.Ilustrasi berat badan/Foto: Freepik

Selanjutnya, perkembangan peserta penelitian tersebut dipantau selama satu tahun. Durasi tidur diukur menggunakan data dari monitor, sementara kualitas tidur diukur dengan indeks kualitas tidur Pittsburgh (PSQI) dan kuesioner penilaian sendiri.

Hasilnya, mereka yang tidur kurang dari enam jam semalam ditemukan rata-rata mengalami peningkatan indeks massa tubuh (BMI) sebesar 1,3 poin setelah setahun dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari enam jam.

Demikian pula, BMI untuk mereka yang memiliki kualitas tidur buruk meningkat 1,2 poin setelah satu tahun dibandingkan dengan mereka yang tidurnya berkualitas baik. Namun perlu dipahami, para peneliti mencatat bahwa penelitian ini bersifat observasional dan tidak dapat membuktikan bahwa kurang tidur menyebabkan perubahan berat badan, tetapi menyarankan bahwa hal itu mungkin dapat berkontribusi.

"Fakta bahwa kesehatan tidur sangat terkait dengan menjaga penurunan berat badan adalah penting karena banyak dari kita tidak mendapatkan jumlah tidur yang direkomendasikan yang dibutuhkan untuk kesehatan dan fungsi yang optimal," kata Profesor Signe Torekov, dari Universitas Kopenhagen, dilansir dari The Guardian.

tidur/ Foto: Pexels.com/ Miriam AlonsoIlustrasi tidur/Foto: Pexels.com/ Miriam Alonso/ Foto: Cynthia Claudia

Studi ini juga menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik selama dua jam dalam seminggu dapat membantu mempertahankan kualitas tidur yang baik

"Penelitian di masa depan yang meneliti kemungkinan cara meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa dengan obesitas akan menjadi langkah penting berikutnya untuk membatasi kenaikan berat badan," kata Torekov.

Torekov juga menambahkan, bahwa penurunan berat badan yang didapatkan dengan olahraga rutin juga terlihat menjanjikan dalam meningkatkan kualitas tidur. So, jika kamu ingin menurunkan berat badan, tidak hanya rutin berolahraga dan menerapkan pola makan sehat, kamu juga harus menjaga kualitas tidur ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE