sign up SIGN UP

Nggak Perlu ke Gym, 4 Perabotan Rumah Tangga Ini Bisa Kamu Manfaatkan untuk Olahraga di Rumah

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 06:15 WIB
Nggak Perlu ke Gym, 4 Perabotan Rumah Tangga Ini Bisa Kamu Manfaatkan untuk Olahraga di Rumah
caption

Olahraga bisa dilakukan di mana saja asalkan kamu punya niat. Pernyataan ini tidak salah, tetapi sering-seringnya, “niat” yang dimiliki untuk berolahraga ini dipengaruhi juga oleh lokasi untuk melakukan olahraga. Kebanyakan olahraga yang dilakukan di pusat kebugaran membuat pelakunya lebih termotivasi ketimbang yang berolahraga di rumah.

Hal ini biasanya disebabkan karena perlengkapan olahraga yang lengkap di gym bisa membuat seseorang makin bersemangat. Sebenarnya, kamu juga punya perlengkapan olahraga alternatif di rumah lho, yakni dengan memanfaatkan perabotan rumah tangga.

Dilansir dari The Smart Local, inilah beberapa perkakas atau furnitur yang biasa kamu temui di rumah, tetapi tanpa disangka-sangka punya peran ekstra untuk menjadi alternatif alat olahraga ala pusat kebugaran.

Kursi

Selain untuk tempat duduk dan tempat penyimpanan jemuran dadakan, kursi makan di rumah kamu juga bisa berfungsi sebagai media untuk melakukan tricep dips, loh! Gerakan olahraga yang satu ini bisa membantu menguatkan otot di belakang lengan bagian atas sehingga menambah ukuran lengan.

Melakukan gerakan ini secara rutin bisa meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas lengan serta bahu sehingga dapat memperkecil risiko terjadinya cedera saat melakukan olahraga lain. Cara melakukan gerakannya pun terbilang sederhana karena menyerupai gerakan push-up. Hanya saja dengan arah yang berbeda

Botol Air Kemasan 1,5L

SquatIlustrasi squat/Foto: Freepik.com/Benzoix

Punya botol air kemasan ukuran 1,5 liter di rumah? Manfaatkan untuk melakukan squat! Kamu cukup mengisinya dengan air (volume menyesuaikan dengan kenyamanan masing-masing) lalu memegangnya dengan kedua lengan terjulur sejauh mungkin dan melakukan gerakan jongkok.

Botol air ini berfungsi untuk menjaga agar posisi tubuhmu tetap sempurna dan seimbang selama melakukan gerakan squat sekaligus untuk melatih kekuatan lengan. Gerakan squat sendiri dapat membantu melatih otot lengan dan kaki.

Tisu Toilet

Ilustrasi olahraga di rumah/Foto: Pexels/Elina Fairytale
Ilustrasi olahraga di rumah/Foto: Pexels/Elina Fairytale

Benda yang satu ini cocok untuk menemani gerakan plank yang—meskipun efektif—kerap terasa menjemukan. Kamu memerlukan setidaknya 4 gulung tisu toilet untuk melakukan gerakan plank antibosan berikut.

Awali gerakan dengan posisi plank pada umumnya, yakni posisi punggung yang lurus, siku yang berada lebih rendah dari posisi bahu, dan telapak tangan yang menempel di lantai. Gunakan tangan kiri untuk menumpuk satu per satu gulungan tisu di depan tangan kanan sembari tetap mempertahankan posisi plank. Lakukan gerakan yang sama dengan tangan kanan.

Piring Kertas

Kamu bingung memanfaatkan piring kertas sisa pesta ulang tahun yang memenuhi lemari dapur? Coba gunakan benda yang satu ini sebagai alat bantu untuk menambahkan level kesulitan pada gerakan lunges yang kamu latih di rumah.

Ilustrasi olahraga di rumah/Foto: Pexels/MART PRODUCTION
Ilustrasi olahraga di rumah/Foto: Pexels/MART PRODUCTION

Berdirilah pada lantai yang keras dengan satu kaki menginjak permukaan piring. Geser kaki yang beralaskan piring itu ke belakang hingga lutut lain yang menjadi tumpuan membentuk sudut 90 derajat. Kembalilah ke posisi awal dan lakukan kembali gerakan tersebut sesuai dengan hitungan yang diperlukan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id