STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Terlalu Sering dan Lama Menatap Layar, Waspada Gangguan Mata Satu Ini! Berbahayakah?

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 25 Oct 2021 06:00 WIB
Terlalu Sering dan Lama Menatap Layar, Waspada Gangguan Mata Satu Ini! Berbahayakah?

Siapa di antara kamu yang seharian sudah sibuk kuliah atau bekerja secara daring, lalu saat istirahat mencari hiburannya di media sosial? Dengan begitu, mata kamu akan dibuat 'bekerja' tanpa henti menatap layar.

Kegiatan itu memang sulit untuk dipisahkan, Beauties, tetapi kamu perlu membatasinya bila tak ingin terkena Computer Vision Syndrome. Apa itu?

Pengertian Computer Vision Syndrome

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Dr Sidik, bekerja dengan komputer dalam jangka waktu yang lama, bisa berisiko terkena kondisi tersebut. Yang berarti kondisi ketika mata memerah, berair, gatal, juga terkadang bisa sampai sakit kepala, Beauties.

"Ini akibat bekerja terlalu lama dengan komputer karena bekerja dengan komputer adalah bekerja dengan jarak yang sama dan terus-menerus, berjam-jam," katanya dikutip dari CNBC Indonesia.

Ia menjelaskan, pada dasarnya computer vision syndrome ini merupakan gejala kelelahan pada mata.

Apakah Bisa Berbahaya?

Saat matamu mulai terasa kering dan tak nyaman, segeralah gunakan tetes mata. Sebab jika dibiarkan, matamu bisa-bisa akan perih dan menimbulkan iritasi.Ilustrasi mata kering. /Freepik.com

Menurutnya, efek yang bisa terjadi adalah kekakuan pada otot mata, sehingga ketika kamu melihat ke arah objek yang jauh, terlihat ganda atau buram. Tetapi efek ini hanya sesaat. Tapi perlu kamu ketahui, akan menjadi berbahaya bila kamu terbiasa seperti itu.

Untuk itu, sudah sebaknya kita tidak membiasakan hal itu. Dirinya memberi kiat-kiat agar kita bisa terhindar, caranya gunakan komputer maksimal selama dua jam, lalu istirahat selama 10 hingga 15 menit.

Mulai dari badan pegal, mata terasa buram, detak jantung bertambah cepat, dan mengakhiri hari dengan buruk.Ilustrasi kelelahan pada mata. /Foto: Freepik.com/

"Istirahat artinya berhenti dari melihat layar komputer maupun gawai, bukan berarti istirahat terus melihat gawai," katanya.

Tetapi kamu bisa melihat objek yang jauh atau dengan tutup mata. Kamu bisa juga coba rule of twenty. Jadi, setelah 20 menit bekerja dengan komputer, istirahat mata selama 20 detik dengan melihat objek berjarak 20 feet atau 6 meter.

Menurutnya itu bisa mengurangi beban mata. Yuk, kita praktikkan agar mata kamu tidak sampai kelelahan ya, Beauties!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE