sign up SIGN UP

Ternyata Ini Bagian Tubuh Manusia yang Nggak Akan Berhenti Tumbuh Sepanjang Usia, Bisa Tebak?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 08:00 WIB
Ternyata Ini Bagian Tubuh Manusia yang Nggak Akan Berhenti Tumbuh Sepanjang Usia, Bisa Tebak?
Bagian Tubuh Manusia yang Nggak Akan Berhenti Tumbuh/Foto: Freepik.com

Kebanyakan orang pertumbuhannya berhenti sekitar usia 20 tahun, atau selang beberapa tahun setelah mencapai pubertas. Pada saat itu, kerangka tubuh manusia telah mencapai ukuran akhirnya, sehingga tidak ada lagi cara bagi tulang untuk tumbuh. Begitu pun sebagian besar sel otot dan lemak di tubuh berhenti membelah usai pubertas.

Akan tetapi, ada fakta unik soal tubuh yang perlu kamu ketahui! Meski tulang dan sel otot manusia berhenti tumbuh, rupanya ada dua bagian, yakni hidung dan telinga, yang terus bertambah besar sampai kamu tua nanti. Lebih lengkapnya, simak yuk!

Apakah Daun Telinga dan Hidung Benar-benar Terus Tumbuh?

perubahan tubuh manusia
Perubahan bentuk daun telinga dan hidung manusia/Foto: Freepik.com/riverostock

Seiring bertambahnya usia, bagian hidung dan daun telinga manusia memang bisa berubah menjadi tampak lebih besar. Tetapi, ini bukan karena mereka benar-benar tumbuh. Sebenarnya, apa yang kamu lihat adalah efek dari perubahan kulit dan ilusi gravitasi.

Mengutip laman WebMD, hidung dan telinga terbuat dari tulang rawan, jaringan ikat lentur yang lebih keras dari kulit, tapi lebih lembut dari tulang. Tulang rawan ini salah satunya terbentuk dari serat kolagen.

Namun, akibat efek penuaan, serat-serat kolagen dan elastin yang terdapat pada kulit dan tulang rawan akan meregang lantaran kehilangan elastisitas dan kekencangannya. Karena tulang rawan yang melemah tidak bisa menopang kulit kendur di atasnya, maka hal ini membuat telinga dan hidung cenderung melorot ke bawah mengikuti gravitasi dan terlihat lebih panjang.

Penyebab Munculnya Garis Halus dan Keriput Pada Wajah/freepik.comIlustrasi Wajah Mulai Keriput/ Foto: Freepik.com

Faktanya, pipi dan bibir pun dapat menyusut dan kehilangan volume, seiring bertambahnya usia. Kalau dibandingkan dengan hidung, tentu tampilan hidung jadi terlihat lebih besar.

Itulah alasan daun telinga dan hidung pada orang yang menginjak lansia terlihat lebih memanjang dan melebar, dibandingkan ketika ia masih berusia muda.

Mengutip laman DW, penelitian memperkirakan bahwa ukuran hidung bisa bertambah beberapa milimeter, sementara telinga bisa lebih dari 1 cm. ini terjadi baik pada laki-laki mau pun perempuan lanjut usia.

Sebenarnya, ini tidak terlalu buruk bagi lansia. Sebab daun telinga yang lebih besar dapat membantu menangkap masuknya gelombang suara lebih baik lagi.

Seiring Waktu, Perubahan Bentuk Tubuh adalah Hal yang Wajar

perubahan tubuh manusia
Perubahan bentuk tubuh adalah hal wajar/Foto: Freepik.com/bearfotos

Bagaimana pun, kulit, tulang rawan, dan otot manusia bakal terus berubah bahkan setelah kerangka tulang berhenti tumbuh. Perubahan ini dapat terjadi disebabkan oleh faktor perubahan berat badan, massa otot, kehamilan, atau cedera.

Selain itu, beberapa orang memang secara alami lebih rentan terhadap kulit kendur daripada yang lain. Dalam beberapa kasus, daun telinga juga bisa berubah karena kebiasaan penggunaan anting yang berat selama bertahun-tahun.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id