sign up SIGN UP

5 Efek Samping Konsumsi Makanan Kedaluwarsa, Hati-hati Lho Beauties!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 06:45 WIB
5 Efek Samping Konsumsi Makanan Kedaluwarsa, Hati-hati Lho Beauties!
Efek Samping Konsumsi Makanan Kedaluwarsa/Foto: iStock

Sering kali kita tidak teliti dengan makan yang dikonsumsi. Apakah itu masih layak makan, atau justru sudah seharusnya diempaskan. 

Dilansir dari Eat This Not That!, ahli diet berbasis di New York City, Brooke Alpert, RD, penulis The Diet Detox, mengatakan bahwa aturan praktis yang baik untuk diikuti saat makan adalah menggunakan indra kamu. Jika ada sesuatu yang berbau, terasa, terasa, atau terlihat buruk, hal tersebut mungkin benar jika makanan tersebut tak layak makan atau kedaluwarsa.

Tak selalu aman, nyatanya tak sengaja mengonsumsi makanan kedaluwarsa bisa membahayakan. Berikut ini deretan efek samping mengonsumsi makanan kedaluwarsa. Simak yuk!

1. Tidak Ada Sama Sekali

Sisa makanan
Sisa Makanan/Foto: Freepik.com/Freepik

Kamu mungkin akan senang mengetahui bahwa ada kemungkinan besar bahwa tidak akan ada efek buruk yang terjadi pada kamu jika kamu mengonsumsi makanan yang kedaluwarsa selain rasanya yang berubah menjadi tidak sedap. Namun, tetap saja mengonsumsi makanan kedaluwarsa bukan ide yang baik dan sebaiknya kita hindari.

2. Keracunan Makanan

Keracunan Makanan
Keracunan Makanan/Foto: Freepik.com/Benzoix

Keracunan makanan dapat terjadi jika mengonsumsi makanan kedaluwarsa yang sudah terkontaminasi atau rusak, tetapi kemungkinannya tidak tinggi. Hal ini lebih sering terjadi pada makanan yang mudah rusak seperti telur, daging, buah-buahan, serta sayuran. Sebab, jamur, rasa asam, warna atau tekstur yang aneh, dan bau yang tidak sedap lebih mudah dideteksi. 

3. Paparan Bakteri Berbahaya

Bakteri Berbahaya
Bakteri Berbahaya/Foto: Freepik.com/Freepik

Keracunan makanan dapat membuat kamu terpapar bakteri berbahaya. United States Department of Agriculture (USDA), mencatat bahwa bakteri patogen pada makanan dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Banyak dari bakteri berbahaya dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti muntah, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, kejang, demam dan nyeri otot, diare, kram perut, diare berdarah dan Sindrom hemolitik uremik (SHU).

4. Kehilangan Nilai Gizi

Pisang busuk
Pisang Busuk/Foto: Freepik.com/Pvproductions

Makanan dapat kehilangan kualitas dan memiliki rasa yang buruk serta kehilangan nilai gizi setelah melewati tanggal kedaluwarsa. Sebuah studi tentang memaksimalkan nilai gizi buah dan sayuran juga mencatat, bahwa buah-buahan dan sayuran tidak boleh dikonsumsi dalam waktu yang lama setelah panen, selama waktu itu dapat terjadi degradasi nutrisi. Jika kamu mengonsumsi produk kedaluwarsa, kamu tidak mendapatkan nutrisi secara maksimal lho!

5. Makanan yang Sangat Baik Terbuang Sia-Sia

makanan yang sebaiknya dihindari untuk kulit sehatMakanan/Foto: Freepik.com

Mencantumkan tanggal kedaluwarsa menyebabkan banyak makanan sehat terbuang di AS karena orang-orang membuang makanan yang sangat baik. Natural Resources Defense Council (NRDC) memperkirakan bahwa rata-rata rumah tangga AS membuang $275 hingga $455 makanan per tahun karena kebingungan dengan tanggal kadaluarsa.

Agar membantu mengurangi hal tersebut, periksa makanan secara menyeluruh untuk bau, rasa, tekstur, dan lainnya sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Nah Beauties, itu dia deretan efek samping dari mengonsumsi makanan kedaluwarsa. Mulai sekarang, selalu perhatikan makanan sebelum tanggal expired ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id