sign up SIGN UP

Turunkan Berat Badan Hingga Melangsingkan Pinggang, Ini 3 Jenis Teh yang Wajib Kamu Konsumsi di Kala Diet

Sierra Muktisari | Beautynesia
Jumat, 14 Jan 2022 15:45 WIB
Turunkan Berat Badan Hingga Melangsingkan Pinggang, Ini 3 Jenis Teh yang Wajib Kamu Konsumsi di Kala Diet
caption
Jakarta -

Beauties, siapa diantara kamu yang sedang menjalani diet atau berusaha menurunkan berat badan? Untuk membantu proses menurunkan berat badan, kamu bisa banget mencoba beberapa minuman teh berbeda yang aman serta efektif dalam menurunkan berat badan.

Nggak hanya itu saja, beberapa teh ini juga mudah dibuat dengan bahan yang pastinya kamu miliki di dapur rumahmu. Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Teh Hijau

Mitos teh hijauIlustrasi teh hijau/ Foto: unsplash.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan teh hijau? Selain berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih calm dan menghilangkan kemerahan, teh hijau juga bisa membantu menurunkan berat badan hingga mempercepat metabolisme tubuh, Beauties.

Melansir Healthline, teh hijau dianggap sebagai salah satu teh yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah studi di tahun 2008, terdapat penelitian pada 60 orang berbadan gemuk mengikuti diet standar selama 12 minggu sambil meminum teh hijau secara teratur.

Dalam penelitian tersebut, mereka yang rutin mengonsumsi teh hijau mampu menurunkan bobot 3,3 kg lebih banyak.

Teh Hitam

Ilustrasi teh hitamIlustrasi teh hitam/ Foto: pexels.com/TaraWinstead

Selain teh hijau, ada pula teh hitam yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Terdapat beberapa jenis teh hitam melansir Healthline, diantaranya yang terkenal ialah Earl Grey dan English Breakfast. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa teh hitam efektif untuk mengontrol berat badan, lho.

Melansir Everydayhealth, penelitian sebelumnya menemukan bahwa laki-laki dan perempuan yang minum tiga cangkir teh hitam bubuk per hari mengalami penurunan berat badan dan melangsingkan pinggang mereka setelah tiga bulan, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hitam.

Namun, perubahan ini tidak berlanjut pada titik tindak lanjut enam bulan, sehingga efek teh hitam ini tampaknya terbatas. Sementara, Retelny mengatakan bahwa polifenol dalam teh hitam dapat bekerja dengan menurunkan asupan kalori dan mengurangi penyerapan lemak dan karbohidrat.

Teh Hibiscus

Ilustrasi teh hibiscusIlustrasi teh hibiscus/ Foto: pexels.com/OlyaKobruseva

Selanjutnya, ada teh Hibiscus yang bisa kamu coba. Mungkin beberapa dari kamu belum familiar dengan jenis teh yang satu ini, namun teh Hibiscus mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk membantu menurunkan berat badan.

Melansir EverydayHealth, beberapa orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas yang mengambil ekstrak Hibiscus atau kembang sepatu selama 12 minggu telah mengurangi berat badan, indeks massa tubuh, lemak tubuh, dan rasio pinggul-ke-pinggang, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Para peneliti mengaitkan keistimewaan itu dengan senyawa tanaman dalam ekstrak Hibiscus. Namun, penelitian saat ini terbatas pada ekstrak Hibiscus. Penelitian lebih lanjut dengan teh cair diperlukan sebelum para ilmuwan dapat membuat kesimpulan tentang efektivitasnya untuk menurunkan berat badan.

"Tidak ada ramuan ajaib untuk menurunkan berat badan," kata Koszyk. "Minum teh dapat membantu meningkatkan hidrasi dan meningkatkan metabolisme, tetapi untuk pengelolaan berat badan yang berkelanjutan, Anda perlu melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup," dilansir EverydayHealth.

[Gambas:Youtube]

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id