sign up SIGN UP

4 Tips Glowing Alami ala Perempuan Swedia yang Bisa Dipraktikkan Juga Oleh Perempuan Indonesia

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 21 Apr 2022 08:45 WIB
4 Tips Glowing Alami ala Perempuan Swedia yang Bisa Dipraktikkan Juga Oleh Perempuan Indonesia
caption
Jakarta -

Setiap negara memiliki kebaikan alam bagi para penduduknya. Tak terkecuali bagi para perempuan pada sebuah negara. Beberapa orang memanfaatkan kebaikan alam sebagai sumber kecantikan para perempuan yang ada di dalamnya.

Sebut saja para perempuan yang ada di Korea, yang menjadi kiblat inovasi perawatan kulit di dunia. Namun, nggak cuma Korea saja yang memanfaatkan kebaikan alam untuk kecantikan penduduknya. Melainkan Swedia, salah satu negara di Eropa juga melakukannya.

Hal ini disampaikan oleh Lina Hanson, penata rias, guru kecantikan alami, dan pendiri lini skincare Lina Hanson. Pada suatu waktu ia melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk mencari bahan baku skincare yang akan ia jual.

Basic skincare untuk kulit glowingIlustrasi skincare bikin glowing. (Foto: pexels/@KoolShooters)

Ia menemukan kebaikan alam di hutan Swedia yang menurutnya tersimpan harta karun di sana. Banyak bahan-bahan alam yang menjadi sumber kecantikan alami para perempuan Swedia.

"Selama ribuan tahun, manusia telah mengandalkan alam untuk kesehatan dan penyakit kulit mereka. Saya menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk bepergian ke berbagai negara untuk mempelajari bahan-bahan ini, serta tujuannya. Untuk perjalanan terakhir saya, saya memutuskan untuk pergi ke negara asal saya, Swedia, untuk mencari inspirasi untuk produk baru," kata Lina Hanson dikutip dari Byrdie.

Menggunakan Skincare di Pagi dan Malam Hari / foto : pexels.com/AndreaPiacquadioIlustrasi glowing. (Foto : pexels.com/AndreaPiacquadio)

Kabar baiknya, kamu juga bisa mengadopsi beberapa bahan alami yang ada di hutan Swedia juga, lho, Beauties. Apa saja? Dihimpun dari Byrdie, berikut ulasannya.

Minyak Esensial

Di Swedia tumbuh subur tanaman pohon birch. Tanaman tersebut terkenal selama ribuan tahun sebagai tanaman obat. Konon, birch bisa melindungi kulit dari infeksi bakteri dan mengurangi kerutan. Ditambah dengan sifat astringen yang diketahui dapat mengencangkan kulit yang kendur.

Gunakan Essential OilEssential Oil. (Foto : pexels.com/Mareefe)

Manfaat tanaman birch sendiri bisa didapat dalam bentuk minyak esensial atau essential oil. Di Indonesia, tanaman ini memang tidak populer. Keberadaannya pun tidak diketahui tumbuh subur. Namun, kamu tetap bisa mendapat manfaat yang sama dari beberapa tumbuhan yang ada di Indonesia, seperti rosemary, palmarosa, dan lemon.

Bluberi

Rahasia glowing perempuan Swedia lainnya adalah konsumsi bluberi yang tinggi. Konon, orang Swedia telah mengonsumsi bluberi sejak berabad-abad lalu. Buah yang satu ini terkenal mengandung antioksidan dan kandungan vitamin A dan E yang kaya.

Buah BluberiBuah Bluberi. (Foto : pexels.com/Anne O)

Kandungan-kandungan tersebut memiliki kaitan dengan mencerahkan kulit kusam dan melawan jerawat dengan mengontrol hormon. Orang Swedia biasa mengonsumsi bluberi dengan mencampurkan ke dalam yogurt atau sebagai masker wajah.

Bunga Heather

Selain bluberi dan birch, tanaman lain yang tumbuh subur di Swedia adalah bunga heather. Bunga ini banyak dimanfaatkan oleh orang Swedia sebagai teh anti-inflamasi.

Waktu terbaik minum tehTeh. (Foto: freepik.com/azerbaijan_stockers) 

Selain itu, teh ini juga bermanfaat sebagai detoksifikasi yang kuat sehingga sering digunakan untuk pereda pilek dan flu. Kamu bisa membeli jenis teh ini di Indonesia pada toko spesialisasi teh atau tea house.

Sikat Kering dan Sauna

Poin ini mungkin bukan termasuk kebaikan alam, tapi kamu tetap bisa mengadopsinya sebagai upaya mendapat kulit glowing. Kebanyakan orang Skandinavia tahu manfaat dari berpanas-panasan di sauna, yaitu membersihkan kulit, mengeluarkan racun, dan mengurangi stres.

Ditambah dengan menyikat kulit sebelum pergi ke sauna akan semakin mendetoksifikasi kulit dan membuatnya lebih sehat serta halus. Coba untuk keringkan kulit dengan gerakan melingkar ke atas. Hal ini membantu sirkulasi darah jadi lancar dan membuat kulit glowing yang sehat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id