STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Beauties Wajib Tahu, 10 Kandungan Skincare Ini Nggak Boleh Dipakai Bersamaan!

Bella Refsy Monica | Beautynesia
Senin, 21 Nov 2022 19:30 WIB
Beauties Wajib Tahu, 10 Kandungan Skincare Ini Nggak Boleh Dipakai Bersamaan!

Seiring berjalannya waktu, kini semakin banyak produk skincare dengan kandungannya yang beragam dan mudah untuk kita dapatkan. Skincare routine dengan menggunakan produk berlapis-lapis atau layering pun banyak dilakukan untuk mendapatkan manfaat sekaligus.

Layering skincare memang bisa memberikan hasil yang lebih nyata, namun nggak semua kandungan dalam produk skincare bisa digunakan bersamaan ya, Beauties. Alih-alih mendapatkan hasil yang bagus untuk kulit, pemakaian kandungan yang nggak tepat justru akan mendatangkan permasalahan baru.

Nah, agar Beauties terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan, yuk kita simak 10 kandungan skincare yang nggak boleh dipakai secara bersamaan di bawah ini!

Rangkaian kemasan produk skincare
Rangkaian kemasan produk skincare/Foto: freepik.com

1. Retinol dan AHA/BHA

Kandungan skincare pertama yang nggak boleh dipakai bersamaan adalah retinol dan AHA/BHA. Hal ini disebabkan karena retinol memiliki fungsi untuk mempercepat regenerasi kulit, sedangkan AHA/BHA berfungsi untuk melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati.

Jika digunakan bersamaan, kedua kandungan ini dapat memberikan dampak buruk terhadap kulit karena eksfoliasi yang berlebihan. Beberapa dampak buruk yang dapat terjadi antara lain; iritasi pada kulit, rusaknya skin barrier, kulit kering dan mengelupas, serta munculnya kemerahan pada kulit.

2. Retinol dan Salicylic Acid

Kandungan lain yang nggak boleh digunakan bersamaan dengan retinol adalah salicylic acid. Dalam skincare, salicylic acid bekerja dengan memecahkan ikatan antar sel di lapisan luar kulit, sehingga dapat meluruhkan sel-sel kulit mati dengan membersihkan kotoran, minyak, dan bakteri yang menyumbat pori-pori.

Meskipun memiliki berbagai manfaat, salicylic acid juga berpotensi menyebabkan kulit kering, sama seperti retinol. Maka dari itu, dua kandungan ini nggak dianjurkan untuk digunakan bersamaan karena dapat meningkatkan potensi iritasi pada kulit.

Selain itu, mencampur retinol dan salicylic acid juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

3. Retinol dan Benzoyl Peroxide

Retinol dan benzoyl peroxide memang dikenal ampuh untuk mengatasi masalah jerawat hingga ke akarnya. Karena manfaat ini, mungkin beberapa perempuan tergiur untuk menggunakannya secara bersamaan supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.

Padahal, kedua kandungan ini justru menghambat kinerja satu sama lain ketika digunakan bersamaan. Kandungan dalam benzoyl peroxide dapat menonaktifkan molekul retinol, sehingga membuat retinol tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu, kedua bahan ini juga berpotensi menyebabkan iritasi, kulit kering, hingga breakout jika digunakan bersamaan.

Nah, untuk menyiasatinya, Beauties bisa menggunakan dua kandungan ini di waktu atau hari yang berbeda, misalnya benzoyl peroxide di pagi hari, kemudian retinol di malam hari.

4. Retinol dan Vitamin C

Skincare yang mengandung vitamin C nampaknya menjadi favorit banyak perempuan karena manfaatnya untuk mencerahkan kulit, menghilangkan bercak hitam, serta mencegah penuaan.

Namun, kinerja vitamin C akan terganggu ketika dicampur dengan retinol. Hal ini disebabkan karena dua kandungan ini bekerja pada tingkat pH yang berbeda. Retinol memiliki tingkat pH yang lebih tinggi (basa), sedangkan vitamin C memiliki tingkat pH yang lebih rendah (asam).

Bukannya memberikan hasil yang maksimal, kedua kandungan ini justru tidak bekerja secara optimal ketika digunakan bersamaan, bahkan bisa menyebabkan pengelupasan kulit yang berlebihan.

Solusi terbaik untuk hal ini adalah menggunakan keduanya di waktu yang berbeda. Retinol lebih baik digunakan pada malam hari, sedangkan vitamin C pada pagi hari karena antioksidannya yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE