STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Kamu Sudah Tahu? Ternyata Menurut Ahli, Ini yang Akan Terjadi Pada Kulit Saat Kamu Tidur

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Selasa, 04 Oct 2022 08:00 WIB
Kamu Sudah Tahu? Ternyata Menurut Ahli, Ini yang Akan Terjadi Pada Kulit Saat Kamu Tidur

Setiap hari kulit bekerja keras untuk melindungi diri dari polusi dan radikal bebas, saat tidur kulit akan beralih ke mode pemulihan untuk melakukan regenerasi. Makanya pada saat malam hari sebaiknya kamu menggunakan skincare yang cocok untuk membantu masalah kulitmu dan juga regenerasi kulit.

Menurut Kendra Flockhart yang merupakan seorang education executive di Darphin, saat ini proses regenerasi kulit tiga kali lebih cepat pada malam hari. Kamu penasaran nggak sih dengan apa yang terjadi ke kulit saat tidur? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Beauties!

Apa yang Terjadi Pada Kulit Saat Tidur?

Apa yang Terjadi Pada Kulit Saat Kita Tidur? Ini Kata Ahli
Kondisi kulit saat tidur/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Dr. Anna Persaud yang mendapat gelar doktornya pada bidang Biochemistry melalui Brydie menyatakan bahwa jam 9 hingga 11 malam adalah fase awal untuk tidur ketika kulit paling mampu menyerap penggunaan produk skincare. Selain itu hormon melatonin mulai meningkat pada beberapa jam sebelum tidur, meningkatkan rasa lelah dan kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Hormon lain yang bekerja pada saat kamu tidur atalah HGH (the human growth hormone) atau hormon pertumbuhan manusia. Hormon ini bertanggung jawab untuk mempercepat perbaikan kulit dan dan regenerasi sel. Kendra Flockhart juga menambahkan bahwa regenerasi kulit mencapai klimaks pada pukul 2 hingga 4 pagi.

Dikutip dari Women’s Health, kulit juga kehilangan lebih banyak kadar air daripada siang hari. Dr. Guy Meadows menyatakan bahwa tubuh melepas hormon bernama vasopressin untuk mencegah water retention atau kelebihan air. Tapi jika tidur terganggu dan tubuh gagal melepas hormon tersebut, yang terjadi adalah dehidrasi.

Perawatan Kulit yang Tepat Sebelum Tidur

Apa yang Terjadi Pada Kulit Saat Kita Tidur? Ini Kata Ahli
Ingredients yang baik digunakan pada malam hari/Foto: pexels.com/Miriam Alonso

Sebelum tidur atau setelah selesai beraktivitas seharian, kamu harus melakukan double cleansing. Setelahnya kamu bisa melanjutkan menggunakan skincare yang bisa disesuaikan dengan masalah kulitmu.

Dikutip dari Web MD, ini kandungan skincare yang bisa membantu regenerasi kulit pada malam hari. Untuk menghidrasi kulit, kamu bisa menggunakan toner dengan kandungan hyaluronic acid pada kulit yang masih setengah basah. Untuk memaksimalkan regenerasi kulit dan juga perawatan anti-aging, kamu bisa menambah retinol.

Apabila kamu ingin menghilangkan kulit mati, pilih skincare dengan kandungan AHA, BHA, atau PHA. Langkah terakhir untuk mengunci kelembapan kulit, kamu bisa menggunakan kandungan squalane oil atau ceramide.

Tips untuk Mendapat Tidur yang Maksimal

Apa yang Terjadi Pada Kulit Saat Kita Tidur? Ini Kata Ahli
Cara mendapat tidur yang maksimal/Foto: Archaraporn

Tidur yang cukup sama pentingnya dengan makan makanan bergizi dan berolahraga secara rutin. Kualitas tidur yang buruk bisa berefek pada kondisi kulit, keseimbangan hormon, hingga fungsi otak. Dilansir dari Healthline, ini 5 tips untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

  1. Mengurangi paparan blue light dari laptop, smartphone, televisi, atau lampu LED saat menjelang tidur karena badan kita bisa ‘tertipu’ bahwa saat itu masih siang hari.
  2. Mengonsumsi suplemen melatonin yang sering digunakan untuk mengatasi masalah insomnia.
  3. Jangan mengonsumsi minuman berkafein pada sore dan malam hari karena efek kafein pada tubuh selama 6-8 jam.
  4. Membuat lingkungan yang nyaman seperti mengatur suhu kamar dan membersihkan area tempat tidur.
  5. Jangan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit sebelum tidur karena bisa mengganggu pencernaan yang membuat tidur tidak nyaman.

Semoga bermanfaat ya, Beauties!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE