sign up SIGN UP

Ingin Resign di Saat Pandemi? Perhatikan Dulu Kondisi Keuangan dan Jenjang Kariermu!

Cynthia Claudia | Kamis, 08 Jul 2021 21:00 WIB
Ingin Resign di Saat Pandemi? Perhatikan Dulu Kondisi Keuangan dan Jenjang Kariermu!
caption

Resign merupakan keputusan lumrah yang diambil seorang karyawan karena berbagai alasan. Mulai dari pekerjaan yang tidak sesuai dengan gaji, lingkungan yang tidak mendukung, tunjangan yang tidak sesuai ekspektasi, dan lain-lain. Namun, jika Beauties hendak resign di saat-sat seperti ini, terutama ketika pandemi berlangsung akan terasa dampaknya karena perekonomian Indonesia yang sedang menurun.

Harga kebutuhan esensial yang mungkin naik di kemudian hari, diikuti dengan beratnya pertanggungan keluarga merupakan sebuah beban yang susah diatasi ketika kalian nggak ada sumber penghasilan dari pekerjaan. Pandemi mengakibatkan tingginya angka pengangguran karena PHK sehingga orang-orang yang mencari pekerjaan pun semakin meningkat. Banyak orang yang kesulitan mencari pekerjaan, sehingga kalian yang masih punya alasan untuk bertahan, sebaiknya bertahan!

Penghitungan harga
Penghitungan harga/ Foto: Pexels/Pixabay

Pertimbangkan dulu dua hal berikut sebelum kalian resign dari pekerjaan yang sekarang:

Kondisi Keuangan

Kondisi keuangan
Kondisi keuangan/ Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Sebelum mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan, pikirkan dahulu kondisi keuangan dalam keluargamu. Apakah ada tanggungan diri sendiri dan keluarga? Apalagi jika kamu belum dapat pekerjaan di tempat lain sehingga kamu nggak ada sumber pemasukan, dari mana kamu akan dapat sumber dana untuk membayar tanggungan ini?

Perlahan-lahan bikin daftar pengeluaranmu dalam sebulan. Jika kamu hendak resign dan belum mendapatkan pekerjaan, pastikan kamu ada sisa dana untuk menanggung pengeluaran ini. Buatlah sebuah back-up plan terlebih dahulu. Jika memang tidak ada tabungan atau dana darurat yang dapat menutupi pengeluaran sehari-harimu dan keluargamu, sebaiknya pikirkan ulang keputusan untuk resign.

Jenjang Karier

Bekerja
Bekerja/ Foto: Pexels/Fauxels

Jenjang karier merupakan salah satu bahan pertimbangan para pencari kerja ketika memilih perusahaan untuk bekerja. Jenjang karier yang baik akan bermanfaat bagi karyawan yang bekerja jangka panjang dengan perusahaan. Selain, itu jenjang karier sendiri juga merupakan salah satu alasan mengapa karyawan mengajukan pengunduran diri ketika mereka merasa tidak bisa maju dalam pekerjaannya.  

Di masa-masa seperti ini, mencari pekerjaan dan mempertahankan jenjang karier secara mulus pun ada tantangannya sendiri karena lowongan pekerjaan yang berkurang dalam jumlah yang tidak sedikit. Jika memang perusahaanmu memberikan jenjang karier yang bagus untuk masa depanmu, pertimbangkan ulang keputusan untuk resign. Jangan malah resign karena alasan seperti kurang suka dengan pekerjaannya atau bosan.

Berpindah-pindah pekerjaan di awal masa kerja akan berdampak buruk bagi kehidupan karier kamu! Kekhawatiran dalam membuat keputusan ini pasti muncul, tapi pastikan kamu menimbang-nimbang dampak positif dan negatifnya resign dari pekerjaan yang sekarang ya sebelum kamu benar-benar mantap dalam mengambil keputusan itu, Beauties! Tetap semangat!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id