sign up SIGN UP

LIFE

Pulihkan Tubuh Setelah Olahraga Berat dengan 5 Cara Ini

Henny Alifah | Selasa, 15 Sep 2020 09:00 WIB
Pulihkan Tubuh Setelah Olahraga Berat dengan 5 Cara Ini
Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga/ Foto: Freepik.com

Tentu saja tekadmu untuk berolahraga patut diacungi jempol, apalagi olahraga berat. Tidak semua orang siap merasakan nyeri setelah olahraga berat. Kamu mungkin mengalami kesulitan menaiki tangga setelah sesi squat dan juga nyeri di sana-sini hingga tiga atau lima hari setelah olahraga berat.

Biar kamu bisa segera beraktivitas dengan nyaman, berikut adalah lima cara memulihkan tubuh setelah berolahraga.

1. Ganti cairan yang hilang

cara memulihkan tubuh setelah berolahraga yaitu dengan memperbanyak minum air agar dapat menggantikan cairan yang hilang
Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga/ Foto: Freepik.com

Saat olahraga, tubuh akan memanas. Secara cerdas, tubuh akan mengeluarkan keringat sebagai upaya untuk mengatur suhu tubuh agar tidak menjadi semakin panas. Keringat yang hilang ini sangat penting untuk diisi kembali, karena dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kognitif (tidak baik jika kamu sedang bekerja atau mengemudi pulang), stres jantung, ketidaksadaran, hipotermia, dan masih banyak lagi.


Karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan setelah olahraga, terlebih jika itu olahraga berat yang biasanya membuat tubuh lebih banyak berkeringat. Pakar fitness Steve Mellor mengatakan kepada Get The Gloss bahwa tubuh perlu minum lebih banyak ketika berolahraga, yaitu 500ml sebelum olahraga dan 150-200ml setiap 15 menit agar tetap terhidrasi. Kamu perlu minum 1,5L cairan setelah berolahraga untuk setiap 1kg berat badan yang hilang.

2. Mandi dengan garam epsom

mandi menggunakan garam epsom adalah salah satu cara memulihkan tubuh setelah berolahraga
Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga/ Foto: Pexels.com

Garam epsom adalah garam anorganik yang mengandung magnesium, sulfur dan oksigen. Namanya diambil dari tempatnya berasal, Epsom di Surrey, Inggris. Garam epsom dihasilkan dari mata air yang muncul di pertemuan kapur berpori di North Downs dengan tanah liat tidak berpori di London. Garam epsom memiliki banyak sekali kegunaan, termasuk untuk perkebunan, kecantikan, hingga kesehatan.

Pakar yoga dan kesehatan Chris James merekomendasikan untuk mandi dengan garam epsom seminggu sekali. Setelah sesi olahraga yang melelahkan, mandi air panas dengan memasukkan garam ajaib ini akan mengendurkan otot yang kaku dan nyeri. Garam Epsom mampu mengeluarkan racun dan membuat kamu merasa segar.

3. Santap makanan sehat 

makan makanan yang sehat adalah salah satu cara memulihkan tubuh setelah berolahraga
Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga/ Foto: Pexels.com

Mengisi perut juga merupakan cara memulihkan tubuh setelah berolahraga. Nutrisionos Martin Macdonald mengatakan bahwa makanan yang mengandung protein baik untuk pemulihan otot yang rusak dan merupakan pemain kunci dalam beradaptasi dengan latihan fisik serta gaya hidup yang lebih baik. Sementara itu, makanan karbohidrat sangat penting untuk menjalani rutinitas harian normal serta menyelesaikan sesi olahraga berikutnya kapan pun memungkinkan.

Porsi protein bisa kamu dapat dari tuna, ayam, atau telur. Porsi karbohidrat dapat berasal dari buah seperti pisang atau sesuatu yang sederhana seperti nasi. Susu juga baik digunakan sebagai cara memulihkan tubuh setelah berolahraga karena dapat menggantikan protein, karbohidrat, dan air sekaligus. 

4. Istirahat

istirahat adalah salah satu cara memulihkan tubuh setelah berolahraga
Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga/ Foto: Pexels.com

Menurut Matt Roberts, personal trainer dan penulis, penting untuk menemukan keseimbangan antara waktu yang dihabiskan untuk olahraga dan waktu yang dihabiskan untuk istirahat agar hasilnya maksimal. Olahraga menyebabkan stres pada tubuh (dengan cara yang baik) dan istirahat memungkinkan tubuh untuk beradaptasi dan tumbuh lebih kuat. Jadi, selain membuat jadwal latihan fisik, kamu juga perlu membuat jadwal istirahat di sela-sela latihan tersebut.

5. Tidur

tidur adalah salah satu cara memulihkan tubuh setelah berolahraga
Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga/ Foto: Pexels.com

Personal trainer Christina Howell mengungkapkan bahwa tidur adalah salah satu cara memulihkan tubuh setelah berolahraga. Saat tidur, tubuh pindah ke fase yang dikenal sebagai fase anabolik, yang secara harfiah artinya membangun kembali.

Saat tidur, otot bisa istirahat dan rileks. Saat tidur, kortisol dan adrenalin menurun sementara hormon pertumbuhan manusia dilepaskan untuk merangsang proses perbaikan sel yang memungkinkan otot memulihkan dan tumbuh setelah berolahraga dan aktivitas sehari-hari.

Di sisi lain, kurang tidur menyebabkan kadar hormon stres yaitu kortisol jadi meningkat, dan hormon pertumbuhan menurun sehingga akan membatasi perbaikan dan penyembuhan serta meningkatkan risiko cedera. Karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam per hari.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id