sign up SIGN UP

Hati-Hati! Ini 3 Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Saat Idul Adha

Raudiya Nurfadilah H | Senin, 19 Jul 2021 21:15 WIB
Hati-Hati! Ini 3 Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Saat Idul Adha
caption

Idul Adha atau disebut Hari Raya Kurban memang identik dengan penyembelihan hewan seperti sapi, kambing, maupun domba. Masyarakat yang melakukan kurban biasanya akan membagikan daging tersebut kepada warga di lingkungan sekitar, sehingga bisa mengonsumsi berbagai macam daging yang diolah hingga berhari-hari.

Dikutip dari Healthline, daging merah memiliki kandungan protein, vitamin B3, vitamin B12, vitamin B6, zat besi, zinc, selenium, dan lain-lain. Jika dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan, daging merah akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

apabila kamu mengonsumsi daging terlalu banyak, maka akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan
Bahaya konsumsi daging secara berlebihan/ Foto: Freepik/ Bublikhasu

Tetapi apabila kamu mengonsumsi daging terlalu banyak, maka akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja bahayanya? Berikut ini 3 bahaya terlalu banyak makan daging untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Batu Ginjal

Daging tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan
Konsumsi daging berlebihan memicu batu ginjal/ Foto: Freepik/ Jcomp

Kandungan protein yang terdapat dalam daging merah memiliki banyak manfaat, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan, lho.

Dilansir dari The Healthy, kandungan protein hewani penuh dengan senyawa yang disebut purin, yang jika terurai bisa menjadi asam urat, dan apabila terlalu banyak asam urat maka bisa meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Risko tersebut bisa terjadi lebih besar jika kamu memiliki riwayat keluarga yang memiliki masalah dengan ginjal. Jadi sudah sebaiknya kamu mengontrol asupan daging yang dikonsumsi ya, Beauties.

Sakit Kepala

Salah satu bahaya makan daging terlalu banyak memang bisa menyebabkan sakit kepala
makan daging terlalu banyak bisa sebabkan sakit kepala/ Foto: Freepik/ Cookie_studio

Pernahkah kamu merasakan sakit kepala setelah makan daging? Salah satu bahaya makan daging terlalu banyak memang bisa menyebabkan sakit kepala.

“Selain itu, karbohidrat adalah bahan bakar untuk otak, jadi ketika kita makan banyak daging dan tidak cukup karbohidrat, ini bisa menyebabkan sakit kepala dan fungsi mental yang buruk,” ujar Jenn LaVardera, MS RD CDN seorang ahli diet, ahli nutrisi dan spesialis kesehatan yang berbasis di Southampton, New York yang dikutip dari Bustle.

Agar tidak terjadi hal tersebut, cobalah untuk menyeimbangkan antara karbohidrat dan daging yang kamu konsumsi.

Risiko Terjadi Penyakit Kronis

Mengonsumsi daging merah secara berlebihan bisa memicu terjadinya penyakit kronis
konsumsi daging berlebihan memicu risiko penyakit kronis/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Mengonsumsi daging merah secara berlebihan bisa memicu terjadinya penyakit kronis. Dilansir dari Insider, sebuah studi secara konsisten menghubungkan antara konsumsi daging merah dengan peningkatan risiko terjadinya kanker tertentu, serta penyakit kardiovaskular. Sehingga ilmuwan menyarankan untuk makan daging dalam jumlah yang sedang agar bisa meminimalkan risiko tersebut.

Nah Beauties, apapun yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik ya. Termasuk mengonsumsi daging yang melebihi porsinya, maka akan berdampak buruk pada tubuh. Sebaiknya makan daging dalam porsi yang wajar saja.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id