sign up SIGN UP

Ini 'Jurang Bahaya' Saat Kamu Terbiasa Mengikat Rambut Saat Tidur, Jangan Lagi Dilakukan ya!

Zeyra Haya | Rabu, 13 Oct 2021 23:00 WIB
Ini 'Jurang Bahaya' Saat Kamu Terbiasa Mengikat Rambut Saat Tidur, Jangan Lagi Dilakukan ya!
caption

Kebiasaan-kebiasaan kecil sering kali tak sadar kita sepelekan. Salah satunya adalah kebiasaan buruk saat tertidur, contohnya mengikat rambut saat tidur.

Bagi kamu yang memiliki rambut panjang, mengikat rambut sudah pasti menjadi kebiasaan yang sering kamu lakukan. Tak hanya saat beraktivitas, banyak juga perempuan yang memilih tidur dalam kondisi rambut terikat.

Bahaya rambut terikat saat tidur. Bisa timbulkan Kebotakan?/Foto: pexels.com/Ivan Oboleninov
(Bahaya rambut terikat saat tidur. Bisa timbulkan Kebotakan?/Foto: pexels.com/Ivan Oboleninov)

Mengikat rambut memang kerap dilakukan agar rambut panjang tidak mengganggu aktivitas. Namun perlu diketahui bahwa kebiasaan mengikat rambut saat tidur justru akan menimbulkan bahaya.

Stop Ikat Rambut Saat Tidur! Ini Bahaya-nya

Sering disepelekan, nyatanya kebiasaan mengikat rambut saat tidur justru akan memberi dampak buruk bagi kesehatan rambut. Beauties, ketahui bahaya ikat rambut saat tidur di bawah ini yuk!

1. Memicu Alopecia

Jangan sepelekan! Ini bahaya kebiasaan mengikat rambut saat tidur/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Jangan sepelekan! Ini bahaya kebiasaan mengikat rambut saat tidur/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan mengikat rambut saat tidur akan mengakibatkan kerontokan pada rambut. Kerontokan dapat disebabkan karena rambut patah akibat tarikan dan tekanan ikat rambut. Kondisi ini dapat memicu timbulnya Alopecia.

Alopecia areata adalah kebotakan atau kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Mengikat rambut saat tidur dapat merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan kerontokan dan kebotakan. Alopecia juga dapat dipicu oleh infeksi virus, perubahan hormon, hingga trauma dan stress fisik.

2. Merusak Rambut

Bahaya mengikat rambut saat tidur. Memicu kerusakan rambut/Foto: pexels.com/Skitterphoto
(Bahaya mengikat rambut saat tidur. Memicu kerusakan rambut/Foto: pexels.com/Skitterphoto)

Kerap tak disadari, rambut yang diikat saat tidur akan mengalami kerusakan. Mengikat rambut saat tidur akan membuat rambut kusut dan patah. Juga akan muncul rambut di sekitar garis rambut akibat pergerakan gesekan secara tidak sadar antar rambut yang terikat saat kita tertidur.

Mengikat rambut saat tidur juga akan membuat rambut menjadi kering dan lemah. Sehingga rambut akan mudah patah akibat tarikan yang tidak kita sadari selama tertidur.

3. Membuat Kulit Kepala Luka dan Sensitif

Dampak buruk mengikat rambut saat tidur. Kulit kepala menjadi sensitif/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Dampak buruk mengikat rambut saat tidur. Kulit kepala menjadi sensitif/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Tanpa disadari, banyak bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan mengikat rambut saat tidur. Salah satunya adalah luka pada kulit kepala.

Kulit kepala akan mengalami tekanan saat rambut terikat. Jika terjadi secara terus-menerus, kulit kepala akan mengalami trauma dan menjadi lebih sensitif. Akibatnya, kulit kepala akan mudah terluka terutama saat terjadi tarikan secara tidak sadar saat kita tertidur.

Beauties, itulah bahaya-bahaya yang akan timbul akibat kebiasaan mengikat rambut saat tidur. Meskipun sering disepelekan, nyatanya kebiasaan ini justru akan berakibat fatal bagi kesehatan rambut jika terus dilakukan. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id